Kopi Tungkuik, Kopi Unik Dengan Gelas Terbalik

kopi tungku agam

rudibelawan | Sightseeing
Agam, Sumatera Barat, Indonesia | halal
09 Apr 2019


Kopi Tungkuik, Kopi Unik Dengan Gelas Terbalik
secangkir kopi tungku memang paling pas untuk memulai semangat pagi!

Mumpung ada di Sumatera Barat, selain jalan-jalan aku sempetin juga buat mencicipi beberapa kuliner khas disana yang belum pernah aku cobain. So, setelah mengunjungi Jembatan Akar yang super epik, aku pun langsung searching. Beberapa temenku sih rekomen buat nyobain kopinya yang khas, yaitu Kopi Tungkuik. Karena penasaran aku pun langsung berangkat mencobanya.

Aku emang suka banget sama kopi, bahkan biasanya aku ngga pernah bisa memulai hari kalo belum minum kopi. Bersyukurnya lagi nih, aku tinggal di Indonesia, sebuah negara yang kaya akan beragam kopi khas Nusantara yang rasanya lezat juga nikmat. Di Sumatera Barat sendiri punya kopi tungkuik yang penyajiannya cukup unik. Untuk menikmatinya, kalian bisa datang ke Lapau Nasi Patuih Basambang. Lapau ini berada di Jalur Sicincin-Malalak-Balingka yang merupakan jalur alternatif Padang - Bukittinggi. Kalo kalian datang dari arah Bukittinggi, Lapau ini berada disebelah kanan. Tempatnya sih sederhana guys, ngga ada mewah-mewahnya sama sekali tapi lumayan banyak juga yang datang. Rata-rata sih mereka mampir sejenak untuk istirahat dan menikmati secangkir kopi.

kopi tungku agam


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam Bahasa Indonesia, Kopi Tungkuik memiliki arti terbalik. Hal ini dikarenakan penyajian kopi ini dengan cara membalikkan gelasnya. Sekilas sih penyajian ini mirip dengan Kopi Khop yang ada di Aceh, bedanya di Aceh itu lebih banyak ampasnya. Sekilas emang kopi tampak aneh dan mustahil, soalnya kalo gelas dibalik pastinya kopinya bakal tumpah, tapi dengan penyajiannya yang tepat, kopi jadi tetep utuh dan penuh dalam gelas.

kopi tungku agam

Kopi Tungkuik terbuat dari campuran robusta dan pulut hitam. Kedua bahan ini dicampur rata kemudian diseduh dengan air mendidih di dalam gelas. Buat kalian yang ngga doyan kopi hitam yang pahit, kalian bisa minta tambahkan gula atau susu. Kemarin aku pesen yang pake susu guys, jadi ngga terlalu pahit.

Selanjutnya, permukaan gelas kopinya dibalikkan ke dalam tatakan, lalu diminum dengan sedotan. Karena gelas kopinya terbalik, maka cara minumnya dengan meniupkan sedotan ke sela bawah gelas yang tertutup tatakan. Pas ditiup, akan muncul buih-buih yang kemudian memenuhi tatakan, nah tatakan itu yang diminum. Mungkin penyajian yang seperti ini agar kopi tetap hangat dan bersih. Selain itu, tujuan dari penyajiannya yang dibalik ini adalah agar ampasnya tetap dibawah, jadi kopinya lebih berasa.

kopi tungku agam

Segelas kopi tungkuik ini harganya cukup terjangkau kok guys, yaitu Rp 6.000 untuk kopi tanpa susu dan Rp 8.000 untuk segelas kopi dengan susu. Harga yang ngga jauh beda sama Kopi Khop di Aceh dan menurut ku harganya cukup wajar, bahkan sangat terjangkau.

Rasa dari kopi tungkuik ini nikmat banget guys, apalagi diminum pas lagi hangat. Bener-bener mantap. Apalagi kalo ada camilannya ya guys. Jadi makin suka sama kopi yang satu ini. Sensasi minumnya dengan cara dibalik ini emang bener-bener unik tapi juga asik.

kopi tungku agam

Nah guys, kalo kalian kebetulan melewati jalur Sicincin-Malalak-Balingka ini, ngga ada salahnya buat mampir sejenak untuk menikmati secangkir Kopi Tungkuik ini. Dijamin bakal ketagihan, apalagi kalo kalian capek di jalan dan butuh nyegerin badan, nah minum kopi tungkuik ini bisa jadi alternatif guys. Pasti kalian ketagihan.

Tampilan kopi tungkuik ini memang sederhana, tapi rasanya ngga bisa dibilang sederhana, soalnya bener-bener nikmat. Buat kalian yang doyan ngopi, pasti mengerti gimana nikmatnya menikmati secangkir kopi dengan penyajian yang unik ini. 

Video by fifi afrina

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.