bozerwin | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Beach Exploring
07 Aug 2017


Pantai Siung
Wisata ini sangat populer sekali di kota Jogja dan selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan lokal maupun manca negara. Pemandangan di Pantai Siung ini sungguh sangat menakjubkan sekali guys!

How to Get There

Hallo guys, kali ini saya berada di kota Jogja. Saya akan berwisata ke suatu tempat. Tempat ini sangat terkenal dan populer sekali di kota Jogja. Nama wisatanya adalah Pantai Siung. Pantai ini terletak di dusun Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Untuk menuju ke tempat ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi kalian karena ditempat ini belum disediakan kendaraan angkutan umum. Rutenya juga tidak begitu sulit kok guys. Kondisi jalannya juga lumayan enak tidak begitu extrem. Untuk menuju ke tempat ini juga tidak begitu sulit. Dari Kota Jogja kalian bisa mengambil rute ke arah Wonosari. Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan ke arah Tepus, lalu ke Purwodadi. Setelah itu kalian akan sampai ke Pantai Siung. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam. 

 

What to Do

Berkunjung ke kota Jogja rasanya tidak lengkap jika tidak berwisata ke tempat satu ini. Wisata ini sangat populer sekali di kota Jogja dan selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan lokal maupun manca negara. Nah ini adalah kali ke tiga saya berada di Kota Jogja dan hampir semua tempat wisata di kota ini sudah saya kunjungi. Kebetulan sekali waktu itu saya mendapatkan info mengenai Pantai Siung. Pantai ini terkenal sekali akan keindahannya dan selalu ramai oleh penggunjung. Untuk memasuki tempat ini kalian tidak di kenakan biaya apapun. Kalian hanya membayar parkir sekitar Rp 2.000 saja untuk motor dan Rp. 3.000 saja untuk mobil.

Pemandangan di Pantai Siung ini sungguh sangat menakjubkan sekali guys. Kalian bisa menggambil beberapa gambar disini. Ini yang unik, di pantai Siung ini terdapat batu karang yang menonjol. Batu karang ini memiliki ukuran cukup besar. Nah Batu Karang yang besar ini memiliki cerita tersendiri bagi pantai ini. Batu karang yang memiliki ukuran raksasa ini letaknya sedikit menjorok ke laut. Dan jika batu ini dilihat dari kejauhan bentuknya seperti gigi kera atau Siung Wanara. Oleh sebab itu pantai ini diberi nama Pantai Siung. Pada tahun 1989 batu karang ini di jadikan panjat tebing bagi para pendaki. Pemerintah Yogyakarta menggembangkan potensi wisata di Pantai Siung ini. Dan pada tahun 2005 lalu Pemerintah Yogyakarta meresmikan Pantai Siung ini sebagai lokasi khusus panjat tebing saja. Dan pada tahun 2005 juga Pantai Siung ini menjadi lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti ileh 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia. 

Nah banyak hal yang bisa kalian lakukan di Pantai Siung ini seperti panjat tebing, Jika kalian hobi dengan kegiatan ini kalian bisa mencobanya disini loh guys. Saat kalian berada dipuncak tebing kalian bisa menikmati pemadangan alam yang sangat menakjubkan. Jika kalian ingin berlama lama disini kalian bisa membangun tenda yang dapat kalian tempati saat malam hari. Kalian dapat menyalakan api unggun sebagai penerang. Kalian bisa berkemah ditempat ini kapan saja kalian mau. Namun jika kalian berada disini kalian dilarang untuk merusak habitat penyu. Tidak hanya itu jika kalian berada disini kalian tidak diperbolehkan untuk membuang sampah sembarangan. Kalian bisa membawa kantong plastik untuk membawa sampah kalian pulang. Jika kalian mengotori, maka kalian akan merusak pemandangan indah di Pantai Siung ini. 

Satu lagi yang unik, ditempat ini kalian akan menjumpai sensasi berkemah dengan cara yang berbeda yaitu kalian dapat mendirikan tenda diatas tebing. Disini kalian dapat menikmati panorama indah pantai siung secara utuh. Namun jika kalian tidak terlalu suka dengan kegiatan yang extem, kalian dapat menggelar tikar saja di tepi pantai. Kalian juga bisa menikmati sejuknya tiupan angin ditempat ini. Tidak hanya itu kalian juga bisa melakukan kegiatan berjemur disini. Jika kalian ingin bermain air juga bisa tetapi jangan terlalu ketengah ya karena ombak di Pantai Siung ini sangat besar dan sangat berbahaya sekali. Tidak sedikit korban yang hilang oleh gulungan ombak di Pantai Siung ini. Berbicara soal makanan tidak perlu khawatir, karena di Pantai Siung ini sudah terdapat kantin penjual makanan dan makanan yang di jual disini tidak begitu mahal kok guys, harganya cukup bersahabat sekali. 

Untuk toilet juga tidak perlu khawatir guys ditempat ini sudah tersedia toilet yang dibuka untuk umum. Namun meski demikian kalian juga harus menjaga kebersihan ditempat ini ya guys. Pada saat saat tertentu kalian akan menjumpai kera kera yang sangat lucu turun dari atas tebing menuju ke Pantai. Bagaimana sangat menarik bukan? Yuk ajak teman kalian kesini ya. Jangan lewatkan momen indah ini jika kalian berada di Kota Jogja. 

Tips and Trick

1. Bawa spatu yang nyaman

2. Jangan buang sampah sembarangan

3. Bawa tikar

4. Bawa tenda

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY