Kuliner

10 Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara Yang Lezat!

Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner yang sangat beragam dan menarik untuk dicoba. Tenggarong merupakan salah satu daerah di Kalimantan Timur yang dikenal menawarkan berbagai kuliner atau makanan lezat yang menarik untuk dicoba. Anda dapat mencoba berbagai pilihan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tidak perlu bingung, berikut daftar 10 rekomendasi makanan khas Tenggarong yang populer dan sayang untuk dilewatkan.

10 Makanan Khas Tenggarong :

1. Iwak Rabut Tenggarong

celebes.co

Salah satu makanan khas Tenggarong yang sayang untuk tidak dicoba adalah Iwak Rabut Tenggarong. Makanan yang satu ini memiliki tampilan serbuk dengan warna kecoklatan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan khas.

Iwak Rabut Tenggarong dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan haruan atau ikan gabus. Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memang hampir sama dengan abon tetapi yang membedakan adalah jenis bahan utama yang digunakan. Selain cocok untuk dinikmati langsung, makanan yang satu ini juga cocok dipilih sebagai lauk untuk dimakan bersama dengan nasi hangat. Cita rasa yang gurih serta tekstur yang khas menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya. Anda dapat membeli makanan yang satu ini dengan harga per kilogram sekitar Rp 150.000,-.

Pecel Punten & Pecel Tumpang Bu Marni Kuliner Khas Blitar Yang Wajib Dicicipi Saat Berlibur Ke Kota Blitar

Depot Kwan Mie Keiting & Kwetiau Medan

2. Gance Haruan Tenggarong

gulungjenebora.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Tenggarong yang bisa Anda coba, salah satunya adalah gance haruan Tenggarong. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan utama ikan haruan atau ikan gabus.

Ikan yang telah dibersihkan diolah dengan tambahan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Tidak hanya itu, makanan yang satu ini juga memiliki tampilan dan aroma yang sangat menggugah selera. Olahan makanan yang satu ini cukup sulit dijumpai di luar Tenggarong sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk mencobanya saat datang ke daerah Tenggarong.

3. Kerupuk Amplang

bukalapak.com

Kerupuk amplang dikenal sebagai salah satu makanan khas Tenggarong yang populer dan sayang untuk tidak dicoba. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke Tenggarong, makanan yang satu ini juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kerupuk amplang dikenal menawarkan cita rasa gurih dan lezat karena dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan. Ikan yang digunakan antara lain ikan tenggiri, ikan belida, dan juga ikan gabus. Kerupuk kemplang biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat dijumpai dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong. Meskipun menawarkan harga yang sedikit mahal jika dibandingkan kerupuk lainnya, cita rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi.

4. Nasi Bekepor

cookpad.com

Nasi Bekepor menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Tenggarong yang menarik untuk dicoba. Makanan yang satu ini dikenal cukup unik dan kerap disebut nasi liwetnya orang Kalimantan.

Makanan yang satu ini menawarkan tampilan dan aroma yang sangat menggugah selera. Nasi yang sudah dimasak dengan rempah dan bumbu khusus membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Menikmati yang satu ini sangat cocok jika dipadukan dengan sambal Kutai atau sambal raja. Selain itu, adanya tambahan udang galah goreng dan gangan asam jukut patin/ salai / haruan sangat lezat untuk dinikmati.

5. Roti Pisang

cookandrecipe.com

Roti pisang menjadi salah satu makanan khas Tenggarong yang menarik untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah pisang.

Roti yang satu ini memiliki bentuk khas yakni bulat menyerupai martabak manis dan bingka. Roti pisang sangat cocok dinikmati khususnya bagi Anda pecinta makanan manis. Menikmati roti pisang saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba. Saat berkunjung ke Tenggarong, tidak ada salahnya untuk menikmati lezatnya makanan yang satu ini.

6. Buras Berendam

matakota.id

Pernah mendengar sebutan nama makanan buras berendam? Buras benda merupakan salah satu makanan khas Tenggarong yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, yang satu ini adalah nasi yang disajikan terendam bersama kuah ikan haruan.

Bahan dasar pembuatan buras adalah menggunakan nasi yang dibalur dengan santan masak dan dibungkus dengan daun pisang. Kuah dengan aroma ikan haruan yang sedap tentu sayang untuk dilewatkan. Meskipun tergolong menu sederhana, tetapi anda akan dibuat ketagihan setelah mencobanya.

7. Udang Galah Goreng

ruhi-resep.web.app

Salah satu makanan khas Tenggarong yang dikenal menawarkan cita rasa lezat adalah udang galah goreng. Udang yang satu ini dikenal memiliki ukuran besar dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Karena diolah dengan cara digoreng, Anda dapat menikmati kulit udang yang kering dan renyah. Kulit udang dikenal memiliki manfaat salah satunya dapat menangkal kolesterol pada daging udang. Tidak hanya renyah diluar dan lembut di dalam, makanan yang satu ini juga menawarkan cita rasa gurih dan lezat. Anda dapat memakannya langsung maupun dipilih sebagai lauk dan dinikmati bersama nasi hangat.

8. Pepes Kepiting Soka Cangkang Lunak

ypscontentwriter.com

Salah satu makanan khas Tenggarong yang sangat menarik untuk dicoba adalah pepes kepiting soka cangkang lunak. Minta dari namanya saja sudah cukup menggiurkan bukan. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki tampilan seperti pepes pada umumnya yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Kepiting soka cangkang lunak menjadi isian lezat yang digunakan pada makanan yang satu ini. Adanya berbagai bumbu rempah yang digunakan tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencoba makanan yang satu ini. Tidak hanya lezat, pepes kepiting soka cangkang lunak juga dikenal memiliki gizi tinggi. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai lauk dan dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Tertarik untuk mencobanya?

9. Ayam Cincane

merahputih.com

Diantara banyaknya makanan khas Tenggarong yang bisa Anda coba, ayam cincane menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam kampung.

Daging ayam kampung kemudian ditambah dengan dengan bumbu rempah dan diolah dengan cara dibakar di atas bara. Bumbu yang menyatu dan meresap menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat pada daging ayam. Menu makanan yang satu ini juga kerap disajikan pada acara-acara spesial.

10. Rojak Singkil

budaya-indonesia.org

Salah satu makanan khas Tenggarong yang cukup unik dan menarik untuk dicoba adalah rojak singkil. Menu yang satu ini memiliki isian daun singkil muda dan ikan haruan serta berkuah santan.

Daun Singkil terlebih dahulu direbus dan dibumbui dengan cabai, bawang merah, serai, tomat, dan berbagai rempah lainnya. Setelah itu, daun kemudian dimasak bersama dengan santan dan ikan haruan. Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan gurih. Meskipun beraroma ikan tetapi tidak amis.

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

5 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

5 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

5 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

5 months ago