Nikmati Sajian Lezat Soto Tangkar dan Sate Sapi di Pak H. Diding

soto tangkar pak h diding

Leah | Sightseeing
Jakarta Barat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
28 Jun 2019


Nikmati Sajian Lezat Soto Tangkar dan Sate Sapi di Pak H. Diding
Seneng banget bisa nyobain lezatnya kuliner unik Soto Tangkar

Saatnya review kuliner yang aku demennn banget dari dulu! Jadi kemarin lagi kangen-kangennya sama soto tangkar. Dan aku punya satu langganan soto tangkar yang enak di daerah Pasar Pagi. Namanya adalah Soto Tangkar H. Diding. Mungkin dari kalian udah sering makan disini karena makanan satu ini sudah buka lama banget sejak tahun 1960. Jadi ini makanan udah legend banget dan sekarang yang mengelola adalah anak dari H. Diding itu sendiri.

soto tangkar pak h diding
Untuk lokasinya Soto Tangkar H. Diding ini berada di Jl. Pasar Pagi II, Tambora, Jakarta Barat. Tempatnya sendiri agak susah dicari sih karena berada di jalan kecil, jadi saran aku buat kalian yang pertama kali mau makan kesini pakai maps aja biar nggak kesasar. Begitu ketemu kalian akan melihat kepulan asap beraroma sedap dan banyak orang mengantri.

soto tangkar pak h diding
Soto Tangkar H. Diding ini tempatnya bisa dibilang sempit dan kecil karena di dalamnya hanya bisa menampung kira-kira 10 sampai 13 orang saja itupun harus berdempetan dengan pengunjung yang lain. Meskipun begini aku nggak pernah bosen dan selalu ingin balik lagi hahaha.

soto tangkar pak h diding
Nah yang unik disini adalah soto tangkar yang disajikan diisi dengan sate sapi yang sudah dibakar. Kalau aku kesini pesti pesen soto tangkar seporsi dan sate sapi seporsi buat sharing sama temen aku. Begitu masuk kalian akan mencium aroma sate yang sedang dibakar baunya sedep banget apalagi rasanya! Jadi sebelum dipotong dan ditusuk daging sapi ini sudah dimarinasi dengan bumbu khasnya yang resepnya tentu saja sudah turun temurun. Baru setelah itu sate ini dibakar sampai tingkat kematang yang pas.

sate sapi pak h diding
Setelah sate dibakar, kalau untuk soto tangkarnya jadi sate ini bakal dilepas dari tusuknya, disajikan di mangkuk dengan tambahan daging yang lain seperti kikil, daging, atau urat baru terakhir dituang kuah soto tangkarnya yang berwarna kemerahan. Jadi kuah soto tangkar ini ada santanya tapi nggak terlalu kental bisa dilihat saat diaduk.

sate sapi pak h diding
Akhirnya setelah menunggu beberapa menit makanan yang aku pesen datang, aku datang sekitar jam 10 pagi jadi semua masih lengkap, pernah dateng jam 3 sore dan soto tangkarnya udah habis jadi tips buat kalian yang mau makan disini jangan mepet waktu tutup atau kesorean. Pertama mau seruput kuahnya soto tangkar dulu. Seperti yang aku bilang tadi warnanya kemerahan dan santannya tidak terlalu kental jadi rasanya nggak terlalu berat atau eneg. Rempahnya juga berasa, jadi gurihnya dapet banget. Kalau aku lebih suka lagi ditambah sedikit kecap manis dan sambal biar makin nikmat. Nah kalau sate yang udah di dalem soto ini rasanya jadi lembut dan balance sama kuahnya. Kalaau untuk kikilnya empuk juga aku suka banget karena emang favorite aku hahaha.

sate sapi pak h diding
Selanjutnya sate sapinya. Karena udah dimarinasi lama jadi bumbunya bisa merasuk kedalam. Rasanya manis dan gurih, legit lah pokoknya! Teksturnya juga pas dia nggak terlalu kering banget dan keras melainkan empuk dan masih juicy. Kalian harus coba satenya juga sih kalau kesini!

Terakhir untuk masalah harga masih bisa dibilang terjangkau sih mulau dari 23k – 30k ajaa sesuai isian sot tangkar daging yang kalian pilih. nah gimana lihat gambar dan reviewnya udah ngiler belum? Oke buat kalian yang cari kuliner enak dan unik bisa banget nyobain makan di Soto Tangkar H. Diding!

Opening Hours
08:00 - 16:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY