Bikin Nagih! Ayam Bakar Pake Sambel Keju. Penyuka Pedas Wajib Cobain!

kuliner di surabaya

fauzi | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
23 Oct 2018


Bikin Nagih! Ayam Bakar Pake Sambel Keju. Penyuka Pedas Wajib Cobain!
Gimana rasanya ayam bakar di campur keju? Nah kali ini aku cobain kuliner unik ini, terutama kalo kamu suka kuliner pedas wajib baca artikel ini!

Setiap pulang kerja, pasti perut terasa lapar. Karena udah tanggal tua dan belom gajian, akhirnya aku mutusin buat cari tempat makan yang nyaman, rasanya enak tapi harganya murah. Setelah Googling, aku pun nemu salah satu tempat makan yang lokaisnya ngga jauh-jauh banget dari lokasi kantorku, yaitu Ayam Bakar Nelongso. Sebenernya warung ayam bakar ini udah cukup hits di Surabaya dan Malang, pasalnya udah banyak banget cabangnya. Di Surabaya aja setahu aku ada beberapa cabang and mostly lokasinya di deket kampus.

Warung yang kemarin aku datangi adalah Cabang di Jalan Gunung Anyar Sawah no 22 atau tepatnya disebelah Kampus UPN Surabaya. Aku sih udah pernah nyobain makan di warung cabang Semolowaru karena lokasinya seberang kampus dan rasanya enak banget.

kuliner di surabaya
Anyway, menurut aku sih dibandingkan dengan cabangnya di Semolowaru, cabang UPN ini lebih besar tempatnya, meskipun hanya satu lantai. Mungkin bisa nampung sekitar 50 - 70 orang. Desainnya sih mirip dengan cabang-cabang lainnya yang didominasi oleh warna orange dan hitam dan ada logo bebeknya. Warung Nelongso di Gunung Anyar ini ada dipinggir jalan tapi punya parkiran yang luas banget dan dihiasi lampu-lampu gantung yang super warm, jadi ngga usah khawatir ngga kebagian parkir yaa.

kuliner di surabaya

Setibanya disana, antriannya ngga terlalu panjang dan didepannya ada daftar menu yang gede banget berikut dengan harganya. Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, harga-harga menu disini murah banget guys. Cocok lah buat kantong mahasiswa. Terlebih lagi, menu-menu yang ditawarkan selalu update, jadi ngga ngebosenin dengan menu yang itu-itu aja.

kuliner di surabaya

Buat kalian mungkin yang belum pernah cobain makan disini, Warung Ayam Bakar Nelongso ini ngga cuma menyajikan olahan Ayam, tapi juga ada bebek dan ikan. Selain makanan berat, disini juga menyadiakan beberapa makanan ringan seperti jamur krispi, tahu krispi dan kulit ayam. Sebagai pendamping makanan utamanya, mereka juga menawarkan menu sayuran seperti tumis kangkung dan juga beragam minuman segar.

kuliner di surabaya

Disini, kita langsung pesen menunya dikasir, bayar dan mereka langsung menyajikan menu pesanan kita. Jadi semacam kita pesen makan di restoran fast food gitu deh. Enak banget, jadi ngga perlu nunggu lama untuk nunggu pesenan kita. Soalnya beda banget sama warung yang di cabang Semolowaru dimana kita harus menunggu lagi menu yang kita pesen dan itu lama banget.

Untuk tempat duduknya disini ada dua tipe, yaitu meja kursi dan lesehan, dimana disetiap sudutnya ada westafel untuk pengunjung cuci tangan. 

kuliner di surabaya

Kemarin aku dateng berdua sama temen aku dan kita pesen, ayam bakar dan ayam goreng krispi plus jamur krispi dan minuman segar. Yang aku suka dari warung ini adalah, mereka memberikan kita beragam pilihan sambal yang bisa kita ambil secara gratis. Varian sambalnya pun beragam, seperti sambal mangga muda, sambal tomat, sambal korek, sambal ijo, sambal ebi, sambal teri dan favoritku adalah sambal keju yang rasanya gurih tapi juga pedes. Rasa dari sambel keju ini unik banget guys, jadi ngga cuma pedes tapi juga ada sedikit rasa gurih dari kejunya yang berasa banget.

kuliner di surabaya
kuliner di surabaya

Potongan ayam bakar yang aku cobain kemarin sih ngga terlalu besar emang, tapi cukup lah porsinya dengan nasi yang ngga terlalu banyak tapi cukup mengenyangkan. Menurut aku, bumbu ayam bakar ricanya meresap sampai kedalam daging ayamnya. Tekstur dagingnya juga lembut jadi ngga terasa alot pas digigit. Apalagi dimakan pake sambel keju yang tadi, makin mantap lah pokoknya! 

kuliner di surabaya

Kalo ayam goreng krispinya sendiri sih kata temen aku enak. Potongan ayamnya juga sama dengan ayam bakar, tapi keliatan agak tebel mungkin karena tepungnya ya guys. Rasanya juga enak sih kata temenku dan aku sempet cicipi sedikit soalnya kalo kebanyakan nanti ditabok. Hahaha...

kuliner di surabaya

Ohya, jamur krispinya juga worth banget buat dicoba. Porsinya lumayan bisa bikin kenyang. Lebih enak lagi dimakan pake sambel kejunya. Mantap banget!

kuliner di surabaya

Disini setiap mejanya disediain bumbu kuningnya bebek dan kecap, jadi buat kalian yang ngga terlalu suka pedes, kedua bumbu itu tadi bisa sedikit menetralisir rasa pedesnya. Hehehe...

Buat kalian yang pengen berhemat saat tanggal tua, cobain aja makan di Warung Ayam Bakar Nelongso ini. Untuk masalah harga, makanan disini affordable banget! Makan berdua plus minum, nasi dan camilan cuma abis Rp 44.000 aja guys. Ngga sampe Rp 50.000. Dijamin nagihin deh makan disini, apalagi sambelnya!

kuliner di surabaya

Opening Hours
Buka setiap hari 24 Jam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY