Serabi Notosuman, Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dicoba!

serabi notosuman

shania | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
04 Oct 2018


Serabi Notosuman, Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dicoba!
Serabi Notosuman, Oleh-oleh khas Solo memiliki tekstur lembut, manis, dan gurih!

Karena weekend kemarin lagi ada urusan di Surakarta atau biasa orang nyebutnya Kota Solo jadi aku sempet mampir ke salah satu tempat oleh-oleh terfavorite di Kota Solo ini namanya serabi. Sebagian besar dari kalian aku yakin pasti pernah nyobain apa itu serabi. Setahu aku ada dua jenis serabi yang pernah aku makan. Pertama serabi kuah khas Bandung dan serabi kering. Nah kalau serabi kuah khas Bandung ini dimakannya pakai kuah gula cair, sedangkan serabi kering khas Kota Solo disajikan tidak menggunakan kuah gula jadi bisa langsung lahap.

Kali ini aku nyobain Serabi Notosuman Ny. Lidia. Lokasinya berada di jalan Moh. Yamin yang dulunya bernama jl. Notosuman itulah kenapa serabi ini dinamakan serbai Notosuman. Serabi Notosuman Ny. Lidia ini udah terkenal banget, bahkan katanya udah buka cabang di kota lain, kabarnya di Bandung juga ada, tapi aku malah baru tau hehehe. Selain Serabi Notosuman Ny. Lidia ada juga serabi Notosuman yang terkenal milik Ny. Handayani. Lokasinya dekat dan dari sejarahnya kedua pemilik toko serabi ini masih satu keturunan namanya Hoo Ge Hok. Cara membedakannya nggak sulit kok kalau Serabi Notosuman Ny. Lidia dari toko sampai kotak penyajiannya berwarna hijau, sebaliknya kalau Serabi Notosuman Ny. Handayani berwarna oranye.

serabi notosuman
Untuk harga dan rasanya katanya sama. Cuma aku nggak tau yaa karena aku beli yang di Serabi Notosuman Ny. Lidia. Ada dua jenis varian serabi, yaitu serabi putih yang artinya original tanpa tambahan apapun, dan serabi coklat yang diatasnya diberi taburan meses. Untuk harga satu dus serabi isi 10 biji rasa coklat adalah 25.000, serabi putih 23.000, dan kalau mau campur harganya  25.000. Menurut aku harganya masih oke ya untuk jajanan yang udah melegenda gini.

serabi notosuman
Pertama datang ke tokonya kalian bakalan melihat jajaran wajan-wajan kecil diatas tungku. Wajan tersbut digunakan untuk membuat si serabi ini. Jadi kalau datang ke tokonya kita bisa lihat langsung proses pembuatannya. Serabi ini dibuat menggunakan tepung beras dan santan. Pas adonan udah dituang ke atas wajan kecil itu bakalan kecium bau harum dari santan, baunya khas kelapa banget dan sangat menggugah selera. Proses pembuatannya nggak samapi lima menit udah siap diangkat dan di jajar diatas tempat bundar terbuat dari anyaman bambu, namanya nampan tampah.

serabi notosuman
serabi notosuman
Aku beli 2 dus yang satu isi coklat, dan satunya lagi isi campur. Kalau udah di dalam dus serabinya digulung menggunakan daun pisang, jadi nggak perlu takut lengket deh. Begitu bayar langsung deh buruan nyobain. Baunya bener-bener sedeepp, buat kalian yang demen banget sama santan pasti bakalan suka sama serabi ini karena santannya kerasa bangett. Pertama nyobain yang coklat udah kelihatan kalau teksturnya bakalan lumer dan coklatnya udah melelah di serabi hmmm pasti nikmat banget kann.

serabi notosuman
Dan benar rasanya enaakk. Teksturnya lembut dan lumer di mulut. Yang aku suka ini bukan pakai meses murahan yang abal-abal itu ya, ini kerasa banget kalau pakai meses berkualitas soalnya rasa coklatnya bener-bener kerasa. Kalau yang putih cenderung ke rasa gurih soalnya tanpa tambahan apa-apa ya. Kalau suruh milih antara putih apa coklat aku lebih suka yang coklat karena rasanya enak dan sekilas mirip kayak terang bulan gitu?! Saran aku sih makan pas masih anget karena rasanya jauh lebih nikmat daripada pas udah dingin.

serabi notosuman
Serabi Notosuman ini hanya tahan 24 jam ya karena dia nggak pakai pengawet apapun. Emang agak susah sih kalau dibuat oleh-oleh ke kota yang jauh kudu pinter ngakalin. Tapi emang kalau mau makan enak harus perjuangan yaa hehehe. Baiklah sekian review Serabi Notosuman kali ini. Kalau kalian ngiler buruan googling deh siapa tahu di kota kamu ada cabangnya kan lumayan tuhh nggak perlu jauh-jauh ke Solo hehe. so. selamat mencoba!

Ada video nih barang kali ada yang mau tau proses pembuatan dan lumernya si Serabi Notosuman ini :)

Opening Hours
04:30 - 17:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.