Batavia Resto Malang: Sensasi Kuliner Seafood Nikmat Malang

batavia resto

stefan | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
24 Aug 2018


Batavia Resto Malang: Sensasi Kuliner Seafood Nikmat Malang
Batavia Resto Malang ini bernuansa Betawi. Jadi pas masuk ke dalam, suasana tradisionalnya langsung terasa!

Liburan Agustusan kemarin gue jalan-jalan ke Malang buat liburan sebentar setelah lama banget gue ngga liburan. Gue stay di Malang kota selama kurang lebih 3 hari dan gue puas-puasin untuk jalan-jalan plus kulineran. Banyak banget kuliner Malang terbaru yang belum pernah gue cobain sebelumnya. Perjalanan gue kali ini ditemenin oleh salah satu sohib gue yang emang asli Malang, yaitu Gandi. So, dia yang jadi guide gue selama gue ada di Malang.

Selama ada di Malang, ada banyak banget wisata terbaru yang bisa gue kunjungi. Mungkin nanti gue bakal share lagi ke kalian. Sekarang, gue mau share cerita tentang pengalaman kuliner gue di Malang. Sebenernya, gue cukup sering pergi ke Malang, tapi ngga semua makanan gue cobain, salah satunya adalah kuliner di Batavia Resto. Awalnya sih gue pengen makan seafood yang enak di Malang, trus di Gandi langsung aja ngajak gue ke restoran ini. Gue ngikut aja karena gue belom pernah dan penasaran juga sama resto ini, mengingat review yang diberikan untuk restoran ini five stars semua. 

Batavia Resto berada di Jalan Jakarta No 51, Lowokwaru, Malang. Untuk menuju kesini juga ngga susah jalannya, kalian bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Atau kalo ngga mau ribet ya kalian tinggal naik ojek online aja. Hehehe... Setelah sampai sana, gue agak sedikit terkejut sih karena ternyata resto ini bernuansa Betawi. Jadi pas masuk ke dalam, suasana tradisionalnya langsung terasa. Hal ini didukung dengan bentuk bangunan, interior serta meja kursinya. Yaa sesuai sih sama namanya yang Batavia. 

Batavia Resto juga punya dua area makan, yaitu di meja biasa kayak resto pada umumnya hingga tempat makan yang model saung-saung gitu dimana disampingnya ada dekorasi gemericik air plus dedaunan yang asik banget. Gue pun milih buat makan di saung ini. Menurut gue, lokasi resto ini nyaman banget. Cocok banget buat tempat kumpul-kumpul atau sekedar hangout. 


Untuk menunya, ada aneka hidangan seafood dan chinese food seperti lobster bakar, udang bakar madu, cumi bakar/goreng, ikan bakar/goreng, tom yum kun, kepiting asam manis dan hidangan seafood lainnya. Selain ragam menu masakan seafood dan chinesse food, Batavia Resto juga menawarkan aneka hidangan khas Indonesia yang pastinya juga ngga kalah lezat. Harga yang ditawarkan pun bisa dibilang masih terjangkau, karena porsi makanannya juga lumayan gede, kisaran harga Rp 20.000 - Rp 175.000.

Kami berdua pun memesan ikan gurame, udang bakar madu dan tom yam kun. Rasanya sih ini makanan terlalu banyak untuk kita yang cuma berdua. Tapi yaudah sih, namanya juga lagi kulineran. Hehehe..

Sambil nunggu pesanan, kita pun santai sambil ngobrol-ngobrol. Suasana resto ini juga nyaman dan santai ditambah dengan alunan live music yang menemani. Gue pribadi sih merasa nyaman ada di resto ini karena konsepnya yang santai dan homey banget. Ohya, di resto ini juga terdapat guci-guci khas Tiongkok yang sebenernya menurut gue ngga nyambung sama konsep Betawi yang ditawarkan. Atau mungkin tujuan dari resto ini adalah buat bikin semi museum resto? entahlah..

Ngga berapa lama, makanan pesenan kita pun dateng dan menu pertama yang gue cobain adalah tom yum kun nya, abisnya gue kepo banget dari awal sama rasa tom yum nya. Isi tom yum nya lumayan banyak banget dan rata-rata seafood, mulai dari cumi, kerang, udang dan sebagainya. Untuk kuahnya juga seger banget. Perpaduan tomat dalam kuahnya itu pas dan ngga lebay rasa tomatnya. Cocok banget dimakan siang-siang begini.

Lalu untuk ikan gurame bakarnya juga enak banget. Bakarannya merata dan tekstur dagingnya juga lembut. Bumbunya juga meresap ke dalam dagingnya. 

Terakhir adalah udang bakar madu. Hampir sama dengan ikan bakarnya, udang bakarnya juga enak banget rasanya. Bumbunya meresap dan udangnya gede-gede. Nagih banget sih ini menurut gue. 

So, buat kalian yang mau pergi ke Malang dan bingung mau kulineran dimana? Buruan deh langsung dateng ke Batavia Resto. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB, jadi jangan sampe kehabisan ya.

Video by Wahib & Betric

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.