Sate Gebug : Kuliner Khas Kota Malang yang Lezat Selain Bakso

sate gebug malang

lingling | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
19 Oct 2018


Sate Gebug : Kuliner Khas Kota Malang yang Lezat Selain Bakso
Kuliner khas Kota Malang ini adalah Sate Gebug yang memiliki bentuk unik! Di malang selain bakso dan mie kalian bisa cobain sate gebug yang memiliki citarasa unik dan pastinya lezat!

Kalau ngomongin tentang kuliner Kota Malang pasti jawabannya nggak jauh-jauh dari bakso. Tapi kuliner malang yang saya kunjungi kali ini berbeda, yaitu sate. Memang sate di Indonesia banyak macamnya, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate tahu, dan masih banyak lagi. Nah sate yang kali ini cukup unik, namanya sate gebug. Kenapa sate gebug? Karena sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan di gebuk-gebuk (dipukul) sampai pipih. Daging yang digunakan adalah bagian sirloin jadi nantinya bakalan empuk dan sedikit berlemak.

Warung sate gebug ini lokasinya berada di daerah Klojen, Malang. Tempatnya sangat trategis dekat dengan alun-alun Kota Malang. Tapi warungnya masih sangat sederhana karena warung ini merupakan makanan legendaris, kalian pasti tahu sendiri lah ya kebanyakan toko legendaris yang ada di Indonesia pasti bangunannya masih klasik banget. Warung Sate Gebug ini sudah buka mulai tahun 1920, dan sekarang yang mengelola sudah sampai di generasi ke tiga.

sate gebug malang
Kalau dari cerita penerusnya yang sekarang sih mereka sudah diajari sejak kecil bagaimana cara memasak sate gebug ini dengan benar. Mulai dari pengenalan bumbu-bumbu hingga mengolah daging sapi menjadi sate gebug yang lezat. Untungnya meskipun sudah sampai generasi ke tiga, cita rasa sate gebug tidak berubah, tetap lezat, dan masih banyak peminatnya.

Nah kalau kalian mau makan sate gebug disini tidak perlu pesan banyak porsi, karena disini pesan satenya per tusuk. Satu tusuk saja ukurannya sudah besar dan dijamin sudah bikin kenyang, tapi kalau belum puas bisa lah ya kalian per orang pesen dua tusuk hehehe. Selain sate gebug warung ini juga menyediakan menu sayur sop dan rawon.

sate gebug malang

sate gebug malang
Disini saya dan teman pesan masing-masing dua tusuk sate gebug, satu porsi sayur sop dan dua porsi nasi. Setelah pesan nanti ibu-ibu yang ngejualin langsung menyiapkan pesanan kita. Aroma sate gebugnya sudah tercium manis di udara, siapa sih yang tahan sama baunya sate? Pasti langsung keroncongan kan tuh perut, apalagi satenya kayak gini.

Setelah sate matang barulah menu yang kita pesan disajikan diatas meja. Ssate gebug ini kalau sudah matang berwarna coklat khas sate. Ada yang unik dari sate ini. Kalau biasa kita makan sate dengan bumbu kacang, tapi di sate gebug ini kita akan makan sate dengan bumbu kecap yang pedas manis. Meskipun sekilas sangat simple, tapi bumbu kecap ini mampu memberikan rasa yang luar biasa.

sate gebug malang
Pertama aku coba satenya, dagingnya terasa sangat empuk dan lumer. Apalagi setelah dibakar lemak yang ada di daging sirloin itu mampu memberi rasa legit. Hmmmmm ini sate gila enak banget sih. Andai di Surabaya ada penjual sate gebug gini pasti aku bakalan sering beli deh. Saking empuknya kalau kita menggigit nggak perlu pakai tenaga, cuma pakai garpu sama sendok aja dagingnya udah putus. Dan bumbu-bumbu sate gebug ini merasuk pas kedalam sate. Mantab banget deh pokoknya!

sate gebug malang
Sate gebug ini sangat cocok dimakan barengan dengan sayur sopnya. Memang sayur sopnya sekilas mirip sayur sop biasa. Tapi kok disini rasnya beda banget ya, lebih enak gitu. Apa karena kita makannya pakai sate? Hahah aku pun tidak tahu. Ternyata benar, sudah habis satu tusuk sate tapi masih kurang, untung kami pesan dua tusuk ya hehehe. Oh iya disini juga disediakan tempe dan mendol goreng untuk siap disantap. Kalau kalian nggak tau mendol, browsing aja deh hehehe.

Nah daripada kalian penasaran dan cuma bayangin gimana lezatnya sate gebug ini, mending kalau di Malang mampir deh ke warung sate gebug ini. Kalau kalian bingung bisa pakai maps langsunglah sampai di tempat!

Saking enaknya sampai ada stasiun televisi yang meliput lo! Nih aku kasih videonya

 

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY