Mendaki Gunung Argapura yang Misterius

gunung argapura

redjo | Sightseeing
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
11 Jan 2017


Mendaki Gunung Argapura yang Misterius
Kali ini saya dan tim akan mengunjungi salahsatu gunung yang udah terkenal dan banyak yang tau. Yap, Gunung Argapura merupakan salahsatu gunung yang udah gak asing lagi bagi pencinta gunung!

How to Get There

Perjalanan yang harus ditempuh dari Kota Probolinggo menuju ke Gunung Argopuro sekitar 3 jam perjalanan. Meskipun begitu, kalian gak akan bosen sama perjalanan yang bisa dibilang lumayan lama. Sebelum memutuskan untuk mendaki, kamipun terlebih dahulu mengumpulkan tenaga dan makan di daerah Probolinggo tentunya. Karena semua dari kami udah gak sabar buat meniki gunung yang satu ini, alhasil langsung aja deh ya tanpa banyak mikir hihihi. Karena persiapan juga udah siap semua, kamipun berdoa dan memulai pendakian.

What to Do

Pada hari Sabtu, saya dan temen-temen memutuskan untuk berkunjung ke kota Probolinggo, rencananya sih jalan-jelen dan mendaki tentunya. Setelah puas jalan-jalan menikmati suasana yang ada di Probolinggo, kami jadi pengen berkunjung ke satu tempat yang bernama “Gunung Argapura”. Tepat banget sama persiapan yang udah kami bawa untuk mendaki, dan nemu gunung yang pas rasanya mantap banget. Gunung ini merupakan salah satu puncak tertinggi yaitu sekitar (3.088 mdpl) dan termasuk di dalam deretan pegunungan Hyang. Kalo para pendaki gunung yang tinggal di Pulau Jawa tentu udah pernah mendaki gunung yang satu ini ya. Sepertinya cukup melelahkan untuk tiba di puncak Gunung Argapura, tapi gimana ya? liat aja yuk!

Yang membuat kami penasaran sih, kata nya Gunung Argopuro ini terkenal sangat angker, gunung ini menyimpan misteri legenda Dewi Rengganis yang telah hilang bersama dayang-dayangnya dan Dewi Regganis ini memiliki karakter yang tidak suka di ganggu, Pendaki biasanya yang suka jahil atau mengusik ketenangan nya biasanya akan kesurupan bahkan sampai kesasar di area ini.

Sedangkan dayang-dayang yang ada di sini juga sering meminta tolong kepada pengunjung dan ada juga dayang-dayang suka sekali menggoda para pendaki pria dengan ngajak kencan, sehingga pendaki yang di goda senang dan tidak ingin meninggalkan Gunung Argopura. Dan di tempat ini juga tak jarang penjiarah datang untuk meminta Keris Pusaka dari Dewi Rengganis dan di beri Dewi Rengganis.

Uniknya lagi di sini terdapat taman yang gaib dan tidak semua pendaki bisa melihat Taman yang bernama “Taman Rengganis”. Jika pendaki pernah melihat taman yang gaib itu, ia akan melihat keindahan taman yang di penuhi dengan bunga-bunga dan buah, Dan jangan memetik maupun mengambil tanaman yang ada di Taman Rengganis, karena pendaki yang mengambil tanaman disini tidak akan dapat keluar dari taman yang gaib ini. Sadis

Setelah kami tau asal-usul sekilas tentang Gunung Argopura,buat gue jadi penasaran dengan tempat ini, bener gak angker… Tapi kalo ke sana sih jangan coba-coba untuk memetik atau memindahkan apa yang ada di area itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kan serem juga kalo gak bisa baliksealed

Tanpa menunggu lama lansung ke Gunung Argopura sama temen-temen. Waktu itu kami memasuki hutan lumut, kami melihat tumbuhan herbal serta rumput-rumput yang indah, tumbuh dengan sempurna. Waktu itu gue agak sedikit takut sih karena waktu itu kami melalui rute lereng bukit dan melintasi jurang yang curam…perjalanan masuk ke hutan ini kita tempuh sekitar 1 jam huh… Lelah sihh tapi tetep semangat….laughing

Setelah masuk ke hutan kami sampai di lereng yang memiliki batu-batu besar dan disini juga terdapat banyak sekali pohon tumbang yang di sebabkan oleh kebakaran hutan. Setelah melintasi 3 Sungai kering dengan rute yang turun naik kami tempuh 30 menit perjalanan.

Setelah perjalanan yang cukup panjang tadi sampai lah kami di lereng bukit yang di tumbuhi rumput-rumput tinggi. Kami melintasi Rerumputan yang tinggi ini sekitar 30 menit. Setelah itu Gue ketemu nih ama sungai yang kecil airnya jernih disini kami bisa mendirikan tenda sambil beristirahat sejenak capek lohh…. 2 jam jalan terus…

Setelah beristirahat 1 jam kita melanjutkan perjalanan dengan, melintasi hutan cemara yang banyak ditumbuhi rumput-rumput yang tinggi, 1 jam selanjutnya akan tiba di padang rumput gimbal, rumput di sini berbentuk keriting dan tumbuh secara bergerombol. Perjalanan memutar mengelilingi puncak gunung dengan menyusuri padang rumput gimbal. Selanjutnya akan sampai di Sicentor. Di Sicentor area ini udaranya sejuk terus enak banget di hirup udaranya kan belum kena polusi, udara yang segar itu membuat kami tambah semangat untuk mendaki lagi.

Langsung lanjut melintasi padang rumput sekitar 1 jam dan kami mejumpai sungai yang kering. Di perjalanan itu kami melihat Padang edelweis yang indah banget. Satu jam kemudia kami sampai di Rawa Embik.

Dari Sicentor perjalanan mendaki bukit melintasi padang rumput dan padang edelweiss, sekitar 1 jam perjalanan akan berjumpa dengan sungai yang kering. Setelah menyeberangi dua buah sungai kering kembali melintasi padang rumput dan padang edelweis yang sangat indah. 1 jam berikutnya akan tiba di Rawa Embik, yaitu lapangan yang terbuka luas dan anginnya di sini juga cukup kencang.

Untuk sampai ke Puncak membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dengan rute yang berbelok-belok, turun-naik, dan disini terdapat pohon yang tumbang, berhati-hati lah saat melewati ini karena saat angin tertiup akan menghantam pohon-pohon yang ada di situ karena kebanyakan pohon di situ rapuh. Dan kondisi tanah disini juga gembur berdebu juga rawan longsor jadi hati-hati ya guys. Mendaki bukit yang terjal, kita akan berjumpa dengan padang rumput dan padang edelweis yang sangat indah. Di depan kita nampak puncak Rengganis yang berwarna keputihan, terdiri dari batu kapur dan belerang.

Puncak Gunung Argopuro ini merupakan Kawah yang sudah mati, tetapi bau belerang disni masih tercium. Puncak ini berbentuk punden berundak semacam tempat pemujaan, punden paling bawah selebar lapangan bola di sini banyak terdapat batu-batu berserakan. Ke atas lagi selebar sekitar 10 x 10 meter, ke atas lebih kecil lagi. Selanjutnya kita akan melintasi bekas kawah yang banyak terdapat batu-batu kapur berwarna putih dan bau belerang. Pada puncak tertinggi terdapat susunan batu yang diyakini sebagai petilasan Dewi Rengganis.

Keindahan yang ada di puncak ini sangat luar biasa. Gak sia-sia kami mendaki berjam-jam tetapi terbayar lah pendakian kita dengan pemandangan yang ada di Puncak Gunung Argopura.

Yang hobi mendaki, Puncak Argopuro bisa menjadi tujuan mendaki kalian selanjutnya nih!

Tips and Trick
  1. Gunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki.
  2. Bawa air minum karena saat mendaki, sangat lah Lelah dan haus jadi bawa air kalo gak kekeringan lah saat berada di sana guys.
  3. Bawa masker dan perlengkapan mendaki.
  4. Pastinya bawa kamera dong buat foto-foto keindahan yang ada di Gunung ini.
  5. Jangan buang sampah sembarangan ya, Jagalah bumi ini untuk anak dan cucu kita… Asek...
  6.  

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY