olive | Sightseeing
Gianyar, Bali, Indonesia | Waterfall
04 Sep 2016


Indahnya air terjun Tegenungan
Liburan ke Bali kali ini kami tidak mengunjungi...

How to Get There

Air terjun Tegenungan ini berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari kota Denpasar Bali jaraknya sekitar 16 km, rute perjalanannya kami mulai dari Denpasar menuju Pasar Seni Sukawati. Setelah melewati Pasar Sukawati ada pertigaan jalan Raya Sakah, belok kanan menuju jalan Raya Kemenuh. Dari jalan Raya Kemenuh ada lampu merah di perempatan jalan yang ada papan petunjuk arah ke Tegenungan, belok kanan menuju jalan Raya Ir. Sutami (sekitar 1,5 km) . Tinggal ikuti jalan Ir. Sutami ini hingga terlihat gerbang yang bertuliskan “OBYEK WISATA WATERFALL (AIR TERJUN) TEGENUNGAN”. Belok kiri dan ikuti jalan hingga sampai di lokasi parkirnya.

 

 

Dari tempat parkir, untuk mencapai air terjun, kami masih harus berjalan menuruni ratusan anak tangga serta menyusuri tepi Sungai Tukad Petanu. Meski medannya tidak berat, tetap waspada agar tidak terjatuh.

 

 

 

What to Do

Di Lokasi air terjun ini kita bisa melihat indahnya air terjun Tegenungan dan berfoto-foto dengan pemandangan eksotis dari air terjun Tegenungan, dan rasanya semua rasa lelah sewaktu melintasi untuk mencapai lokasi air terjun telah terbayar dengan indah nya air terjun 

 

dan apabila lapar atau haus, disarankan membeli makanan di warung yang ada di area parkir terlebih dulu, agar tidak kehabisan tenaga sebelum sampai kembali ke area parkir, kecuali sudah ada bekal di dalam tas ransel yang dibawa J.

Air terjun ini letaknya bukan di dataran tinggi atau pegunungan, meski tidak begitu tinggi, debit airnya terbilang cukup deras. Airnya yang bening dan bersih cocok untuk bermain air 

 

 

Di dekat air terjun juga terlihat ada beberapa pancuran yang berasal dari mata air. Penduduk sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat mengambil air atau untuk mandi.

 

 

Biaya masuknya hanya Rp. 10.000,00 per orang.

 

Petualangan kami kali ini cukup singkat sehingga kami dapat berkunjung ke tempat lainnya untuk menghabiskan waktu liburan ini.

Tips and Trick

Tips & trik:

  • Bila ingin hunting foto air terjun, momen terbaiknya pada siang atau sore hari, karena air terjun ini menghadap ke barat.
  • Gunakan alas kaki yang kuat serta tidak licin, atau bisa juga melepas sepatu pada saat menyusuri tepi sungai.
  • Bawa bekal makanan dan minuman
  • Bawa baju ganti dan handuk

 

Berikut ada sepotong video MTMA waktu berkunjung ke air terjun Tegenungan , Gianyar , Bali courtessy by youtube

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY