Eksotisnya Danau Weekuri dengan air jernih sebening kaca !

danau weekuri

rudibelawan | Sightseeing
Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Indonesia | Beach Exploring
20 May 2017


Eksotisnya Danau Weekuri dengan air jernih sebening kaca !
Salah satu wisata alam eksotis dengan air bening kaca, sayang dilewatkan saat berlibur di Pulau Sumba !

How to Get There

Cukup sulit untuk menuju ketempat wisata ini, berada di Wilayah Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, disarankan untuk menyewa guide lokal dikarenakan masih belum ada petunjuk arah yang terpasang, pengalaman saya sendiri setelah terbang dari denpasar lalu sampai di tambolaka, dari situ saya harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk sampai ditempat dengan mengendarai motor yang saya sewa seharga 150rb perharinya, sebelum sampai ditempat saya harus melewati pos yang didirikan warga setempat, disitu tidak diharuskan membayar tiket masuk ataupun tiket parkir hanya sumbangan seikhlasnya saja, sebelum sampai di danau saya harus berjalan sekitar 20mtr.

What to Do

Sesudah menempuh perjalanan yang cukup sulit, akhirnya sampai juga di Danau Weekuri, semua lelah terbayarkan dengan keindahan alam disekitar, apalagi saat mendekat danau bahkan dari kejauhan sudah terlihat bagaimana beningnya air di danau yang seakan-akan mengajak kita berenang.

 

 

 

Untungnya lagi saat itu saya datang dipagi hari tepat disaat sinar matahari menembus sampai kedasar danau, disekitaran danau ada juga perbukitan dengan pemandangan yang tidak kalah bagusnya dan sayang banget kalau tidak diabadikan, sekilas info danau ini merupakan danau air payau yang terbentuk dari aliran laut yang masuk di cela-cela tebing dan menyatu dengan air tawar.

 

 

 


Saat berenang di danau ini kalian yang ga bisa berenang ga usah takut tenggelam karena kadar garam didalam air cukup tinggi sehingga bisa membuat anda mengapung di atas air, danau ini juga tidak terlalu dalam bahkan saat goa bebatuan yang ada dipinggiran danau sering digunakan wisatawan untuk berteduh, wisata ini cukup padat pengunjung disaat hari libur, itupun kebanyakan warga sekitar pulau sumba, didekat pinggiran danau ada juga bangunan kecil dari kayu yang digunakan warga sekitar untuk berjualan souvernir khas sumba seperti kain tenun ikat, ataupun gelang-gelangan. 

 

 

  

 

Panorama yang indah membuat tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, seolah tidak peduli dengan sulitnya medan jalan. bisa dijadikan referensi berlibur di pulau sumba, tapi siapkan mental dulu sebelum anda bisa menikmati eksotisnya alam di Danau Weekuri !

 

Tips and Trick

1. Siapkan fisik dan mental karena perjalanan cukup melelahkan.
2. Datanglah cukup pagi untuk bisa menikmati sunrise dan kemilau danau dipagi hari.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY