Wisata

17 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Paling Rekomended

Tempat Wisata Jakarta Sebagai Ibukota negara Indonesia, Jakarta adalah sebuah kota yang sering kali didatangi oleh orang dari luar daerah. Di sini, kepadatan penduduk dan ekonomi yang berkembang pesat, membuat semua serba mahal. Namun, berbeda dengan bidang pariwisata, ada beberapa tempat wisata jakarta murah meriah yang wajib dikunjungi. Nah, bagi yang ingin ke Kota Jakarta, kami akan memberikan rekomendasi tentang tempat wisata yang tidak akan menguras kantong anda. Langsung saja, anda bisa membaca ulasan di bawah.

1. Monumen Nasional

Vebma.com

Mungkin tempat ini adalah tempat wisata bagi warga negara Indonesia. Benar sekali, Indonesia terkenal dengan monumen kebanggaan yang digagas oleh Presiden Soekarno ini. Sering kali disebut Monas, monumen ini juga menjadi monumen yang tertinggi di Indonesia. Bahkan, yang membuat Monas ini keren adalah puncaknya yang dilapisi dengan emas. Bagi anda yang ingin ke Monas, anda hanya perlu mengeluarkan uang 5000 rupiah saja. Jika ingin menikmati pemandangan dari puncak, anda cukup membayar biaya tambahan 10.000 rupiah. Buka setiap hari, Monas bisa dikunjungi mulai dari jam 8 pagi – 3 sore.

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. TMII

tripjalanjalan.com

Satu lagi kebanggaan masyarakat Indonesia yang ada di Kota Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah tempat wisata edukasi yang cocok dikunjungi untuk keluarga. Semua orang yang berkunjung ke sini pasti menikmati keunikan TMII. Semua kebudayaan dan ciri khas daerah ada di tempat ini. Bahkan, ada miniatur Indonesia yang dibuat dalam bentuk pulau-pulau kecil di danau. Tak hanya itu, ada juga beberapa wahana mengasikan yang akan membuat anda betah di taman ini. TMII buka setiap hari.

3. Dunia Fantasi

Ancol.com

Tempat wisata lain yang menjadi kebanggaan di Kota Jakarta adalah Dufan. Tempat wisata yang satu ini dipenuhi oleh beragam wahana yang mengasyikkan dan memacu adrenalin. Seperti wahana Tornado, yang terkenal karena bisa membuat perut anda berputar-putar. Untuk anda yang ingin mencari quality time bersama keluarga, Dufan adalah satu tempat yang kami rekomendasikan. Anak-anak pasti tidak akan kecewa jika diajak ke sini. Harga tiket Dufan cukup terjangkau untuk ukuran taman hiburan terbesar. Anda hanya perlu mengeluarkan uang 190 ribu rupiah untuk hari biasa, dan 270 ribu rupiah untuk weekend.

4. Ragunan

Pikniek.com

Kebun binatang yang paling terkenal di negara ini adalah yang ada di Kota Jakarta. Benar sekali, Ragunan menjadi kebun binatang yang sudah ada atau dibangun sejak zaman pra kemerdekaan. Luas yang mencapai 140 hektar, dihuni oleh beraneka-macam spesies baik fauna ataupun flora. Untuk fauna, ada 270 spesies, dan ada 171 spesies untuk flora. Selain itu, kebun binatang ini juga sangat rindang karena ada sekitar 50 ribu pohon yang tercatat di Ragunan. Harga tiket yang ditetapkan sangat murah, yaitu 4000 rupiah untuk dewasa dan 3000 rupiah untuk anak-anak.

5. Kota Tua Jakarta

travel.kompas.com

Di samping memberikan tempat wisata modern, ternyata ada juga tempat wisata yang memberikan kesan kembali ke zaman dulu. Adalah Kota Tua Jakarta, sebuah kawasan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang membuat kita menikmati bagaimana suasana Kota Batavia pada saat itu. Dengan bangunan khas zaman kolonial, pastinya membuat area wisata ini menjadi unik. Ada juga beberapa museum yang terletak di Kota Tua. Di samping itu, ada juga beberapa orang yang menampilkan street art. Biasanya mereka akan berbusana bak pejuang atau masyarakat zaman belanda, dan bisa diajak berfoto ria.

6. Museum Fatahillah

IndonesiaKaya.com

Nah, museum yang satu ini terletak di kawasan Kota Tua yang telah kami jelaskan sebelumnya. Di sini, ada beberapa peninggalan zaman Belanda yang tersimpan dengan baik. Lokasi tepat museum ini adalah di Jakarta Barat. Sebelumnya menjadi museum, gedung dari museum ini pernah dijadikan sebagai markas VOC. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Museum Fatahillah dan mengabadikan momen kunjungan dengan berfoto di depan museum. Untuk harga tiket masuk, anda hanya perlu mengeluarkan uang 5000 rupiah saja jika ingin tahu seperti apa isi dari museum ini.

7. Museum Nasional

turwisatajakarta.com

Bukan Monumen Nasional yang telah kami jelaskan di awal, tempat ini bernama Museum Nasional. Untuk menambah wawasan tentang koleksi yang bersejarah, anda bisa mengunjungi tempat ini. Ada banyak koleksi yang bisa anda lihat jika mengunjungi museum bersejarah ini. Ada sekitar lebih dari 140 ribu benda yang termasuk dalam 7 jenis koleksi museum. Untuk menambah wawasan tentang koleksi yang bersejarah, anda bisa mengunjungi tempat ini. Tiket masuk untuk museum ini adalah 5 ribu rupiah untuk dewasa dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak.

8. Planetarium

info-pasar.com

Satu lagi wisata edukasi yang memberikan pengalaman berbeda dari tempat lainnya adalah Planetarium. Seperti yang kita ketahui, kita hanya tahu Planetarium melalui buku pelajaran di masa sekolah atau media lainnya. Namun, jarang sekali kita mengunjunginya secara langsung. Oleh karena itu, mengunjungi tempat ini adalah pilihan yang sangat tepat. Di samping itu, anak-anak pasti akan senang karena mereka bisa melihat planet-planet dan bintang di alam semesta. Harga tiket untuk tempat yang berdesain mirip kubah setengah bola ini adalah 7000 rupiah untuk dewasa, dan 3500 rupiah untuk anak-anak.

9. Pantai Marina

indonesiaexplorer.net

Karena Kota Jakarta memiliki batas wilayah perairan, pastinya ada tempat wisata pantai yang bisa dikunjungi. Nah, anda bisa menikmati hembusan angin sepoi di Pantai Marina ini. Waktu berkunjung terbaik ke pantai ini adalah di waktu senja. Kenapa? Karena anda akan bisa melihat tenggelamnya sang surya di cakrawala. Jika ingin pergi ke Pantai Marina dengan pasangan, pastinya anda akan merasakan suasana yang romantis. Dengan membayar 25 ribu rupiah, anda bisa masuk ke pantai ini.

10. Masjid Istiqlal

Scout.ID

Sebuah masjid yang menjadi kebanggaan negeri kita tercinta, Masjid Istiqlal menjadi salah satu tujuan yang bisa dikunjungi. Bisa dibilang, kali ini kami memberikan anda wisata spiritual ke masjid yang terbesar di Asia Tenggara ini. Gaya arsitektur yang modern, membuat masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya. Nama dari Istiqlal sendiri diambil dari bahasa arab yang berarti merdeka. Benar sekali, masjid yang pembangunannya digagas oleh Presiden Soekarno ini dimaksudkan untuk mengucap syukur karena Indonesia sudah terbebas dari penjajah.

11. Gereja Katedral

Pegipegi.com

Tempat wisata spiritual yang lain adalah Gereja Katedral. Letaknya berdampingan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini adalah gereja katolik yang tertua di Jakarta. Dibangun pada tahun 1901, gaya arsitektur khas Eropa bisa kita lihat dengan jelas. Selain itu, ada juga beberapa koleksi berharga yang ada di gereja ini. Anda bisa pergi ke sini untuk melihat betapa kokoh dan indahnya Gereja Katedral saat sore hari.

12. Taman Suropati

KSMTour.com

Nah, jika anda ingin menikmati suasana taman di Kota Jakarta. Anda bisa mengunjungi Taman Suropati. Sebelum menggunakan nama Suropati, taman ini awalnya dinamai Burgemeester Bisschopplein. Yup, hal ini karena taman ini dibangun saat Belanda masih berkuasa di Jakarta. Terletak di Menteng, anda bisa mengajak keluarga anda untuk menghabiskan waktu di taman yang satu ini. Ada enam monumen hasil karya beberapa seniman dari negara tetangga yang ada di Taman Suropati.

13. Pecinan Glodok

id-blog.zenrooms.com

Di kota besar mana pun, pasti ada satu tempat yang bernama china town. Yup, masyarakat Indonesia sering kali menyebutnya dengan Pecinan. Nah, tidak lengkap rasanya jika ingin menikmati wisata murah meriah di Jakarta jika tidak mengunjungi Pecinan Glodok. Tempat wisata yang sidestream ini, pastinya tidak akan mengecewakan anda. Letaknya tak jauh dari kawasan Kota Tua, anda bisa menyusuri pecinan ini dengan pasangan untuk merasakan suasana romantis yang berbeda pada umumnya. Saran, anda bisa mengunjungi vihara atau klenteng yang ada di Pecinan Glodok.

14. Wisata Angke Kapuk

cumacuma.org

Mungkin ada sebagian dari anda yang masih asing dengan tempat wisata yang satu ini. Wisata Alam Angke Kapuk memang terbilang cukup baru. Di sini, tempat wisata yang satu ini memiliki nuansa alam yang indah. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah pohon bakau. Bagi anda yang belum pernah merasakan bagaimana berjalan-jalan dia area hutan bakau, mengunjungi Angke Kapuk ini bisa menjadi pilihan. Namun, untuk ke sini bukan tidak murah, tapi cukup menguras kantong anda. Tenang, anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat ini.

15. Cibubur Garden Diary

Travelklik.com

Mengajak anak-anak anda ke tempat ini pastinya akan memberikan mereka sebuah pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Kenapa? Karena anak-anak anda akan diajari untuk memerah susu dari sapi secara langsung. Karena termasuk dalam wisata edukasi, pastinya Cibubur Garden Diary ini membuat anak-anak anda tahu bagaimana memerah susu sapi dengan baik dan benar. Tak hanya bermain, tempat ini akan memberikan pembelajaran yang tidak akan didapat di bangku pendidikan sekolah. Selain itu, ada juga playground yang disediakan oleh pihak pengelola agar anak-anak betah di tempat wisata edukasi ini.

16. Tanah Tingal

infobintaro.com

Satu lagu tempat wisata alam yang terletak di wilayah Ibukota Jakarta. DI sini, tempat wisata ini akan memberikan pengalaman sekaligus edukasi pada anak-anak anda. Ada beberapa kegiatan yang membuat anak-anak anda melakukan hal yang kreatif. Jadi, selain berinteraksi dengan alam, tidak lupa memberikan pengalaman yang menambah pengetahuan. Di samping itu, tempat ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang menambah suasa alamnya lebih nyata. Dengan kerindangannya, anda pasti juga akan betah untuk berlama-lama di tempat wisata ini.

17. Setu Babakan

checkinjakarta.id

Sebuah kawasan yang telah menjadi cagar budaya di Jakarta, Setu Babakan adalah tempat yang harus anda kunjungi. Anda bisa menikmati area setu dengan menaiki perahu kayuh. Untuk yang sudah berkeluarga, kami menyarankan anda untuk mengajak anak-anak anda untuk menikmati wahana air tersebut. Di samping itu, area Setu Babakan juga memberikan hal lain yaitu kebudayaan betawi. Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan atau mencicipi makanan khas betawi yang dijual di area setu ini.

Nah, setelah mengetahui beberapa tempat wisata jakarta murah meriah. Anda tinggal mengatur jadwal untuk mengunjungi tempat-tempat yang kami bagikan satu-persatu. Tak perlu mengeluarkan kocek yang bisa menguras kantong, anda sudah bisa menikmati tempat wisata yang bisa memuaskan kebutuhan rohani anda. Terakhir, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau pasangan dengan berfoto selfie ria.

sisil angelin

View Comments

  • Numpang Share ya,..

    Villa Bukit PInus, adalah salah satu referensi tempat seminar, retreat, meeting, outing, outbound, paintball, family gathering, dll
    Fasilitas lengkap, kolam renang, playground anak, lapangan futsal, volley, basket, tenis meja, bilyard, pemancinganpun ada, udara yang masih sejuk, akses jalan menuju lokasi lencar, kapasitas bisa 200 orang lebih,..
    di jamin seru deh liburan di tempat kami,..

  • Artikel yang bagus gan, di tunggu reviews khusus wisata bahari Bangka Belitung yang khusus wisata pulau nya

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago