redjo | Sightseeing
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia | Waterfall
30 Jan 2018


Curug Cikaso
Air terjun Curug Cikaso ini menjadi salahsatu wisata yang terkenal banget di daerah Sukabumi.

How to Get There

Nah mumpung libur kerja dan gabut akhirnya aku dan beberapa temenku pengen jalan-jalan. Akhirnya kami cari-cari tempat wisata yang murah dan deket alias gak jauh-jauh amat. Karena lagi tugas di Sukabumi, jadi cari yang deket situ aja dahh. Setelah beberapa lama cari refensi, kami sepakat buat berangkat ke Curug Cikaso keesokan harinya. Oh iya bagi yang belum tau, Curug Cikaso adalah air terjun yang berlokasi di daerah Dusun Ciniti, Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. 

Perjalanan yang kami tempuh membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja. Sepanjang perjalanan, kami menikmati suasana sepanjang perjalanan serta saling melempar guyonan satu sama lain, jadi nggak terasa deh perjalnannya tau-tau dah nyampek aja haha. 

What to Do

Setibanya di area Curug Cikaso ini, kalian perlu membayar tiket masuk di loket yang ada. Nah jika kalian berkunjung dengan mengendarai mobil, kalian harus membayar tiket dengan harga 27k per mobilnya. Hemat banget bukan? Untuk parkirnya, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 6k untuk 1 kendaraan roda 4. 

curug cikaso

Air terjun Curug Cikaso ini menjadi salahsatu wisata yang terkenal banget di daerah Sukabumi ini. Nama asli dari Curug Cikaso ini adalah Curug Luhur. Nah sebutan Curug Cikaso itu lahir karena sumber mata air ini berasal dari Sungai Cikaso, penduduk jadi menyebut air terjun ini jadi Curug Cikaso. Oh iya, yang daritadi bingung arti 'curug' itu apa, artinya adalah air terjun ya. Saya juga awalnya bingung artinya aopa, ternyata artinya air terjun wkwkw.

curug cikaso

curug cikaso

Curug Cikaso ini memiliki keunikan tersendiri. Curug ini memiliki lebar sekitar 100 meter namun katinggiannya hanya sekitar 30 meter saja. Curug Cikaso ini memiliki tiga saluran air yang masing masing air terjunnya langsung ditumpahkan ke sungai yang ada dibawahnya. Keren banget dah. Kalian bisa banget nih nemuin banyak spot foto keren disini. 

curug cikaso

Nah di area air terjun ini, pengunjung bisa menyewa perahu dengan harga 60.000,- per perahunya. Satu perahu dapat muat hingga 10 orang penumpang. Kalo soal fasilitas di Curug Cikaso ini meskipun belum begitu lengkap, setidaknya udah ada toiletnya ya, jadi pengunjung gak kebingungan lagi buat buang air dan sebagainya. Curug Cikaso ini recomended banget nih buat destinasi wisata di Sukabumi!

Tips and Trick
  1. Kalian bisa membawa bekal makanan atau minuman jika berkunjung kesini
  2. Jaga kebersihan 
  3. Lebih baik dateng kesini di pagi hari, karena masih segar udaranya
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY