Di Pontianak Ada Sate Dicampur Kuah dan Timun. Rasanya? Nagihin!

kuliner di pontianak

renitanaka | Sightseeing
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia | halal
27 Oct 2018


Di Pontianak Ada Sate Dicampur Kuah dan Timun. Rasanya? Nagihin!
Sate sama kuah? gimana ya rasanya? nah dari pada kepo sama rasanya...inilah sate campur kuah yang aku cobain!

Hai guys, setelah kemarin saya sharing tentang kuliner yang ada di Film Aruna dan Lidahnya, seperti Pengkang dan Choi Pan, kali ini saya mau mengulas kuliner khas yang wajib banget dicoba saat berkunjung ke Pontianak, yaitu Sate. Sate emang menjadi makanan populer bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tidak pandang usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, mereka menyukai sate. Pilihan dari sate pun beragam dan di Indonesia sendiri setiap daerah memiliki jenis satenya masing-masing. Misalnya di Madura, sate yang disajikan identik dengan bumbu kacangnya yang kental, lalu di Kalimantan Barat sendiri juga punya sate khas yang rasanya sangat unik dan tidak ditemukan didaerah mana pun, yaitu Sate Melayu.

kuliner di pontianak

Sate Melayu atau sering juga disebut sebagai sate kuah ini bisa dibilang unik dan berbeda dengan sate pada umumnya, karena Sate Melayu disajikan dengan diberi kuah dan bumbu yang digunakan adalah bumbu medok melayu. Cara pengolahannya pun berbeda dengan sate pada umumnya yang hanya dibakar saja. Sate ini menggunakan dua pilihan daging, yaitu ayam dan sapi. Sebelum dibakar, daging sapi atau ayam yang sudah ditusuk direndam kedalam bumbu khusus sehari sebelum sate siap diolah. Dibiarkan lama agar bumbunya lebih meresap kedalam dagingnya. Setelah diberi bumbu, maka sate tersebut dibakar selama beberapa menit agar matang dagingnya.

kuliner di pontianak

Satu porsi Sate Melayu ini terdiri dari beberapa potongan ketupat dan mentimun yang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Agar tambah lezat, sate ini ditambahkan dengan jeruk kit kia atau songkit yang banyak tumbuh di Kalimantan Barat, termasuk di Pontianak. Alasan penggunaan jeruk ini pun agar rasa dari sate ini semakin khas dan berbeda dengan sate lainnya.

kuliner di pontianak

Sate Melayu ini memiliki cita rasa manis dan rempahnya sangat terasa. Tidak heran karena memang bumbu medok melayu yang digunakan untuk satenya sebelum dibakar terdiri dari ragam rampah seperti kunyit dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat bumbu ini bertekstur kental dan aromanya sangat khas rempah-rempah. Rasanya sih ya, mirip makan kuah kaldu yang diberi bumbu rempah yang lezat. Tekstur dari daging sate ini pun juga sangat lembut dan tidak alot saat dikunyah, tak heran kalau penggemar dari Sate Melayu ini berasal dari semua kalangan karena memang bisa dinikmati oleh segala usia.

kuliner di pontianak

Harga seporsi Sate Melayu ini bisa dibilang terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 per porsinya untuk daging ayam atau daging sapi. Kalau saya sih, keduanya favorit ya soalnya sama-sama enak. Buat kalian yang berencana jalan-jalan ke Pontianak dan pengen cicipi kuliner khas nya, saya rekomendasikan kuliner Sate Melayu ini buat kalian, dijamin sekali coba bakal langsung ketagihan.

kuliner di pontianak

Nah, buat kalian yang pengen cobain Sate Melayu ini, saya rekomendasikan untuk datang ke Pondok Sate Antasari yang ada di Jalan Antasari no 66, Pontianak. Warung sate ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 60an dan masih eksis sampai saat ini. Rasa dari satenya pun konon tidak berubah meskipun kini warung ini dijalankan oleh generasi keduanya. Meskipun warungnya tidak terlalu besar, tapi tempatnya sangat nyaman untuk bersantap sate bersama keluarga atau orang terdekat. Pelayanannya juga sangat ramah dan penyajiannya cepat, jadi ngga perlu nunggu lama-lama kalo lagi kelaperan. Hehehe..

Tunggu apa lagi? Yuk berwisata kuliner ke Pontianak.

Video by: OK Food NET

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.