Segarnya Es Doger dan Batagor Balai Yasa, Cocok Untuk Pelepas Dahaga!

kuliner di jogja

meliana | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
24 Apr 2019


Segarnya Es Doger dan Batagor Balai Yasa, Cocok Untuk Pelepas Dahaga!
Es doger dan batagor emang paling pas untuk makan siang!

Jogja lagi! Kayaknya udah cukup lama deh aku nggak main ke Jogja, untung banget beberapa waktu yang lalu punya waktu sedikit untuk ke Jogja, meskipun bukan holiday sih tapi tetep seneng aja bawaannya kalau ke Jogja. Karena sekarang cuaca udah mulai panas ya meskipun kadang kalau malem kadang masih hujan tapi suhu udara udah panas banget bawaannya pengen minum yang seger-seger terus. Kebetulan banget sepupu aku ngajakin cari es doger yang katanya terkenal di Jogja, wah cocok banget nih apalagi lagi laper juga, jadilah kami berangkat!

kuliner di jogja
Es doger ini berada di Jl. Kusbini, Demangan, Yogyakarta. Untuk lokasi persisnya sih di dekat Balai Yasa, maka nggak heran kalau es doger ini terkenal dengan sebutan es doger Balai Yasa meskipun sebenarnya bukan itu nama aslinya. Kalau nama aslinya adalah Es Doger dan Batagor Bang Firman.

Es doger ini udah terkenal enak oleh masyarakat lokal, apalagi mahasiswa gini nih pada suka jajan yang beginian. Setiap harinya Es Doger Bang Firman ini buka sejak pukul 08:00 – 17:00. Dan setiap harinya bisa menghabiskan hingga 100 gelas es doger. Wahh luar biasa!

kuliner di jogja
Selain es doger disini juga ada es lain seperti es dawet ayu dan es campur, tapi tentu saja yang terkenal es dogernya dong. Untuk makanannya ia menjual batagor dan juga siomay. Memang kalau udah ada batagor disitu pasti ada siomay haha. Tapi kalau kalian mau jajan yang lainnya juga bisa karena disana juga banyak pedagang kaki lima yang menjual seperti bakso dan jajanan lain.

kuliner di jogja
Kemarin aku datang agak sorean sih sekitar jam 3 sore dan untungnya nggak terlalu antre lama dan bisa makan disana. Kalau makan disana emang agak susah sih kalau ramai karena mejanya nggak banyak. Tapi yang bikin seneng suasanya itu lo, makan dibawah pohon rindang dan jalanan yang sepi. Sedep banget dahhhh.

Aku pesen satu es doger dan satu batagor. Kalau sepupu aku dia pesen es doger dan siomay. Es doger ini isinya pertama ada jellly, alpukat, mutiara, ketan hitam, roti tawar yang dipotong dadu, selanjutnya diatas gelas diberi es serut yang sudah dicampur santan gurih dan terakhir diberi susu kental manis dan juga sirup berwarna merah. Lihatnya aja udah ngiler banget, dan kayaknya bakalan kemanisan tapi kita lihat saja. Menurutku ini es doger porsinya gede banget sih satu gelas gede full sampai tumpah-tumpah.

kuliner di jogja
Kalau untuk batagornya ini ada tahu, kentang, bakso, dan siomay yang digoreng. Selanjutnya tentu saja disiram dengan bumbu kacang dan sedikit kecap manis. Hmmm melihatnya ada perut udah kerucukan deh.

Oke pertama aku mau nyobain batagornya dulu. Porsinya juga lumayan, bisa dapet sepiring. Tahunya garing dan bumbunya juga mantab meskipin menurut aku agak kurang halus ya, jadi masih ada tekstur kacangnya banget. Tapi dari rasa enak sihh.

kuliner di jogja
Saatnya nyobainn yang jadi highlight nihh, es doger! Pertama aku aduk dulu semuanya biar rata. Suapan pertama agak speechless sih ternyata nggak semanis yang aku bayangkan! Karena dari santannya ini rasanya gurih jadi balance sama sirup dan susu kental manisnya. Rasanya enak sih apalagi isiannya banyak, alpukatnya juga mateng jadi bwehhh beneran enak deh. Tapi untuk aku pribadi porsinya kebanyakan karena emang segede itu. Jadi buat kalian nih ciwi-ciwi kalau kebanyakan daripada mubadzir mending sharing aja dehh!

 Untuk harga murah banget kok guyss es doger kalau nggak salah kemarin sekitar 10.000 saja dengan porsi yang melimpah. Jadi buat kalian yang di Jogja dan cari es doger enak, bisa nih main-main ke daerah Balai Yasa dan cari Es Doger dan Batagor Bang Firman!

Opening Hours
08:00 - 17:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY