Menikmati Pulennya Nasi Punel Khas Bangil

kuliner di pasuruan

tedy | Sightseeing
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | halal
31 May 2018


Menikmati Pulennya Nasi Punel Khas Bangil
Warung Nasi Punel Setia Budi ini tradisional sekali, kecil dan sederhana. Namun, selalu ramai dengan pengunjung!

Bulan lalu, sempet berkunjung ke rumah sodara yang lagi ada hajatan di Bangil, Kabupaten Pasuruan. Tak jauh dari Surabaya, cukup berkendara sekitar 1-2 jam saja. Nah, setelah pulang dari acara di rumah saudara ku kemarin, aku memutuskan untuk mencicipi kuliner khas Bangil yang sangat terkenal enak, yaitu Nasi Punel. Sebelumnya sih aku sempet tanya-tanya sama saudaraku itu, dimana penjual nasi punel yang enak, lalu dia rekomendasiin warung Nasi Punel Setia Budi.

Warung ini berlokasi di timur Stasiun Bangil, tapatnya di Jalan Gajah Mada. Kalau dari arah Bangil ke Surabaya, setelah tugu menikung kanan lalu masuk ke Jalan Gajah Mada. Ada warung bercat hijau disebelah kiri jalan, agak nyempil di sebuah halaman rumah tua dan ada tulisannya Setia Budi yang sangat besar.

Warung Nasi Punel Setia Budi ini tradisional sekali, kecil dan sederhana. Namun, selalu ramai dengan pengunjung. Meskipun begitu, warung ini sangat bersih dan mejanya tidak berdebu. Yah, meskipun warung sederhana, tapi tetap membuat pelanggan merasa nyaman makan disini.

Aku pun langsung memesan makanan. Disini menunya sudah jelas Nasi Punel, tapi kalian bisa lho memilih macam-macam lauknya. Harganya juga terjangkau, antara 10 ribu sampai 20 ribu saja. Tergantung lauk apa yang kalian pilih.

Oh ya, buat kalian yang belum terlalu familiar sama nasi ini, aku jelasin dikit deh ya biar ga salah paham. Hehehe.. Nasi Punel ini makanan khas Bangil, kota Pasuruan. Punel sendiri memiliki arti sama dengan Pulen, yaitu nasi yang matangnya pas. Tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembek. Nasi punel ini berasal dari beras pada umumnya, bedanya hanya dari cara memasaknya. Kata sodaraku sih, biar nasinya pulen, beras yang sudah dicuci bersih direndam dengan air panas selama lima belas sampai dua puluh menit sebelum dimasak.

Setelah matang, nasi diangkat dan dipindahkan ke wadah terbuka lalu dikipas-kipas agar dingin. Sesekali nasi yang masih panas ini diaduk-aduk (diuleni) agar agak menggumpal. Agar selalu khas dan identik dengan sejarahnya, nasi ini disajikan diatas piring yang beralas daun pisang. Nasi ini biasanya disajikan dengan serundeng, dilengkapi dengan sate kerrang, Lentho, Tahu bumbu Bali, irisan daging dan kikil serta parutan kelapa yang diberi santan yang dicampur bumbu agak manis. Untuk sayurnya, biasanya ada rebung dan nangka muda. Lauknya pun bermacam, kalian bisa memilih diantara empal, ayam goreng, telor dadar, paru, dendeng dan masih banyak lagi. Jangan lupa buat ditambahin sambal ulegnya yang super pedas.

kuliner di pasuruan

Untuk masalah rasa, jangan ditanya lagi. Super yummy! Tekstur nasinya benar-benar lembut dan pulen. Bener-bener bikin ketagihan. Ini beneran deh jadi pengen langsung pergi ke Bangil sekarang juga biar bisa buka puasa pake Nasi Punel nanti sore. Hahaha..

Selain rasanya yang enak, seporsi nasi punel ini sangat sarat dengan aneka kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seporsi nasi putihnya yang super lembut ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dari pagi sampai siang. Ditambah lagi adanya sayur yang kaya akan serat juga aneka lauk yang sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin dan mineral tubuh kita. Paket lengkap banget dah kalo menurut aku.

kuliner di pasuruan

Dulunya, Nasi punel ini dijajakan oleh penjual keliling kampung. Namun semakin lama peminatnya semakin banyak sehingga beberapa penjual tersebut mendirikan depot Nasi Punel dipinggir jalan utama Bangil. So, buat kalian yang penasaran atau lagi dalam perjalanan dari Surabaya dan mau ke Pasuruan atau Probolinggo, aku saranin buat mampir sebentar ke Warung Nasi Punel Setia Budi ini. Dijamin ketagihan dan pengen makan lagi!

Video by AndreLagiApa?

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 06.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY