Makan Sate Sapi Hanya dengan 11.000 Saja di Sate Kere Mbah Mardi. Anak Kos Wajib Cobain!

sate kere mbah mardi

pian | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
04 Jan 2019


Makan Sate Sapi Hanya dengan 11.000 Saja di Sate Kere Mbah Mardi. Anak Kos Wajib Cobain!
Sate kere Mbah Mardi ini paling pas di kantong anak kos.. nah mau tau bagaimana cita rasa dari sate kere mbah mardi? iniah rasanya!

Hai sob gimana liuran kalian, seru bukan? Kalau aku sih kemarin acaranya main sebentar ke Jogja, yak kerumah sepupu. Karena hari itu aku baru sampai sana sekitar jam 4 sore makan langsung diajaklah saya untuk mencari makan. Karena bingung sama makanan jogja yang itu-itu aja yang mayoritas udah pernah aku cobain, jadi aku mau makan yang beda. Diajaklah aku untuk makan sate kere. Sekilas bingung, apaan kok namanya sate kere? Yokk baca aja reviewnya sampe abis wkwk. 

sate kere mbah mardi
Nama warung makanya adalah Sate Kere Mbah Mardi yang lokasinya berada di Jl. Godean, cukup mudah mencarinya meskipun tempatnya nggak terlalu besar tapi di depannya ada banner yang cukup lebar yang bertuliskan “Sate Kere Mbah Mardi” atau lihat saja mana tempat yang asapnya mengepul di luar, nah itu tempatnya.

sate kere mbah mardi
Sate Kere Mbah Mardi ini sudah buka sejak tahun 1987, dan masih banyak peminatnya sampai sekarang.  Sate disini berbahan dasar daging sapi. Setelah masuk kalian bisa langsung pesan berapa porsi. Di dalam, kalian akan melihat panci besar yang berisi tusukan sate sapi yang sudah dibumbui sehingga berwarna coklat, sate ini siap untuk dibakar. Dari aroma asapnya saja sudah tercium bau harum kas sate yang semakin membuat nafsu makan saya naik.

sate kere mbah mardi

sate kere mbah mardi
Sate dibakar diatas arang yang menyala, hingga terdengar bunyi “nyesss” tanda lemak terbakar, saat itu pula penjual mulai mengipas-ngipas satenya. Semakin lama terlihat dagingnya semakin kecoklatan dan kering, tanda sate mulai matang dan siap diangkat. Nah yang bikin beda nih sate disini disajikan bukan dengan bumbu kacang pada umunya melainkan dengan kupat sayur. Sayur yang digunakan adalah sayur tempe, kalau aku sih menyebutnya sayur lodeh hahaha. Sayur tempe ini dimasak menggunakan santan yang tidak terlalu kental.

sate kere mbah mardi
Meskipun yang antri banyak tapi penyajiannya bisa dibilang cepat lo. Hanya memnunggu seupuluh menit saja pesanan yang kami pesan datang. Tentu saja saya pesan satu porsi sate dengan kupat sayur dan teh manis. Satu porsi menu tersebut disajikan dengan 5 tusuk sate sapi. Kalau bisa dibilang potongan daging sainya tidak terlalu besar, tapi ya pas lah untuk satu porsi begini. Satu tusuk satenya terdiri 2 hingga potong daging bercampur lemak (gajih).

sate kere mbah mardi
Pertama saya mencoba satu tusuk satenya dulu. Rasanya enak, kaya akan bumbu dan rempah. Rasa dagingnya dominan manis legit. Kalau dipikir ini sate mirip dengan sate rembiga, sate asal Lombok itu, bedanya kalau sate rembiga cenderung pedas, kalau sate kere ini cenderung manis. Untuk kupat sayurnya terdiri dari irisan tempe, potongan ketupat yang cukup banyak, dan beberapa gajih juga terlihat di dalam sayur, mungkin agar lebih sedap. Rasa dari kupat sayurnya ini pas, kuah santannya tidak terlalu kental dan pekat, tapi rasanya masih terasa bumbunya.

sate kere mbah mardi
Karena kurang kemarin aku pesan lagi 10 tusuk sate saja, karena jarang-jarang yakan makan beginian. Nah setelah puas makan, kini saya tau kenapa namanya diberi nama sate kere. Karena harganya murah! Kere sendiri kan artinya orang yang tidak mampu atau miskin. Mungkin filosofinya adalah semua kalangan bisa menikmatin hidangan sate sapi ini dengan harga murah. Harga satu porsi sate kere dan kupat sayur dan segelas teh manis hanyalah 11.000 rupiah saja. Murah banget memang, pantas saja warung ini tidak pernah sepi. Karena selain makanannya enak, harganya sangat bersahabat di kantong.

Jadi gimana nih, buat kalian yang mau makan enak tapi nggak perlu nguras dompet bisa nih nyobain makan di Sate Kere Mbah Mardi!

 

Opening Hours
17:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY