Kuliner

7 Kota di Eropa Tawarkan Beer Terbaik di Dunia, Asyik Buat Pesta!

Bir merupakan salah satu minuman yang banyak digemari orang karena memiliki kadar alkohol yang ringan. Dari sekian banyak jenis minuman beralkohol, bir termasuk yang paling populer di dunia. Hal ini yang membuat bir semakin berkembang pesat dengan berbagai macam merk. Tak heran jika di Jerman terdapat festival bir tahunan yang terbesar di dunia, yaitu Oktoberfest. Tak hanya di Jerman, ternyata beberapa kota di Eropa juga dikenal menjadi penghasil beer terbaik di Eropa. Berikut ini daftarnya.

Bir adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang dibuat dengan campuran malt dan hop serta bahan tambahan lainnya. Minuman ini biasanya mengandung alkohom sekitar 3,8% dengan kisaran antara 3% hingga 7%. Proses pembuatan bir disebut dengan Brewing. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya, maka karakteristik bir seperti rasa dan warnanya berbeda tiap jenisnya.

Bir dikenal sebagai salah satu minuman tertua yang dibuat oleh manusia karena telah ada sejak tahun 5000 sebelum masehi dan tercatat dalam sejarah Mesir Kuno dan Mesopotamia. Namun, seiring berjalannya waktu karakter bir telah berubah secara drastic sepanjang ribuan tahun. Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 20.000 merk bir yang diolah dalam bermacam rasa.

Meskipun secara umum bir adalah minuman yang mengandung alkohol, namun ada beberapa variasi dari dunia Barat yang dalam proses pengolahannya membuang hampir membuang seluruh kadar alkoholnya dan menjadi bir tanpa alkohol.

Industri pembuatan bir adalah industry global yang sangat besar dan sekarang banyak dikuasai oleh konglomerat. Di Eropa sendiri, ada banyak pabrik bir dengan merk yang cukup terkenal. Sehingga Anda yang gemar mencicipi minuman ini wajib berkunjung ke kota-kota penghasil beer terbaik di Eropa ini.

Kota Eropa Beer terbaik

1. Munich (Jerman)

hecktictravels.com

Kota penghasil beer terbaik di Eropa yang pertama adalah Munich. Munich juga bisa jadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi Anda pecinta beer, karena di tempat inilah festival beer Oktoberfest digelar. Festival ini menjadi agenda tahunan yang menarik perhatian lebih dari 6 juta wisatawan dari seluruh dunia.

Setiap tahunnya, Festival Oktoberfest menawarkan berbagai varian bir yang sangat terbatas, hanya terdiri dari enam bir lokal Bavaria, seperti Augustiner, Hacker-Pschorr, Hofrau, Lowenbrau, Paulaner dan Spaten. Bir-bir tersebut tidaklah sembarang, karena selain terkenal di Jerman , bir-bir ini terkenal di seluruh dunia.

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

Jelajahi 4 Destinasi Wisata Ubud Gratis Hanya Dengan Jalan Kaki

2. Praha (Republik Ceko)

prague-stay.com

Ibu kota dari Republik Ceko ini juga dikenal sebagai salah satu kota penghasil beer terbaik di Eropa. Hal ini dikarenakan warga Praha memiliki tingkat tertinggi dalam meminum bir bahkan lebih tinggi dibandingkan Jerman. Kota Praha juga memiliki banyak pub yang menyajikan lebih dari 30 jenis merk bir lokal yang lezat.

Jika Anda berencana mengunjungi Praha, Anda bisa berkunjung di bulan Mei karena ada acara Festival Bir Ceko. Festival ini berlangsung selama 17 hari dimana Anda bisa menikmati lebih dari 70 jenis bir. Anda yang pecinta bir tentunya tidak boleh melewatkan acara meriah yang satu ini.

3. Dublin (Irlandia)

allaboutbeer.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Kota Dublin adalah rumah dari beberapa merk bir ternama dan salah satu yang paling terkenal adalah merk Guinness. Merk bir ini dibuat oleh Arthur Guinness sejak tahun 1759 dan merupakan salah satu merk bir tertua di Irlandia.

Sejak kemunculan Guinness, kota Dublin kemudian menjadi symbol pusat bir di dunia dan menjadi salah satu kota penghasil beer di Eropa yang cukup terkenal. Guinness merupakan bir jenis Irih Stout atau Dry Stout. Bir ini terbuat dari air, malt, barley, hops dan ragi. Barley kemudian dipanggang untuk memerikan warna gelap dan aroma yang khas.

Meskipun Guinness menjadi merk bir yang paling sering disajikan di setiap bar di Dublin, tapi kota ini juga masih memiliki segudang merk bir lainnya yang tak kalah terkenal.

4. Amsterdam (Belanda)

beergembira.com

Bila Anda berencana liburan ke Belanda dan ingin mencicipi bir paling enak, Anda wajib berkunjung ke Amsterdam. Belanda terkenal sebagai salah satu kota penghasil beer di Eropa dan salah satu merk beer yang paling dikenal adalah Heineken. Heineken merupakan bir dengan kadar alkohol 5% dan cukup terkenal di Indonesia.

Heineken ini dibuat pertama kali oleh Gerrard Heineken di tahun 1864 dan sekarang telah memiliki pabrk yang tersebar lebih dari 70 negara. Bir ini masuk ke Indonesia di tahun 1929 saat colonial Belanda menjajah Indonesia dan di beri nama Java Bier.

5. Brussel (Belgia)

belgiansmaak.com

Brussel di Belgia memang sudah lama menjadi kota penghasil beer terbaik di Eropa. Sejak abad pertengahan, Belgia dan ibukotanya memang menjadi tempat bagi eksperimental bir. Dengan menyempurnakan pengetahuan, terdapat banyak jenis bir yang dihasilkan di kota ini.

Di Belgia, bir menjadi salah satu minuman tradisional dan merambah ke agama karena banyak biara yang membuat minuman. Hingga saat ini, Brussel masih memproduksi bir dengan kualitas terbaik. Tak heran, jika wisatawan banyak yang berdatangan ke kota ini untuk mencicipi bir merk lokal mereka yang rasanya unik.

6. Reykjavik (Islandia)

youtube.com

Reykjavik merupakan salah satu kota penghasil beer terbaik di Eropa. Kota ini berada di Islandia dan ternyata memiliki segudang pabrik bir yang cukup terkenal. Bir-bir ini bisa Anda cicipi di berbagai bar yang tersebar di penjuru kota.

Beberapa merk bir yang cukup terkenal di Islandia dan wajib Anda cicipi antara lain Einstok Pale Ale, Einstok White Ale, Borg Brugghus Porter dan Borg Brugghus Baltic. Kedua merk bir ini adalah yang paling terkenal dan bisa Anda temui di banyak bar di Reykjavik.

7. Strasbourg (Perancis)

cyclorama-strasbourg.com

Perancis memang dikenal sebagai negara mode yang juga menjadi kiblat pusat mode di dunia. Tapi siapa sangka kalau Perancis juga memiliki sebuah kota penghasil beer terbaik di Eropa?

Kota ini beranama Strasbourg yang berada wilayah Alsace-Lorraine, sebelah tenggara Perancis yang berbatasan dengan Jerman. Strasbourg merupakan sebuah kota unik dimana budaya Perancis dan Jerman bertemu. Bagi Anda yang suka minum bir, mengunjungi kota ini adalah sebuah kewajiban karena Anda bisa menemukan banyak bar yang menyajikan bir asal Belgia dan Jerman.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus mencicipi beer, pastikan Anda berkunjung ke 7 kota penghasil beer terbaik di Eropa ini ya.

Reni

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago