Seruput Segarnya Dawet Suronatan, Dawet Legendaris di Madiun!

kuliner di madiun

dino | Sightseeing
Madiun, Jawa Timur, Indonesia | halal
18 Oct 2018


Seruput Segarnya Dawet Suronatan, Dawet Legendaris di Madiun!
Segarnya es dawet Suronatan yang sudah legendaris di Madiun dan pastinya wajib di coba saat berada di Madiun

Jalan-jalan sebentar ke kota Madiun untuk mengunjungi salah satu keluarga. Kebetulan disana ada sepupu saya yang memang sering main ke rumah, tapi kali ini gantian saya yang mengunjunginya sekalian berwisata kuliner. Madiun memang dikenal dengan kuliner Nasi Pecelnya yang ngga hanya terkenal di Madiun, tapi juga banyak kota di Indonesia. Karena Nasi Pecel Madiun udah banyak diulas, jadinya kali ini saya mau ulas kuliner lainnya yang ngga kalah melegenda yaitu Dawet Suronatan.

Siang itu cuaca Madiun lagi panas-panasnya dan enaknya minum yang seger-seger. Kebetulan, sepupu saya ngajakin minum Es Dawet Suronatan yang ada di Jalan Merbabu no 10 atau tepatnya di sebelah utara Masjid Agung Kota Madiun. Jadi, buat kalian yang mau nyobain, ngga susah kok buat cari warung dawet ini karena ada di pusat kota Madiun.

Dawet Suronatan ini sudah ada sejak taun 1962 dan masih eksis hingga saat ini. Saat ini yang mengelola warungnya sudah generasi ketiga namun rasa dawet yang dihasilkan tidak berubah dan masih khas. Dawet ini diberi nama Dawet Suronatan karena minuman ini dulu pertama kali dibuka di sebuah desa bernama Suronatan. Meskipun kini warung ini berada di Jalan Merbabu, tapi nama Suronatan masih saja melekat.

kuliner di madiun

Sekilas memang ngga ada bedanya dawet ini jika dibandingkan dengan minuman dawet di tempat lain. Isiannya pun sama, antara lain cendol yang terbuat dari tepung beras, bubur sumsum, singkong tape dan ketan hitam yang kemudian diberi gula merah yang dicairkan dan santan lalu disajikan dalam mangkok kecil. Biasanya minuman ini diberi tambahan es agar makin segar. Bisa dibayangin donk kalo siang-siang terik begini minum es dawet Suronatan ini. Seger banget!

kuliner di madiun

Harga yang dipatok untuk seporsi dawet ini pun bisa dibilang sangat terjangkau, yaitu Rp 6000. Pembuatan dawetnya pun katanya oleh salah satu pegawai yang sudah bekerja puluhan tahun bersama pendirinya, tak heran kalau rasa dari dawet ini sangat khas dan autentik. Mungkin karena itu juga kalo dawet ini juga banyak penggemarnya. Ngga cuma masyarakat kota Madiun, tapi pengunjungnya juga ada yang dari luar kota Madiun, bahkan beberapa orang penting juga sering mampir untuk mencicipi segarnya Dawet Suronatan ini.

kuliner di madiun

Meskipun es dawet sebagai menu favoritnya, sebenernya warung ini juga menjual berbagai menu makanan berat lainnya, seperti garang asem, nasi rawon, gado-gado dan masih banyak lagi lainnya dan pastinya ngga kalah lezat. Jadi sekalian makan siang deh ya kalo dateng ke warung ini.

kuliner di madiun

Warung Dawet Suronatan ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00 WIB dan biasanya ramai dikunjungi saat jam makan siang. Saya sarankan sih jangan datang terlalu sore soalnya biasanya dawetnya sudah habis saat jam makan siang, tapi kalau datang saat jam makan siang juga rame banget sampai susah cari tempat duduknya (nah lho, bingung kan?). Intinya kalau kalian mau dateng pas siang hari, saya sarankan untuk sabar nunggu antrian.

kuliner di madiun

Ohya, buat kalian yang ada di Jogja dan sekitarnya, bisa banget lho mencicipi dawet legendaris ini disana karena warung ini sudah buka cabang di Jogja tepatnya di Jalan Sukun Raya Yogyakarta, atau pas di depan JEC Janti dengan nama Warung Madiun.

kuliner di madiun

So, jangan cuma bayangin aja guys. Yuk buruan datang dan cobain langsung Dawet Suronatan ini. Dijamin bikin nagih.

Video by Benu Buloe TV

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY