Cantiknya Sunset Pantai Melawai

pantai melawai

redjo | Sightseeing
balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia | Beach Exploring
04 Jan 2017


Cantiknya Sunset Pantai Melawai
Balikpapan, sejuta tempat wisata dan kekayaan ada di dalamnya. Salahsatu yang indah di Balikpapan adalah Pantai Melawai. Tentunya warga sini udah gak asing lagi sama nama pantai yang satu ini.

How to Get There

Perjalanan saya kali ini ke“Pantai Melawai”yang terletak Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai yang satu ini sangat mudah untuk di tempuh karenaPantai Melawai ini berjarak sekitar 25,6 km dari kota Balikpapan dan memakan waktu sekitar 55 menit perjalanan untuk sampai di lokasi Pantai Melawai. Lokasinya yang berdekatan dengan Pelabuhan Semayang juga memudahkan pengunjung untuk berlibur di Pantai Melawai yang indah ini. Udah gak sabar banget untuk sampai di tempat wisata yang terkenal keren ini. 

Karena kami berangkat dari Banjarmasin, perjalanan yang kami tempuh emang terhitung cukup lama. Meski begitu, kami tak bosan menikmati perjalanan yang terhitung lama itu lhoo. Dari Kota Banjarmasin menuju ke Melawai, perjalanan yang dibutuhkan sekitar 12 hingga 13 jam perjalanan. Cukup lama emang, tapi rasanya akan hilang lelah kalo udah tiba di Pantai Melawai yang indah ini. Jaraknya juga tak main main, sekitar 511 kilometer, weh, niat banget ya liburan dengan jarak tempuh sejauh ini menggunakan mobil, tapi canda tawa dan gurauan diperjalanan bersama keluarga bikin kalian lupa sama jarak dan waktu tempuhnya yang cukup lama hehehe. 

What to Do

Kalimantan, pulau dimana saya dilahirkan ini memang sangat istimewa tidak kulinernya saja yang enak dan beragam, tetapi wisatanya juga indah banget, tak heran sih kalo saya selalu jatuh hati sama pulau kalimantan, terlebih sama pantai yang satu ini. 

Singkat cerita, waktu liburan panjang saya iseng mau ajak temen-temen buat travelling ke Luar kota saya bosen juga kan di dalam kota Banjarmasin terus, akhirnya saya cari info pantai apa ya yang ada di luar kota Banjarmasin? Yang bagus? nah Akhirnya saya liat tuhh di google pantai di Kalimantan Timur, Nama pantai itu “Pantai Melawai”,tertariklah saya dan teman-teman saya untuk mengunjungi pantai tersebut, tanpa menunggu lama kami merencanakan semuanya. Akhirnya berangkat juga deh.

Di perjalanan pun kami tetap melakukan hal yang tentunya asik dan tak membosankan, seperti bercanda, menyanyikan musik bersama, dan masih banyak lagi. Jangan lupa siapkan playlist musik yang asik kalo traveling jauh gini hehe. 

Perjalanan yang cukup lama akhirnya terbayar setelah tiba di Pantai Melawai. Rasanya puas banget dan lelah bisa hilang begitu saja. Hal pertama yang bikin saya seneng adalah, melihat pantai ini saja pikiran udah fresh. Yap, Pantai Melawai memang terkenal dengan pantai yang cukup terjaga kebersihannya. Selain itu, masyarakat sekitar pantai inipun ramah menyambut datangnya berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalo ditanya ada turis nggak sih di Pantai Melawai ini? Ada dong tentunya!

Yang mengunjungi pantai ini juga sangat beragam, muali dari anak dan orang tuanya, segerombolan keluarga besar, muda mudi yang berpacara, hingga banyak komunitas atau sekolah yang mengadakan study tour ke Pantai Melawai ini. 

Budaya di sekitar Pantai Melawai juga cukup kental. Udara dan suasana khas Balikpapan bisa kalian dapatkan di pantai ini. Hamparan luautnya yang luas, air yang diperindah dengan adanya kapal yang ada di pesisir maupun di tengah laut membuat saya kagum dan asli rasanya seneng banget!

Sesekali, tak lupa sayapun mengabadikan gambar bersama orang terdekat. "Hmm, kalo indahnya kayak gini sih tak heran kalo pengunjungnya selalu full" dalam hati sampek berkata gitu hehe.

Di area Pantai Melawai, pengunjung bisa menyaksikan keramaian lalu lintas yang melintas di Jalan Jendral Sudirman, kantor, gedung, hotel, dan perusahaan tambang, terdapat berbagai bengunan yang memeperindah Pantai Melaai tentunya. 

Selain itu, yang terkenal dari Pantai Melawai adalah indahnya sunset dan sunrise yang paling diburu oleh pengunjung di pantai ini. Nah kali ini sayapun penasaran nih gimana sih indahnya pemandangan sunset dan sunrise disini kok terkenal buuanget gitu. 

Lagi-lagi udara dan suansa Balikpapan bikin saya gak mau pulang wkwk. 

Fasilitas yang ada di Pantai Melawai cukup lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, warung makan, hingga masih banyak lagi hal yang bisa anda nikmati bareng keluarga di Pantai Melawai ini.

Selain sunset dan sunrise disini saya menyaksikan pulau kecil yang di beri nama“Pulau Tukung/Pulau Babi”nama yang cukup aneh ya? Saya tanya sama masyarakat sekitar kenapa sih di kasih nama Pulau babi?Karena disini terdapat banyak sekali binatang Bulu Babi. Dan yang harus anda tauPulau Babiini bisa di jumpai saat Air sedang surut baru bisa mencapai Pulau ini dengan berjalan kaki.

Fasilitas area Pantai Melawai cukup lengkap diantaranya, Hotel, Tempat Karoke, tempat parkir, arena olahraga, Bank, Rumah Sakit, dan fasilitas umum seperti Toilet dan Mushola.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk masuk ke Area Pantai Melawai ini cukup murah. Eh gak murah lagi sih, karena untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS TIS. Wah, kalo bicara soal pemandangan emang gak pernah bohong deh si Pantai Melawai ini..

Kalo kalian bingung cari tempat wisata di Balikpapan, Pulau Melawai bisa menjadi tujun Anda bersama keluarga nih..

Tips and Trick
  1. Jaga dan lestarikan alam sekitar pantai ini
  2. Bawalah alat dokumentasi tentunyaa..
  3. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, saat anda berpaparan dengan sinar matahari anda akan mudah Dehidrasi.
  4. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  5. Jika anda membawa anak kecil maka jangan jauhkan dari pengawasan anda.
  6. Jagalah kebersihan yang ada disini jangan buang sampah sembarangan.
  7.  

    Disini saya ada video mengenai “Pantai Melawai” yang membuat anda penasaran dengan Pantai ini dan harus anda kunjungi, Anda penasaran???

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY