Wisata

7 Lembah di Sumatera Keindahannya Tenangkan Jiwa

Sumatera dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Karena memiliki banyak tempat wisata, tidak heran jika kawasan pulau ini banyak didatangi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur.Tempat wisata alam menjadi pilihan tepat yang bisa kamu kunjungi. Salah satu rekomendasi tempat wisata alam yang dapat kamu jumpai di kawasan Pulau Sumatera adalah lembah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah 7 lembah di Sumatera yang dikenal menawarkan panorama cantik dan menakjubkan.

7 Lembah di Sumatera :

1. Lembah Ngarai Sianok

winnetnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Lembah Ngarai Sianok? Lembah Ngarai Sianok merupakan salah satu lembah di Sumatera yang cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Kamu dapat mengunjungi Lembah Ngarai Sianok yang letaknya berada di kawasan kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lembah yang satu ini juga dikenal dengan bentuknya yang unik yakni berkelok dengan perbukitan atau tebing di bagian sampingnya. Kamu akan dimanjakan bukit yang menjulang tinggi mencapai 100 meter dengan panjang kurang lebih 15 kilometer. Sementara lebar bukit yang ada mencapai 200 meter. Lembah Ngarai Sianok juga dikenal lebih besar dari lembah lainnya.

Selain indahnya pemandangan, pengunjung juga akan dibuat nyaman dengan sejuknya suasana yang ditawarkan. Kawasan yang satu ini juga memiliki banyak spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata berupa lembah di Sumatera, tidak ada salahnya bagi kamu untuk datang ke Lembah Ngarai Sianok.

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Lembah Anai

cnnindonesia.com

Lembah yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Anai juga sudah cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

memiliki beberapa sebutan yang disematkan oleh warga sekitar seperti Anai Tajun dan Anai Mancua. Lembah yang satu ini juga menjadi saksi bisu agresi Militer Belanda II. Dulunya Lembah Anai digunakan sebagai basis perlawanan oleh para pejuang Republik Indonesia. Kini kawasan lembah ini menawarkan pemandangan yang masih sangat asri dan alami. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan udara yang sangat sejuk saat melewati kawasan Lembah Anai.

Tidak sedikit pengunjung yang memutuskan untuk mampir dan beristirahat sejenak di kawasan Lembah Anai sebelum melanjutkan perjalanan. Hal itu dikarenakan kawasan jalur Lembah Anai memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Pengunjung dapat menenangkan diri atau melepas penat saat berwisata di kawasan Lembah Anai. Tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata lembah di Sumatera yang satu ini?

3. Lembah Harau

padangkita.com

Tidak kalah menarik dengan lembah lainnya, Lembah Harau juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata lembah di Sumatera yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lembah yang satu ini berlokasi di daerah Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Lembah yang satu ini tampak sangat menakjubkan karena dikelilingi oleh tebing dengan tinggi mencapai 150 meter. Kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat wisata lainnya saat datang ke Lembah Harau diantaranya Bukit Singkarak, Bukit Tarantang, Bukit Jambu, hingga Bukit Air Putih.

Karena keindahan alam yang ditawarkan, tidak heran jika kini Lembah Harau menjadi destinasi favorit pengunjung untuk menghabiskan waktu berlibur. Pengunjung dapat bersantai maupun berfoto-foto dengan latar pemandangan lembah yang indah. Tertarik untuk datang dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan di Lembah Harau saat berkunjung ke Sumatera?

4. Lembah Suoh

madani-news.com

Rekomendasi tempat wisata berupa lembah berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Lembah Suoh. Kamu dapat datang ke lembah ini yang berlokasi di daerah Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat.

Saat datang ke lembah Suoh, kamu akan dimanjakan dengan hamparan penghijauan serta perairan yang luas. Pengunjung akan dibuat nyaman dengan indahnya pemandangan sekaligus sejuknya suasana yang ditawarkan. Lembah Suoh di juga dikenal sangat berpotensi untuk dijadikan Geopark Nasional dengan tujuan memberi pengaruh konservasi serta edukasi.

Bagi pecinta foto, tempat wisata alam yang satu ini sangat cocok dikunjungi karena menawarkan latar pemandangan yang indah. Saat ingin datang ke salah satu tempat wisata berupa lembah di Sumatera, lembah Suoh tentu menjadi pilihan tepat dan sayang untuk kamu lewatkan.

5. Lembah Seulawah

gridoto.com

Lembah Seulawah dikenal sebagai salah satu wisata lembah yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Lembah yang satu ini terletak di kecamatan Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Kawasan yang satu ini merupakan pemukiman yang banyak didatangi oleh wisatawan karena keindahannya.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya suasana di kawasan Lembah Seulawah. Tempat wisata lembah yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Pengunjung akan dibuat nyaman dengan pemandangan indah yang sangat memanjakan mata. Menarik sekali bukan?

6. Lembah Masurai

mongabay.co.id

Lembah Masurai juga menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Lembah yang satu ini terletak di kawasan Kecamatan Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Saat mengunjungi lembah yang satu ini, pengunjung akan dibuat betah dan enggan pulang karena menawarkan suasana yang sangat sejuk dan asri. Lebah ini juga menawarkan indahnya pemandangan alam serta memiliki banyak spot menarik untuk berfoto. Karena keindahannya, tidak heran jika Lembah Masurai banyak dipilih oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Tertarik untuk mengunjungi lembah yang satu ini?

7. Lembah Asahan

travel.detik.com

Rekomendasi wisata berupa lembah di Sumatera yang menarik untuk dikunjungi adalah Lembah Asahan. Sesuai dengan namanya, lembah ini terletak di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Saat mengunjungi kawasan Lembah Asahan, kamu akan dimanjakan dengan indahnya hamparan penghijauan serta perairan yang luas. Di kawasan ini juga terdapat tebing-tebing dengan tinggi mencapai 200 meter.

Lembah Asahan banyak dipilih oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Karena indahnya pemandangan sekaligus suasananya yang sejuk, maka tidak heran jika Lembah Asahan menjadi salah satu destinasi wisata lembah di Sumatera yang menarik untuk didatangi.

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata lembah di Sumatera yang populer dan bisa kamu kunjungi. Berbagai pilihan destinasi wisata berupa lembah tersebut sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin merasakan suasana tenang atau melepas penat. Dari daftar rekomendasi tersebut, lembah manakah yang tampak paling menakjubkan dan ingin kamu kunjungi?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

5 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

5 months ago