Nyobain Sate Kuda Pak Awan Khas Bandung. Begini Ternyata Rasanya..

sate kuda pak awan bandung

kartikaputri | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
20 Jun 2019


Nyobain Sate Kuda Pak Awan Khas Bandung. Begini Ternyata Rasanya..
Yang ini katanya bikin kuat wkwk

Udah pernah nyobain sate kuda? Kalo gue baru nyobain pertama kalinya nih. Nyobain sate kuda kali ini nggak sendirian, tapi sama keluarga. Kebetulan kemaren lagi di Bandung dan kataya di Bandung ada sate kuda yang cukup terkenal dan satu-satunya pula. 

Sepenasaran itu, akhirnya gue ajak keluarga untuk mampir seklaian pas di Bandung. Nama tempatnya terkenal dengan sebutan Sate Kuda Pak Awan. Mungkin kalo sebut nama itu, orang Bandung udah pada kenal. Buat pengguna instagram, kalian bisa cek akun Sate Kuda Pak Awan di @satekudabandung. 

Sate Kuda Pak Awan lokasinya ada di Jalan K H Ahmad Dahlan, Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka dari Sate Kuda Pak Awan ini mulai jam 4 atau jam 5 sore, kalo cari aman lebih baik dateng di jam 5 keatas aja deh ya. Kalo tutupnya sekitar jam 10 guys. Sate Kuda Pak Awan ini buka tiap hari kok, jadi kalian bisa mampir kapan aja. 

sate kuda pak awan bandung

sate kuda pak awan bandung

Pertama dateng kami langsung parkir di tempat yang sudah disediakan, selanjutnya kami masuk dan yang pertama gue lihat adalah kebersihannya. Sate Kuda Pak Awan ini bersih dan cukup higienis, jadi lebih ngga sabar lagi buat menyantap sajian yang ada disini. Tempatnya emang cukup sederhana, tapi kalo kalian tau pelanggannya sih ngga berhenti, banyak banget. 

Beberapa menu yang terkenal dari Sate Kuda Pak Awan selain sate adalah tongseng dan supnya. Udah pernah bakan sup dengan daging kuda? Wih cukup menantang ya haha. Karena gue belum pernah cobain sate kuda, jadi kali ini menu yang gue pesen sate kuda dulu deh ya, ngak mau yang aneh aneh haha. 

Sate Kuda Pak Awan ini sudah ada sejak sekitar tahun 2010 akhir. Bapak Awan pengen jualan yang anti mainstream pada waktu itu, sehingga dibukalah sate kuda. Sate Kuda Pak Awan udah cukup terkenal bahkan bisa dibilang pelopor sate kuda di Bandung sendiri. 

sate kuda pak awan bandung

Untuk menu yang gue coba yakni sate, dagingnya enak. Sebagai orang yang nggak pernah nyobain kuda, enak sih menurut gue. Baik karena pengolahannya yang pas, maupun karena bumbunya yang enak. Kata bapak penjualnya, orang yang makan disini tuh 60% orang yang udah tau nutrisi dari daging kuda, 30% orang yang pengen dapet manfaat atau pengobatan, dan 10% nya lagi orang yang coba coba, termasuk gue haha. 

Daging kuda ternyata punya banyak sekali manfaat, kata Bapak Awan, daging kuda bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, diabetes, dan lain lain. Iya ngga sih? Kalo yang gue tahu, daging kuda emang nambah stamina gitu katanya, jadi nggak heran kalo pas gue makan di Sate Kuda Pak Awan kemaren banyak juga pembeli yang merupakan TNI, Polisi, dan banyak orang dengan tubuh yang kekar. Widih ngeri dah. 

sate kuda pak awan bandung

Pak Awan masih mengolah sendiri semua bumbu yang ada disini, dengan racikan yang khas tentunya. Dalam satu hari, 8 hingga 12 kilogram daging kuda bisa habis terjual lho. Berbagai menu yang ada disini rata rata dibandrol dengan harga 20 ribu rupiah per porsi. Cukup terjangkau sih ya. 

Untuk nasinya, pengunjung bisa milih 2 pilihan nasi yang ada disini. Ada pilihan nasi merah dan nasi putih. Widih sehat banget kan? Yang lagi diet, jangan lupa makan nasi merah pas disini wkwk. 

Youtube : Kuliner kito

Kalo kalian nggak pernah cobain sate kuda dan penasaran banget, kalian bisa nyoba ke Sate Kuda Pak Awan ya kalo ke Bandung. Nggak hanya sate kuda, sajian sop, rica, dan tongseng bakal memanjakan lidah kalian. Denagn harga yang nggak mahal, kalian udah bisa coba dan bawa pulang kuliner yang satu ini. Buruan cobaa!

*eh lupaa, bisa dipesen lewat grabfood dan gofood buat kalian anak bandung yang mager keluar wkwk

Opening Hours
16.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY