Menikmati Air Panas Gunung Pancar

pemandian air panas gunung pancar

rudibelawan | Sightseeing
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia | Hot Spring
04 Sep 2016


Menikmati Air Panas Gunung Pancar
Penat akan rutinitas sehari-hari, berlibur ke area pegunungan menjadi salah satu obat mujarab. Tujuan wisata kami kali ini yaitu pemandian air panas yang berada di Gunung Pancar yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten

How to Get There

Dari Jakarta kami berangkat lewat jalan tol, masuk ke arah Bogor. Kemudian setelah masuk ke tol Sentul City (Sentul Selatan) kami belik kiri. Setelah 8 km dari Sentul City akan terlihat bundaran, beloklah ke kiri. Maju lagi kurang lebih 600 meter kemudian beloklah ke kanan ke jalan Babakan Madang (bila terus lurus ke arah The Jungle Land). Setelah sampai pertigaan jalan Babakan Madang akan terlihat papan petunjuk menuju Gunung Pancar, belok kanan ikuti jalan tersebut, jaraknya sekitar 7 km lagi. Jalannya akan mulai menanjak.

 

  

 

Begitu sampai di gerbang utama, kita harus membayar Rp. 2000/orang beserta biaya parkir Rp. 1.500/mobil atau Rp. 1.000/kendaraan roda dua.

 

 

Setelah melewati gerbang utama ini kita masih harus melanjutkan perjalanan untuk menuju tempat pemandian air panasnya.

 

Di perjalanan, kita akan melewati jejeran hutan pinus.. Suasananya yang asri, sunyi dan disertai kicauan burung membuat kita nyaman berada di sini.

 

 

 

 

Setelah menaruh kendaraan di tempat parkir, kami singgah sejenak di warung kecil yang berada di sisi kanan area parkir ini.

 

Oh iya, begitu sampai di gerbang Air Panas Gunung Pancar, ternyata kita harus bayar lagi di loket.

Untuk tarif masuk ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini kita dikenai biaya Rp. 10.000/orang dan untuk anak-anak Rp. 3.000/orang, sedangkan tarif parkirn mobil Rp. 4.000, dan untuk motor Rp. 2.000.

 

What to Do

Untuk menuju tiba ke lokasi pemandian, kami harus berjalan kaki terlebih dahulu. Untungnya sudah ada undak-undakan tangga yang memudahkan perjalanan kami.

 

 

Ternyata tempat pemandian air panas di sini dibagi dua, dipisahkan untuk laki-laki dan perempuan. Air panas Gunung Pancar ini ternyata berasal dari mata air alami, yang kemudian dialirkan melalui pancuran ke kolam rendaman.

 

Sayang sekali kolam rendaman ini tidak terlalu besar, meski begitu ada sensasi tersendiri bila berendam di sini.

 

  

 

Benar juga, setelah selesai berendam, rasa pegal-pegal di badan terasa berkurang.

 

Selain berendam di air panas, di sini kita dapat berkemah, bersepeda, hiking, jogging serta naik kuda

 

 

Tips and Trick

Tips & trik:

  • Bila berendam di air panas, usahakan berendam pertama kalinya tidak lebih dari 10 menit (agar tidak pusing dan muntah), kemudian keluar dulu dan istirahat di luar selama 5 menit. Selanjutnya boleh berendam lagi, minimal 20 menit dan maksimal 30 menit.
  • Agar tidak dehidrasi, disarankan banyak air minum bagi yang berendam.
  • Meski di lokasi ada warung penjual makanan dan minuman, bila ingin higienis lebih baik bawa bekal sendiri dari rumah

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY