Makan Enak tapi Harus Sabar Antre di Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar Semarang

ayam goreng dan sop buntut pak supar

jimmy | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
31 Jan 2019


Makan Enak tapi Harus Sabar Antre di Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar Semarang
Pak Supar ini sudah berjulan sejak tahun 1974, warung ini hanya menjual ayam goreng saja, selanjutnya barulah ia berinovasi untuk membuat menu ayam dan sop buntut yang lezat!!!

Saatnya ulas kuliner lagi! Guys kali ini aku akan review kuliner di Semarang yang nggak pernah sepi dan antrinya gila-gilaan. Mungkin beberapa dari kalian udah nggak asing lagi atau bahkan pernah makan disini juga. Namanya adalah Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar. Kalau ditanya sop buntut favorite aku di Semarang ya aku akan jawab punyanya Pak Supar.

ayam goreng dan sop buntut pak supar
Pak Supar ini sudah berjulan sejak tahun 1974, tapi dulunya Pak Supar berjualan dengan cara menggunakan gerobak dan hanya menjual ayam goreng saja, selanjutnya barulah ia berinovasi untuk membuat menu barunya yaitu sop buntut dan memilih untuk berjualan menetap.

Nah kalau lokasinya sekarang berada di Jl. Moh. Suyudi No.48, Semarang. Kalian bakalan mudah untuk menemukannya karena begitu masuk Jl. Moh Suyudu cari saja tempat yang rame banyak mobil dan motor parkir dan kelihatan banyak kerumunan mengantri ya itulah tempatnya! Tapi sayangnya tempat makan Pak Supar ini tempatnya bisa dibilang sempit dan kecil jadi jika kalian ingin makan disini harus rela ngantri nunggu pelanggan yang lainnya selesai makan barulah kalian bisa makan disini. Karena saking ramainya banyak orang yang memilih membungkus makanannya.

ayam goreng dan sop buntut pak supar
ayam goreng dan sop buntut pak supar
Begitu sampai kalian beneran harus sabar antri ya apalagi saat jam makan siang maupun malam, kudu lebih ekstra sabarnya hehehe. Disini kalian bisa melihat proses pembuatannya langsung karena emang masaknya di depan dan mejanya dibelakang, mirip warung-warung sate gitu deh.

Kalian bisa melihat ayamnya yang berwarna kuning menggoda banget untuk dimakan apalagi pas laper-lapernye gini hadeeh. Kalau ayamnya ini sudah pasti pertama di ungkep dengan bumbu hingga meresap, baru setelah itu ayam digoreng kedalam minyak panas, tapi menggorengnya hanya sebentar jadi ayamnya nggak teralu kering. Nah kalau sop buntutnya beda lagi, sop buntutnya tentu saja sudah matang tinggal disajikan diatas mangkuk dan siap di hidangkan. Tapi disini kalian bisa lihat kuahnya di panci sangat kental dan berwarna merah, sekilas mirip sop merah tomat itu tapi beda ya.

ayam goreng dan sop buntut pak supar
ayam goreng dan sop buntut pak supar
Setelah menunggu satu jam akhirnyaaaa aku dapet tempat di dalem. Meskipun sudah tau antrinya bakalan panjang tapi aku selalu bela-belain makan disini karena emang rasanya enak. Karena kami berlima jadi kami pesen dua porsi ayam dan lima porsi sop buntut. Satu porsi ayam ini disajikan diatas piring khusus ayam, kalau kalian ingin tambah jeroan seperti ampela ati juga bisa, tinggal bilang aja ke penjualnya. Kalau udah duduk gini nunggu makanannya cepet kok, sekitar 15 menitan semua menunya sudah siap diatas meja.

ayam goreng dan sop buntut pak supar
Disini disediakan dua jenis sambel, pertama sambel merah yang cenderung manis dan satunya lagi sambel bawang. Saran aku kalau kalian yang suka pedes pesen aja yang sambel bawang rasanya lebih nikmat. Selain sambel disini juga disediakan pete goreng, wah tambah lengkap kan sedepnya. Yang paling aku suka tekstur ayam disini tetap lembut padahal menggunakan ayam kampung lo, dan bumbunya bisa meresap sampai kedalam. Jadi nggak perlu tenaga untuk mengunyahnya, favorite!

ayam goreng dan sop buntut pak supar
Yang kedua tentang sop buntutnya harganya memang lebih mahal dari ayam ya pastinya, kuahnya segar dan terasa kaldu sapinya, paling enak sih ditambah sambel kalau aku haha. Selain daging juga diberi irisan wortel dan satu butir kentang berukuran mini. Dagingnya lembut banget, saking lembutnya dipotong menggunakan sendok saja dagingnya sudah hancur, wah sedappp.

Nah kalian tau sendiri kan kenapa tempat makan Pak Supar ini selalu ramai karena makanan yang disajikan benar-benar memiliki cita rasa yang enak. Jadi patut banget dicobain nih kalau lagi main di Semarang, selamat mencoba dan selamat ngiler :D 

Opening Hours
09:30 - 21:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY