Nasi Krawu Buk Mila Rasanya Enak Gila

nasi krawu buk mila

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
15 Sep 2019


Nasi Krawu Buk Mila Rasanya Enak Gila
Penjual nasi krawu, makanan khas kota Gresik banyak dijumpai tapi nasi krawu bu Mila memiliki cita rasa daging yang gurih dengan bumbu yang tak terlalu pekat.

Jika bertandang ke kota Gresik, jangan lupa menikmati salah satu kuliner khasnya, nasi Krawu. Di kota Gresik sendiri, banyak penjual nasi krawu. Beberapa diantara yang banyak dikenal seperti nasi krawu bu tiban, nasi krawu bu Azza, nasi krawu bu timan, dan sebagainya. Tapi bagi saya, nasi krawu bu Mila spesial banget, tak hanya sajikan nasi krawu dengan rasa pas lidah tapi juga menghadirkan sebuah kenangan.

Berbeda dengan nasi krawu lain dengan tempat layaknya resto atau depot, nasi krawu bu Mila yang sudah ada sejak puluhan tahun ini tak pernah berubah. Masih ditempat yang sama. Berada di pusat pasar Gresik. Tetap sederhana. Jualannya diatas meja sederhana dengan sedikit tempat duduk.

nasi krawu buk mila


nasi krawu buk mila


Saya mengenal nasi krawu bu Mila sejak saya masih kecil, lebih dari 30 tahun yang lalu. Orang tua saya, sering mengajak saya ke pasar Gresik, sekedar untuk berbelanja dan tentu saja menikmati kuliner khas Gresik yang banyak dijumpai disini. Dan ketika ke Pasar Gresik mereka sering mengajak saya menikmati nasi krawu bu Mila.

Jika dulu saya datang kemarin bersama orang tua, pagi  ini saya datang bersama anak saya. Seperti halnya saya, dia juga suka nasi krawu. Kami paling suka menikmati nasi krawu sebagai santapan pagi.

Duduk di depan nasi krawu bu Mila langsung disambut aroma gurih daging dalam lautan minyak. Bongkahan babat goreng, paru dan usus goreng dengan ukuran besar membuat nafsu makan semakin liar.

Saya memesan dua nasi krawu. Dengan gegas bu Mila menyiapkan dua pincuk nasi krawu. Nah, ini yang menjadikannya spesial, nasi krawu ini selalu dihidangkan diatas sepincuk daun pisang. Tak hanya membuat tampilannya terlihat klasik tapi juga menghadirkan rasa dan aroma yang khas.

Dalam satu pincuk nasi krawu berisi nasi punel, daging krawu, serundeng dan sambal. Daging krawu disini di suwir suwir. Dagingnya lumayan banyak. Sebelum disuwir suwir daging dimasak dengan bumbu. Daging yang sudah masak disuwir suwir kemudian dimasak bersama dengan bawang dengan jumlah yang banyak. Memasaknya dengan jumlah minyak melimpah.

nasi krawu buk mila


nasi krawu buk mila

nasi krawu buk mila



Rasa gurih daging berpadu dengan kuatnya rasa bawang membuat aromanya kuat. Rasanya tentu saja lumer dilidah. Nggak terlalu berbumbu. Daging yang berapa suwiran ini mudah dikunyah dimulut. Jika suka dan nggak takut kolesterol, kita bisa menambahkan daging babat, paru dan juga usus. Karena saya memiliki kolesterol, jadi jeroan kesukaan terpaksa saya lewatkan dulu.

Serundengnya terbuat dari kelapa disangrai, ada dua macam serundeng orange dan kuning. Serundengn merah rasanya sedikit pedas. Sedangkan serundeng kuning rasanya gurih.

nasi krawu buk mila


nasi krawu buk mila


Yang menjadikanya spesial adalah sambalnya. Berbeda dengan sambal yang lain. Sambal bu Mila ini dibuat dengan campuran petis. Dengan tekstur yang padat. Rasa pedas yang pas berpadu dengan gurihnya petis membuat mulut nggak berhenti mengunyah. Jujur saja, satu bungkus nasi krawu ini sebenarnya nggak cukup, Meski kenyang, tapi tetep saja pingin nambah. Doyan apa rakus? hehehe

Nasi krawu bu Mila nggak hanya enak tapi juga murah. Satu pincuk nasi krawu dijual dengan harga Rp. 10.000 saja. Sebagai pelepas rasa pedas, disebelah ada penjual es kopyor. Hargany Rp. 4.000. Pagi yang terasa sempurna dengan sebungkus nasi krawu bu mila dan segelas es kopyor.

 

Opening Hours
Buka Jam 08.00 - Habis (sore)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY