Bubur Pedas Pa' Ngah: Rasanya Ngga Sepedas Namanya

bubur pedas pa ngah

renitanaka | Sightseeing
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia | halal
12 Jun 2019


Bubur Pedas Pa' Ngah: Rasanya Ngga Sepedas Namanya
Pecinta pedas pasti seneng nih!

Puas menjelajah sambil belajar sejarah di Keraton Kadriah, kini saatnya mencicipi kuliner khas Pontianak. Banyak banget kuliner khas Pontianak yang bakal aku rekomendasiin buat kalian, beberapa diantaranya udah pernah aku bahas di ulasan aku sebelumnya, seperti Sate Kuah dan Pengkang. Selain kedua makanan itu, aku juga ngajakin sodara-sodara aku buat cicipin kuliner khas Pontianak lainnya yang ngga kalah lezat, yaitu Bubur Pedas Pa’ Ngah.

Sebenernya aku udah pernah bikin ulasannya dulu, tapi kali ini aku mau bikin yang lebih lengkap lagi deh, soalnya warung bubur pedas ini favorit aku banget!

Warung Pa’ Ngah ini hanya bisa kalian temukan di Pontianak guys, tepatnya di Jalam Komyos Sudarso. Warung ini buka setiap haru mulai jam 14.30 siang sampe jam 22.30 malam dan tutup di hari Jumat. 

bubur pedas pa ngah

Warung Bubur Pedas Pa’ Ngah ini adalah salah satu kuliner bubur pedas yang populer di Pontianak dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga asing. Kok bisa sih mereka bisa sesuka itu dengan makanan yang cuma bubur aja?

Kalian yang orang Pontianak asli pasti udah ngga asing lagi sama makanan yang satu ini. Bubur Pedas atau yang kadang juga ditulis Bubor Paddas, ini merupakan salah satu masakan khas Suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat. Uniknya nih guys, meskipun namanya Bubur Pedas tapi rasanya sama sekali ngga pedas, kecuali kalo kalian tambahkan sambal. Lah kok bisa dikasih nama pedas? Jadi guys, sebenernya kata “Pedas” itu punya arti banyaknya sayuran dan rempah yang terkandung dalam bubur. Itu hanyalah perumpamaan yang diciptakan oleh suku Melayu Sambas. Bubur Pedas ini awalnya ditemukan oleh Suku Maleyu Sambas di pesisir pantai Pontianak dan masih ada hingga saat ini.

bubur pedas pa ngah

Kalo kalian mengira tampilan bubur pedas ini sama dengan bubur lainnya yang terbuat dari beras, maka kalian salah besar. Sekilas, bubur pedas ini punya tampilan yang agak aneh yaitu seperti sop yang berisi banyak sayuran dengan kuah berwarna cokelat kehitaman dan sama sekali ngga menarik bagi siapapun yang melihatnya. Tapi setelah makan bubur ini, dijamin kalian semua bakal ketagihan soalnya rasanya jauh beda sama tampilannya. Makanya, jangan nilai sesuatu dari tampilannya aja ya guys. Hehehe…

bubur pedas pa ngah

Bubur Pedas ini terdiri dari berbagai macam campuran sayuran seperti pakis, kangkung, cambah, kacang panjang, jagung muda, daun lengkuas, daun kencur, daun katuk, daun kesum yang hanya ada di Pontianak dan beragam daun rempah lainnya. Sayuran-sayuran tersebut diracik kecil-kecil kemudian dimasak menjadi satu dengan bahasan dasar utama yaitu beras, ketumbar dan pala sangrai kemudian masukkan kelapa yang telah disangrai. 

Setelah semua bahan matang, bubur pedas siap disajikan dalam keadaan hangat lengkap dengan taburan ikan teri dan kacang goreng sehingga rasanya lebih gurih. Ngga cuma rasanya aja yang lezat, tapi juga aromanya khas banget guys.

bubur pedas pa ngah

Seporsi bubur pedas ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 11 ribuan aja yang biasa tanpa topping. Ngga mahal kan guys untuk seporsi makanan khas yang legendaris dan rasanya emang nagihin. 

Di Pontianak sendiri, biasanya orang-orang menyantap bubur pedas ini saat jam makan siang, untuk itu kebanyakan warung bubur pedas ini baru buka sekitar jam 12 siang. Beda banget ya kalo makan bubur ayam yang biasanya buat sarapan. 

So guys, kalo kalian main ke Pontianak, pastikan buat mampir ke Warung Pa’ Ngah ini buat cicipi kelezatan Bubur Pedasnya. Soalnya rugi banget kalo ngga mampir, kuliner ini ngga akan kalian temui di tempat lain. Selamat mencoba ya..

Video by BINUSTV Channel

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY