Cungkring Pak Jumat : Makanan Enak Tapi Kok Namanya Cungkring?

cungkring pak jumat

kenzie | Sightseeing
Bogor, Jawa Barat, Indonesia | halal
20 Feb 2019


Cungkring Pak Jumat : Makanan Enak Tapi Kok Namanya Cungkring?
cobain menu unik cungkring pak jumat!!!

Hello guys lagi pada nyari kuliner Bogor gak nih? Kebetulan kemarin aku lagi makan salah satu kuliner favorite aku yang sekarang udah jarang di Bogor. Namanya adalah cungkring. Oke, mungkin kalian pikir cungkring adalah sebutan untuk orang yang kurus gitu kan. Kalau cungkring yang ini beda, disini cungkring adalah sejenis makanan yang menggunakan daging kaki sapi atau kikil.

cungkring pak jumat
Nah kalau kalian ingin mencoba kuliner satu ini kalian harus datang ke Jl. Surya Kencana No. 285, tempatnya memang kecil bahkan hanya menggunakan gerobak tapi jangan salah meskipun hanya sederhana begini rasa makanannya sedepp. Namanya adalah Cungkring Pak Jumat. Untuk mencarinya kalian harus teliti karena nggak ada tulisan besar yang mencolok, hanya gerobak dengan tulisan di pinggirnya “Cungkring Gurih Enjoy Bapak Jumat”. Kalau udah begini kalian nggak salah orang deh.

cungkring pak jumat
Kalau di daerah Surya Kencana ini memang banyak banget penjual makanan jadi kalian pasti dibuat kalap. Kalau untuk Cungkring Pak Jumat ini sudah buka sejak th 1975 jadi kalau di itung-itung sih sudah sekitar 45 tahunan yaa, wah lama juga. Nah sekarang yang berjualan cungkring ini sudah sampai di generasi kedua tapi rasanya tetap enak dan ramai pengungjung. Dulunya Pak Jumat berjualan dengan cara berkeliling namun seiring berjalannya waktu Pak Jumat memilih untuk berjualan menetap saja.

cungkring pak jumat
Kalau kalian lihat di gerobaknya sudah tersedia kikil dan kulit sapi yang sudah direbus matang yang berwarna kuning. Kelihatan banget kalau teksturnya empuk dan bumbunya meresap. Selain itu juga ada kripik tempe yang digoreng dengan tepung melebar mirip rempeyek kalau kalian tau. Kalau pertama jualan dulu cungkring ini hanya menggunakan kulit dari kaki sapi saja, tapi karena sekarang susah mencari yang hanya menjual kulit kaki sapi aja maka dari itu pilihan kikilnya dicampur.

kuliner khas surabaya
Disini kalau pesan satu porsi lengkap akan diberi tiga kikil yang nantinya akan dipotong dan juga kripik tempe. Tapi kalau kalian mau makan yang satuan juga bisa, satu kikilnya dijual 6.000. Kalau kemarin aku pesen satu porsi lengkap. Yang bikin menarik dan terkesan kuno banget adalah disini cungkringnya disajikan di atas pincuk kertas yang diberi alas daun pisang jadi tidak menggunakan piring ya.

Cara penyajiannyayaitu jadi pertama kikil, lontong dan kripik tempe di potong dadu lalu dipindah diatas pincuk, setelah itu barulah disiram dengan kuah kacang yang kental dan berwarna coklat, ditambah dengan kecap manis dan terkahir jangan lupa diberi taburan bawang goreng biar makin sedap. Kalau sudah begini kalian akan diberi sendok bebek plastik dan juga tusuk yang digunakan untuk kikil. Kalau mau pedas kalian bisa minta sambel ke penjualnya ya. Yang menarik sambel disini menggunakan sambel ijo jadi ada sensasinya tersendiri.

kuliner khas surabaya
Pertama makan kikilnya rasanya enak banget guys, kenyal, gurih, nggak alot, dan yang penting lagi nggak amis. Untuk lontongnya juga porsinya pas tidak terlalu banyak dan teksturnya lembut banget nggak hancur, aku suka banget dengan tekstur yang begini. Kalau untuk kripik tempenya crunchy banget pas dimakan. Jadi makanan ini kesannya rame ada kenyal, lembut, dan crunchy di mulut. Nggak usah tambah krupuk udah ada krenyesnya dari si kripik tempe.

Nah buat kalian yang pengen nyobain makanan asli Kota Bogor yang mulai jarang ini bisa banget datang ke Cungkring Pak Jumat ya guys. Karena rasanya unik dan memang enak banget dan juga harganya murah meriah!

Opening Hours
07:00 - 16:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY