Mengunjungi Taman Apsari, Taman Peninggalan Belanda yang Banyak Sejarahnya

taman apsari surabaya

aldilasalma | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Theme Park
04 Apr 2020


Mengunjungi Taman Apsari, Taman Peninggalan Belanda yang Banyak Sejarahnya
Satu lagi, taman di Surabaya yang menyajikan cerita dan sejarah di dalamnya. Selain terkenal dengan patung Gubernur Suryo, di taman ini juga terdapat sebuah arca peninggalan Kerajaan Singasari

How to Get There

Selesai mengunjungi Taman Flora dan Taman Korea, karena siang hari begini udah jam-jamnya agak ngantuk saatnya isi daya dengan kopi! Kebetulan tujuan aku selanjutnya adalah Taman Apsari yang berlokasi di Jl. Taman Apsari No. 63, Embong Kaliasin, Surabaya. Yang mana disebelahnya adalah Coffe Toffee jadinya kami bisa ngopi sambil nyantai dulu disana.

taman apsari surabaya
Puas ngopi dan udah melek lanjut deh main ke taman lagi. Nah Taman Apsari ini lokasinya juga berada di tengah kota, lebih tepatnya di seberang Gedung Grahadi. Bahkan kalau aku baca sekilas, dulunya Taman Apsari ini adalah taman belakang dari Gedung Grahadi, namun sekarang jadi berhadapan, Taman Apsari dan Gedung Grahadi bersebarangan. Dan buat yang belum tahu bangunan tersebut adalah salah satu bangunan penginggalan Belanda yang ada di Surabaya.

taman apsari surabaya


What to Do

Di Taman Apsari ini terkenal dengan icon patung Gubernur Suryo yang merupakan Gubernur Pertama Jawa Timur. Dibawah patung tersebut juga terdapat petikan pidato beliau pada tahun 1945. Patungnya besar dan megah yang dibwahnya juga diberi air mancur. Hal itu membuat patung ini saat dipandang nampak gagah.

taman apsari surabaya
Nggak hanya terkenal dengan patung Gubernur Suryo saja, di kawasan Taman Apsari ini juga terkenal dengan peninggalan Arca Joko Dolog. Arca Joko Dolog ini saat ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu cagar budaya di Surabaya. Jadi apasih Arca Joko Dolog? Singkatnya, arca ini adalah simbol perwujudan Prabu Kertanegara, beliau adalah raja terakhir dari Kerajaan Singhasari. Tapi Arca Joko Dolog ini bukan ditemukan asli di Surabaya ini ya, arca ini merupakan pemindahan dari Desa Kandang Gajah, Trowulan pada tahun 1817.

taman apsari surabaya
Ngomongin tentang fasilitas yang ada di Taman Apsari ini selain terkenal dengan patung Gubernur Suryo dan Arca Joko Dolog adalah tempatnya yang bersih serta ditengah taman yang tersedia jalan untuk jogging (jogging track). Nggak hanya jogging track, disini juga ada lapangan futsal yang bagus dan terlihat sangat terawat. Kalau untuk anak-anak juga ada mini playground disana, jadi pasti senang deh bawa keluarga untuk nyantai sore disini. Buat yang mau duduk-duduk santai sambil melihat hiruk pikuk kota Surabaya juga bisa nih, karena juga disediakan beberapa bangku taman yang bisa kalian duduki.

taman apsari surabaya
Seperti kebanyakan taman yang ada di Surabaya, di Taman Apsari ini juga ada berbagai macam tanaman yang beraneka ragam dan jenis serta juga dirawat dengan benar tentunyu. Itulah mengapa saat berkunjungi di Taman Apsari ini kalian akan merasa sejuk dan rindang.

taman apsari surabaya
Taman Apsari ini nggak harus kalian kunjungi saat siang dan sore hari lo, semakin malam di daerah Taman Apsari semakin ramai. Karena disekitar taman tersebut juga terdapat beberapa kuliner yang legend dan terkenal enak saat malam hari. Selain untuk nyantai dan jogging di Taman Apsari ini biasanya juga digunakan tempat untuk berkumpul komintas-komunitas. Itu karena Taman Apsari ini sangat mudah dikunjungi rutenya dan berada di pusat kota.

taman apsari surabaya
Untuk kebersihannya juga oke banget lo, jarang banget terlihat sampah karena di area Taman Apsari ini disediakan banyak tempat sampah. Jadi buat kalian yang main keisni tolong selalu jaga kebersihan ya.Gimana? Daripada bosen main ke mall terus yuk deh cobain main ke taman-taman yang ada di Surabaya. Dijamin betah dan bikin adem deh pokoknya!

Tips and Trick

1. Datang sore atau malam hari

2. Berfoto di spot terbaik

3. Jaga kebersihan

4. Jangan merusak fasilitas umum

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.