rudibelawan | Traveler
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | Attraction
19 May 2017


Berwisata di Situ Cileunca yang sejuk dan indah
Berlibur ke kota bandung, sayang rasanya kalau tidak mengeksplorasi ke indahan alamnya, yuk ikuti pengalaman saya berwisata ke salah satu wisata air yang indah !

How to Get There

Tempat wisata ini sebenarnya cukup terpencil, namun tidak terlalu sulit ditemukan karena sudah terpasang petunjuk arah dibeberapa lokasi sebelum , berlokasi di Desa Warnasari, Kec. Pengalengan, Kab. Bandung berjarak sekitar 46 km dari pusat kota bandung, untuk sampai kelokasi saya harus mengendarai mobil selama kurang lebih 2 jam, rutenya tidak terlalu sulit saya mengambil rute ke selatan kota bandung, saya ambil kearah jalan kopo, lanjut ke arah soreang langsung menuju kearah Jl. Raya Pengalengan, telusuri terus saja jalan raya besar ini sampai kelihatan petunjuk arah Situ Cileunca.

What to Do

Sebelum sampai kelokasi saya sudah merasakan udara yang mulai mendingin, maklumlah Situ Cileunca ini berada di ketinggian 1550 DPL, Danau buatan ini cukup besar (sekitar 1400 ha dan kedalaman 17 m) dari tempat parkir kita sudah bisa melihat keindahannya, nah untuk tiket masuknya cukup murah kawan, hanya membayar 5rb dan parkir kendaraan 5rb juga.

 


Sedikit info kawan, Situ Cileunca ini adalah waduk/bendungan buatan yang pada awalnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan air warga setempat, dan berfungsi juga sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), Selain Danau juga ada kebun buah arbei dan stroberi dimana anda bisa memetik buahnya sendiri (tentunya anda diharuskan membayar perkilonya) dan juga arus cukup deras ke sungai palayangan yang biasa digunakan untuk arung jeram atau rafting.

 


Sebenarnya ada juga beberapa fasilitas perahu dipinggiran danau yang bisa disewa seharga 10rb per orang, cukup banyak juga yang menyediakan jasa arung jeram atau rafting, akan tapi saya cukup puas berjalan-jalan saja mengitari danau yang terbentang luas sambil menikmati segarnya udara dengan alam yang indah, cukup untuk menenangkan pikiran yang penat.

 

 


Pengunjung yang datang ke tempai ini sudah cukup banyak kawan, disana saya bertemu dengan para pecinta olahraga arung jeram dan juga komunitas drone yang datang untuk mengabadikan keindahan alam dari atas langit, bahkan ada traveller yang juga sampai camping disana.

 

 

Disarankan banget buat kawan-kawan sedang berlibur dikota bandung, buat berkunjung menikmati keindahan di Situ Cileunca, pemandangannya cocok juga buat pasangan yang mau bikin foto prewed dijamin keren-keren deh fotonya.. !

Tips and Trick

Tidak disarankan untuk berenang didanau ini mengingat kedalaman airnya yang mencapai 17m

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY