hennysusanti | Tourist
Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Historical Places
27 May 2019


Museum Negeri Nusa Tenggara Barat: Selain Pantai, Yuk Berwisata Edukasi di Lombok!
Tak hanya punya wisata alam, Lombok juga punya wisata museum yang keren

How to Get There

Kalo biasanya main ke Lombok itu traveler pada pengen pergi ke wisata alamnya seperti pantai ataupun gunung. Kali ini aku mau share nih soal wisata sejarah di Lombok yang jarang banget diketahui traveler dari luar Lombok, padahal tempat ini cukup menarik buat dikunjungi. Wisata ini adalah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat.

Emang sih, buat sebagian orang pergi ke museum itu ngebosenin. Tapi menurut aku, penting banget buat pergi ke suatu tempat dan tahu sejarahnya. Nah, untuk tahu sejarahnya caranya dengan mengunjungi museum yang ada disana. 

Museum ini berada di tengah kota Mataram, Lombok tepatnya di Jalan Panji Tilar Negara no 6. gampang banget kok buat kesini guys soalnya ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan. Atau kalian bisa langsung order ojek online kalo takut nyasar.

What to Do

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini menyimpan koleksi lebih dari 7000 buah benda-benda bersejarah. Museum ini merupakan satu-satunya museum terlengkap yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat dan dibangun pad atahun 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr Daoed Joesoef. Harga tiket masuk yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu cuma Rp 2.000 per orangnya. Harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan.

museum negeri nusa tenggara barat

Pada bagian depan museum, ada seekor buaya yang diawetkan. Buaya ini berasal dari wilayah Dompu, Sumbawa, yang punya panjang 4 meter dan lebar 1 meter. Gede banget guys untuk ukuran buaya muara. Saat hidup, buaya ini sempat menggegerkan warga Dompu karena pernah memangsa warga setempat hingga akhirnya buaya tersebut ditangkap, diawetkan dan diserahkan ke museum pada tahun 2010. Ngeri juga ya guys!

museum negeri nusa tenggara barat

Di dalam gedung pertama, kalian bisa melihat miniatur Pulau Lombok dan Sumbawa yang dibuat dengan detail sehingga kalian bisa melihat dengan jelas keadaan geografi Pulau Lombok dan Sumbawa ini. Di sisi utara ruangan, ada informasi tentang beberapa spesies flora dan fauna di kedua pulau tersebut yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah. 

museum negeri nusa tenggara barat

Lalu, di gedung kedua yang ukurannya lebih besar daripada Gedung pertama tadi isinya lebih menarik guys. Saat memasuki gedung ini, kalian akan disambut dengan beberapa pasang pengantin yang memakai pakaian tradisional dari beberapa suku, ada Suku Sasak, Sumbawa, Bima dan Bali. Disebelah pengantin Bali, ada kuda-kudaan atau Jaran Kumput. Jaran Kumput ini biasanya dinaiki oleh seorang anak yang telah disunay dan diarak keliling desa.

museum negeri nusa tenggara barat
wisata nusa tenggara barat

Di gedung ini juga kalian bisa melihat alat tenun tradisional yang biasa dipake di Pulau Lombok dan Bima. Alat tenun seperti ini masih digunakan di beberapa desa di Lombok. Disamping alat tenun, kalian bisa melihat hasil tenunan dengan motif khas Suku Sasak dan Suku Bima.

wisata nusa tenggara barat

Di sebelah utara ruangan ini, ada berbagai jenis porselen peninggalan bangsa Cina dari abad ke 10-14. Selain itu juga ada alat musik tradisional, peralatan ibadah umat Hindu dan Islam, topeng, patung-patung dewa dalam ajaran Hindu, permainan rakyat dan berbagai perhiasan.

wisata nusa tenggara barat

Sementara di sisi selatan, kalian bisa melihat berbagai Takepan. Takepan ini adalah dokumen naskah kuno yang terbuat dari daun lontar dan kayu yang ditulis dengan menggunakan huruf Sasak dan Arab. Setiap Takepan berisi cerita yang berbeda-beda lho guys, ada yang bercerita tentang kerajaan kecil di Pulau Lombok dan ada juga yang memperdalam ajaran Islam dari Syekh Salamuddin.

wisata nusa tenggara barat

Nah, kurang lebihnya itu adalah isi dari Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini guys. Isinya yang beragam dan menarik sekali untuk diulik, apalagi buat kalian penikmat sejarah seperti aku. Museum ini sangat bersih dan nyaman, jadi kalian pasti bakal betah berlama-lama disini. So, kalo kalian main ke Lombok dan pengen upgrade pengetahuan kalian seputar pulau yang cantik ini, mampir aja ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Museum ini buka tiap hari mulai jam 08.00 - 14.00 WITA. Khusus hari Jumat museum ini buka jam 08.00 - 11.00 WITA.

Video by Aayat_Trip

Tips and Trick
  • Jaga selalu kebersihan museum ini.
  • Jangan rusak benda-benda yang ada disini.
  • Bawa kamera.
  • Ajak teman-teman kalian.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY