Pedas Gurih Olahan Kambing di Warung Pak Manto ini Pasti Bikin Kamu Pengen Balik Lagi!

warung pak manto

Deblah | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
21 Nov 2018


Pedas Gurih Olahan Kambing di Warung Pak Manto ini Pasti Bikin Kamu Pengen Balik Lagi!
Pedas dan gurihnya oalahan kambing di Warung Pak Manto yang bikin ketagihan... Saat mencobanya 1x saja!

Hai temen-temen ini pertama kalinya aku nulis review di GoTravelly so, aku mau review kuliner yang deket-deket aja dari rumah tapi udah terkenal banget bahkan mungkin beberapa dari kalian udah pernah makan disini. Kali ini aku mau review tentang kuliner sate kambing milik Pak Manto. Sebenernya yang jadi menu andalan dari warung Pak Manto ini bukan sate kambingnya, tapi tengkleng rica-ricanya. Meskipun begitu bukan berarti rasa sate kambing disini nggak enak ya, rasanya tetep juara!

warung pak manto
Sebelumnya aku pribadi udah cukup sering makan disini, karena memang rasa bumbunya itu lo yang bikin nagih. Di warung Pak Manto ini ada beberapa menu olahan kambing yang disajikan. Yang pertama ada sate kambing, tengkleng rica-rica, dan sate buntel. Untuk tengkleng rica-ricanya ada juga yang jenis tengkleng sum-sum. Nah si tengkleng sum-sum ini banyak banget peminatnya, kadang baru buka 2 jam aja udah ludes menu yang satu ini. Bahkan katanaya banyak para pemain bola yang neympetin makan disini sebelum bertanding lho!
Konon katanya yang bikin rasa tengkleng disini bisa enak dan dagingnya empuk adalah proses mengolah dagingnya yang cukup lama. Rata-rata daging di rebus selama kurang lebih 1,5 jam sampai lunak. Untuk setiap harinya warung Pak Manto ini bisa menghabiskan 7 ekor kambing. Kambing yang digunakan juga bukan sembarangan, warung ini hanya menggunakan kambing yang berusia muda. Selain menggunakan daging yang berkualitas, cara mengolahnya pun juga masih menggunakan resep warisan turun temurun. Sekarang warung Pak Manto ini sudah berjualan lebih dari 25 tahun, mantab ya.

warung pak manto
Kali ini aku pesan sate buntel, tengkleng, sate kambing, dan tengkleng sum-sum. Tapi tenang aja aku makannya bareng-bareng kok jadi amann, hehe. Setelah pesan kita bisa lihat proses pembuatannya lho, karena dapurnya berada di halaman gitu. Cara masaknya pun masih menggunakan arang, jadi menambah cita rasa dan aroma dari makanannya. Karena tempat ini selalu ramai jadi kita harus sabar menunggu pesanan kita ya, tenang aja nggak akan mengecewakan!

warung pak manto
Setelah semua menu datang yang paling jadi favorit saya selama ini masih tengkleng sum-sumnya karen bener-bener enakk. Warna tengkleng rica ini coklat kental, diatasnya diberi irisan tomat biar makin segar, dan disajikan dengan nasi putih hangat. Tengkleng sum-sum ini isinya dari tulang belulang yang panjang yang sudah dipotong-potong, jadi kita tinggal sedot aja tuh tulangnya. Aku saranin kalian makan pakai tangan aja gausah jaim dehh rasanya tambah nikmat!

warung pak manto
Lanjut ke menu selnajutnya aku makan tengkleng rica yang daging. Isinya ya berupa potongagn daging yang masih menempel di tulang, disini kalian pasti bakal asik menggerogoti dagingnya. Untuk bumbunya ini sangatlah juara, pedas tapi juga manis pas banget pokoknya.
Yang terakhir aku makan sate kambing dan sate buntel. Sate kambingnya per tusuk lumayan besar-besar jadi mungkin makan tiga tusuk aja udah cukup (kalau saya ya), sate kambing ini disajikan dengan bumbu kecap, irisan kubis, dan tidak lupa juga diberi irisan bawang merah biar makin mantab. Nah kalau sate buntel ini bahannya juga sama kok dari daging kambing. Bedanya daging kambing ini dicincang dan dililit ke tusuk sate dan terkahir di buntel (di bungkus) dengan lemak tipis. Kalian bisa melihat saat sate buntel ini dibakar akan terdengar suara “nyeees” lemak yang menetes dan aromanya bener-bener membuat perutmu keroncongaan deh!

warung pak manto
Setelah makan yang daging yang berlemak gini paling pas kalau minum es jeruk. Aku saranin kalian minum es jeruk aja, biar lemak-lemaknya lnagsung rontok hehehe.

warung pak manto
Gimana udah bayangin gimana nikmatnya olahan kambing di warung Pak Manto? Jadi kalau kalian lagi ada di Solo bisa nih jadiin warung Pak Manto sebagai salah satu tujuan kuliner kalian, dijamin nagih dan tidak mengecewakan!


Klik video dibawah biar tambah ngiler :D

Opening Hours
07:00 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY