Seblak Anyar Pandugo: Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits

seblak anyar pandugo

lalacempala | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
03 Aug 2018


Seblak Anyar Pandugo: Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits
Seblak juga punya 2 jenis, lho. Yaitu seblak basah dan seblak kering. Kalo seblak kering itu kerupuk yang sudah digoreng kering lalu diberi bumbu yang biasanya pedes banget!!!

Berwisata kuliner di Kota Surabaya memang ngga pernah ada habisnya. Tak hanya kuliner khas Surabaya dan sekitarnya, tapi juga ada kuliner dari berbagai daerah lho. Ceritanya, kemarin aku jalan-jalan malem selepas pulang kuliah dan laper banget. Aku berdua sama salah satu temen kampus aku yang kita juga lagi sama-sama pulang kampus dan mau lanjut untuk ngerjain tugas bareng. 

Sebelum ngerjain tugas, kita muter-muter dulu buat isi perut dan akhirnya menemukan salah satu jajanan khas Bandung yang belakangan ini lagi hype di Surabaya, yaitu Seblak. Sebenernya aku udah dari dulu suka banget sama jajanan satu ini, sejak main ke Bandung dan nyobain, rasanya enak. Tapi aku belum pernah nyobain seblak ala-ala yang dijual di Surabaya karena ngga semua penjualnya orang Sunda. 

Dan berbeloklah kita berdua kesana dimana penjual seblak ini hanya berupa stand di depan sebuah toko aksesoris handphone di Jalan Pandugo no 19, Surabaya. Tempatnya sih lumayan luas, ada parkirnya juga buat motor. Meja makannya juga lumayan banyak untuk beberapa pengunjung. Selain seblak juga ada beberapa stand penjual jajanan lainnya seperti bakso dan jus buah.

Setelah memarkir motor, kami segera memesan 2 seblak. Menu seblaknya sih ngga banyak, cuma ada 3, yaitu seblak biasa, seblak sepsial dan mie seblak. Buat kalian yang belum familiar dengan seblak, aku jelasin dikit ya. Seblak adalah salah satu jajanan khas Sunda yang banyak ditemukan di Kota Bandung, tapi saat ini seblak sudah banyak ditemukan diberbagai daerah di luar Bandung. Biasanya seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan telur, ayam, daging lalu diberi bumbu rempah yang khas.

Seblak juga punya 2 jenis, lho. Yaitu seblak basah dan seblak kering. Kalo seblak kering itu kerupuk yang sudah digoreng kering lalu diberi bumbu yang biasanya pedes banget. Aku juga suka seblak yang jenis ini, tapi aku lebih suka seblak basah. Dan kemarin yang cicipi adalah seblak basah. Aku pun langsung memesan 2 porsi seblak, Seblak biasa dan seblak special. Disini kita juga bisa memilih tingkat kepedesannya sendiri lho. Karena aku ngga terlalu doyan pedes, jadinya aku pesen yang biasa aja, tapi temen aku pesen yang pedes banget.

Tak sampai 10 menit, seblak basah kami dihidangkan. Pesananku, seblak basah spesial ini terdiri dari kerupuk basah, sosis, bakso, telur dan ceker yang juga ditambah dengan beberapa sayur seperti sawi. Untuk rasanya, cukup gurih dan sedikit pedas karena tadi aku pesen yang ngga terlalu pedes. Bumbunya pas banget, cukup terasa tapi ngga berlebihan. Potongan sosis dan baksonya pun cukup besar dan banyak. Kerupuk basahnya juga matang sempurna. Apalagi ditambah sama ceker ayamnya yang gurih. Bumbunya kayak udah meresap banget ke dalam daging cekernya.

Untuk seblak basah punya temenku, dia bilang sih cukup pedes. Tapi kurang manis karena biasanya seblak yang dijual di Bandung itu rasanya agak manis tapi juga gurih. Bedanya seblak biasa dan seblak spesial adalah adanya ceker. Tapi overall, dia bilang suka. Kerupuk dan sosisnya juga banyak banget. Seblak basah ini juga biasanya dihidangkan dalam keadaan panas dimana cocok banget kalo dinikmati pas cuaca lagi dingin seperti sekarang.

masalah harga juga cukup terjangkau, meskipun lebih mahal dibandingkan seblak basah yang dijual di Bandung sana. Yaitu Rp 10.000 untuk seblak basah biasa dan Rp 12.000 untuk seblak basah spesial. Cukup terjangkau kan?

Buat kalian yang lagi di Surabaya dan mager banget, kalian juga bisa order seblak basah ini di Go-Food lho. Tinggal cari aja namanya Seblak Anyar Pandugo. Yuk buruan cobain.

Opening Hours
Sore - Malam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY