Gurihnya Bubur Ayam Khas Cirebon, Semangkok Mana Cukup!

kuliner di gresik

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
30 Dec 2019


Gurihnya Bubur Ayam Khas Cirebon, Semangkok Mana Cukup!
Awalnya penasaran pingin tahu bedanya bubur ayam dari daerah berbeda, eh setelah coba malah menjadi bubur ayam terfavorite.

Pagi pagi paling enak menikmati semangkok bubur Ayam. Teksturnya yang lembek dengan rasa gurih tak terlalu bumbu membuatnya nyaman dan juga tidak terlalu berat dicerna di pagi hari. Nah, Jika biasanya saya menikmati semangkok bubur ayam Jakarta atau Bandung, kali ini beda, saya menikmati bubur ayam Cirebon.

Awalnya saya tahu bubur Cirebon yang lezat ini dari penjual Nasi Uduk bu Imah. Beliau menyarankan untuk mencoba bubur ayam Cirebon yang katanya enak, rame dan diracik orang Cirebon asli. Karena penasaran saya pingin langsung mencobanya, apa sih yang membedakan bubur ayam di setiap daerah?

kuliner di gresik


Weekendketika nggak sibuk dengan rempongnya urusan dapur, gojekin anak ke sekolah dan kesibukan kantor, saya melipir mencoba bubur ayam Cirebon. Letaknya berada di taman belakang MCD Kota baru (GKB) Gresik. Berdekatan dengan Gress Mall Gresik. Kalau teman teman ingat, saya pernah review Es Siwalan yang segaritu, nah letak bubur ayam Cirebon tak Jauh, cukup jalan kaki saja.

Bubur ayam Cirebon gerobaknya berada di depan ruko. Disini tersedia dua area tempat duduk. Ada yang lesehan. Dan juga bagian dalam ruko, tersedia deretan tempat duduk kayu.

Saya datang kemari bersama suami. Karena suami kurang suka dengan bubur ayam, saya memesan satu mangkok saja.

Meski pembeli terus berdatangan, pembeli nggak sampai menunggu lama. Penjualnya melayaninya cepet banget. Saya yang nunggu dua antrian, langsung dapat semangkok bubur ayam

Bubur ayam Cirebon, ini mula mula diisi dengan dua centong bubur ayam kemudian ditaburi dengan bubuk merica. Ditaburi Irisan seledri mixed dengan sedikit daun bawang. Taburan kacang kedelai goreng dan bawang goreng. Suwiran ayam goreng. Terus dikasih kecap asin dan kecap manis. Terakhir ditambahkan kerupuk. Lumayan banyak porsinya.

kuliner di gresik


Nah, jika memperhatikan komposisinya, bubur ayam Cirebon ini seperti bubur ayam Bandung. Nggak pakai bumbu kuning. biasanya taburan daun bawang lebih banyak, yang ini irisan seledri mendominasi.

Setelah mendapat semangkok bubur ayam, saya memilih duduk di lesehan, sekalian ngelurusan kaki setelah jogging pagi. Di tempat duduk dan juga lesehan tersedia kecap manis, kecap asin dan juga sambal. Ada juga lauk tambahan dalam box yakni tusukan sate telur puyuh dan juga jerohan ayam. Saya mengambil satu sate jerohan.

kuliner di gresik

kuliner di gresik



Karena saya bukan team bubur ayam diaduk, saya langsung mendaratkan sendok kedalam mangkok. Dan lanjut mendaratkanya kedalam mulut. Hmmm, enaknya kebangetan.

Tesktur buburnya pas, nggak terlalu lembek banget. Rasanya gurih manis dengan semburat rasa merica. Taburan merica diatas bubur ini memberikan sensasi rasa tersendiri. Nggak pedas sih, seger gurih merasuk kedalam buburnya.

Potongan seledri membawa kesegaran kedalam mulut. Krenyes krenyes enak dikunyah dalam mulut. Suwiran dagingnya nggak pelit, lumayan banyak sampe nutupin bagian atas mangkok. Rasa ayamya sendiri gurih nampol, karena tadi diberi kecap manis jadi ada rasa manis nya dikit.

kuliner di gresik

kuliner di gresik



Sebagai penyuka bawang goreng, dengan taburan bawang goreng yang dermawan jadi bikin lidah joget joget kesenangan. Gimana nggak, dapat bawang goreng hingga sendokan terakhir.

Kacang kedelai gorengnya juga enak, gurih dan renyah. Coba kalau boleh beli terpisah, pingin tuh kacang kedelai goreng dicemilin dirumah.

Nah, waktu makan bubur ayam, suami lihat saya makannya leko banget. Maksudnya menikmati banget. Dia akhirnya cobain juga, padahal dia nggak terlalu suka bubur ayam. Ketika dicoba ternyata dia suka, hahaha akhirnya dia pesen bubur ayam juga.

Sama suami ditambahin sambal. Nah, ini yang juga beda. Biasanya sambal bubur ayam ini kayak bakso gitu, cabe yang dikukus kemudian dihaluskan. Kalau ini sambalnya digoreng. Kayaknya sih ya, selain cabe juga ditambhakan bumbu dalam sambalnya. Pedas dan terasa enak. Untuk sate telur puyuh dan jerohan ayamnya rasanya manis gurih.

kuliner di gresik


Semangkok bubur ayam Cirebon dengan suwiran ayam yang banyak ini hanya Rp. 10.000 saja. Dan untuk sate telur puyuh dan jerohan Rp. 3000. Sudah enak, harganya lumayan murah juga. Dari banyak bubur ayam yang pernah saya coba, bubur ayam Cirebon ini so far menjadi favorite saya

Opening Hours
Jam 5.30 - habis (sekitar jam 9 pagi)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY