Raja Soto Lama H. Suradi, Kuliner Soto Unik Pakai Bumbu Kacang Khas Purwokerto!

kuliner enak di purwokerto

chiwing | Sightseeing
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia | halal
09 Jul 2019


Raja Soto Lama H. Suradi, Kuliner Soto Unik Pakai Bumbu Kacang Khas Purwokerto!
Khas banget soto yang satu ini mah, rasanya nendang!

Beberapa hari yang lalu lagi sibuk ngurus sesuatu di Purwokerto. Seperti biasa kalau lagi jalan ke luar kota waijb banget nyobain makanannya yang unik atau khas. Kali ini berkat salah satu rekomendasi dari temen aku akhirnya kami mengunjungi tempat makan soto khas kota ini, namanya adalah Raja Soto Lama H. Suradi.

kuliner enak di purwokerto
Katanya yang unik dari soto ini adalah diberi bumbu kacang. Kan biasanya soto diberi sambel dan perasan jeruk limau nah bumbu kacang ini yang bikin unik. Lokasi dari Raja Soto Lama H. Suradi ini berada di Jl. Mayjend Sutoyo No. 55, Purwokerto, Jawa Tengah. Tempatnya berada di tengah kota jadi cukup mudah dijangkau dan ditemukan.

kuliner enak di purwokerto
Dari depan Raja Soto Lama H. Suradi ini terlihat kecil tapi begitu masuk ternyata tempatnya cukup besar dan banyak tersedia meja dan kursinya juga. Disini memang menjual soto tapi tidak hanya menjual satu jenis soto saja. Soto disini mulai dari soto daging sapi, soto daging ayam, soto babat & iso, soto sekengkel urat, soto campur (sapi + babat + iso + urat). Jadi disini kalian nggak pernah perlu bingung mau makan soto yang mana.

soto enak di purwokerto
Kemarin aku pesen yang soto campur karena pengen dapet daging dan uratnya juga. Yang seru disini kita bisa melihat proses meracik sotonya. Isiannya adalah potangan ketupat, tauge, remahan kerupuk warna-warni, irisan daun bawang, potongan daging, dan baru deh terakhir disiram dengan kuah sotonya yang berwarna keruh penuh kaldu.

kuliner enak di purwokerto
Begitu siap maka sotonya akan diantar ke meja kalian. Oiya disini juga menyediakan menu gorengan berupa mendoan. Dan si mendoan ini katanya cepet banget habisnya kalau kalian telat. Untung kemarin aku masih sempet kebagian mendoannya dan masih panas banget baru diangkat dari penggorengan.

Pertama melihat sotonya agak kaget sih karena per mangkok isinya banyak banget kelihatan full menjulang. Yang bikin rame si remahan kerupuk warna-warni ini terlihatan menarik. Kalau biasa kita makan kerupuk dipisah masih garing nah ini bener-bener disiram sama kuah sampai kerendam jadinya kerupuknya lembek enak hahaha.

kuliner enak di purwokerto
Aku nyobain kuahnya dulu, rasanya gurih dan rempahnya berasa, kaldunya juga nggak kalah nendang. Jangan lupa tambahkan bumbu kacangnya. Bumbu kacang ini sekilas mirip bumbu pecel. Rasanya gurih dan sedikit pedas jadi sebelum masukin kedalam mangkuk cobain dulu sedikit ya. Aku udah mulai cocok sih sama rasanya makanya aku langsung masukin satu sendok bumbu kacangnya.

kuliner enak di purwokerto
Daging yang diberikan cukup banyak sih jadi kayak puas banget makannya. Teksturnya empuk dan bumbunya meresap, kenyal dan nggak bau dong pastinya. Tauge yang di dalemnya sekilas mirip mie pada soto, emang ini soto beda ya sama yang sering aku makan di Jawa. Ketupatnya ukurannya juga pas jadi nggak terlalu kekenyangan bego kalau makan ini.

kuliner enak di purwokerto
Aku pribadi sangat menikmati makanan ini sih, karena beneran enak dan unik banget buat aku yang pertama kali makan soto begini dengan tambahan bumbu kacang. Nah terakhir si mendoan nih. Mendoan disini ukurannya cukup lebar. Ukurannya tipis tipis dan digoreng dengan tepung yang menyelimuti mendoannya. Disini mendoan nggak digoreng sampek garing dan itu kesukaanku banget.

Untuk harga makanan disini semuanya masih terjangkau sih. Per orang ya kurang lebih 50.000 aku lupa harganya hehehe. So buat kalian yang di Purwekerto jangan lewatkan kuliner unik satu ini ya!

Opening Hours
09:00 - 21:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY