Nyobain Makan di Tahu Gimbal Pak Yono, Ternyata Rasanya.....

tahu gimbal pak yono

who1100 | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
05 Jul 2019


Nyobain Makan di Tahu Gimbal Pak Yono, Ternyata Rasanya.....
Makanan favorit dimanapun berada!

Jalan-jalan di Jogja kurang pas kalau tidak mencicipi kulinernya. Kemarin lagi asik jalan-jalan di daerah Jetis, Yogyakarta terus berujung alfok sama salah satu kedai makanan yang rame banget pengunjungnya. Dilihat dari tulisannya itu adalah kedai tahu gimbal, namanya adalah Tahu Gimbal Pak Yono.

Sebenernya aku udah beberapa kali nyobain tahu gimbal pas di Semarang, karena emang makanan satu ini adalah makanan khas Semarang. Karena Tahu Gimbal Pak Yono ini terlihat menarik dan ramai jadi apa salahnya mencoba.

tahu gimbal pak yono
Untuk lokasi persisnya Tahu Gimbal Pak Yono ini berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No. 17, Jetis, Yogyakarta. Tempatnya sederhana seperti warung makan simple pada umumnya. Terlihat dari depan ada gerobak yang digunakan untuk meletakan bahan-bahan dan tersedia 1 kompor untuk menggoreng tahu dan telor.

Kalau aku lihat dari ceritanya sih Tahu Gimbal Pak Yono sudah buka sejak tahun 80an yang menjual pak Yono sendiri dengan cara berkeliling menggunakan pikulan. Kalau yang sekarang kan yang menjual disini adalah anak dari Pak Yono. Jadi sekitar tahun 1997 Pak Yono akhirnya berualan disini hingga sekarang. Yang membuat Tahu Gimbal Pak Yono ini selalu ramai karena mereka menjaga resep dan menjaga konsistensi rasa yang disuguhkan.

tahu gimbal pak yono
Oke langsung aja aku pesen satu porsi tahu gimbal ini. Yang seru disini karena mereka menggorengnya di gerobak depan kita bisa melihat proses pembuatannya. Dalam satu porsi tahu gimbal ini terdapat beberapa potongan ketupat, sayuran seperti toge dan kol yang udah di potong panjang-panjang, tahu goreng, gimbal udang (seperti dadar udang/peyek udang). Untuk bumbunya tentu saja menggunakan bumbu kacang! Disini setiap harinya bisa menghabiskan belasan kilo kacang tanah. Dan mereka menumbuknya semua secara tradisional, tidak menggunakam blnder.

Untuk bumbu kacangnya diberi campuran petis dan siraman air. Air ini adalah campuran dari gula merah, gula pasir, daun jeruk, daun serai, dan juga lengkuas. Setelah komponen tadi diletakan baru diatasnya disiram dengan bumbu kacang tadi, dan juga kecap manis. Kalau dilihat dari teksturnya sih memang bumbunya masih sangat bertekstur jadi tidak terlalu halus.

tahu gimbal pak yono
Setelah menunggu giliran akhirnya satu porsi tahu gimbal ini siap di santap. Porsi cukup banyak, dan terlihat menggunung. Pertama aku campur dulu bumbu dan kompononen dibawahnya. Begitu udah tercampur baru deh hap! Yang pertama terasa di lidah adalah hangat dari tahu dan bumbu kacangnya. Rasa bumbu kacangnya enak dan gurih, petisnya terasa apalagi aku pesen pedes jadi lebih nikmat dicampur dengan cabe rawitnya. Selanjutnya aku nyobain gimbal udangnya. Udang yang digunakan ukuraannya sedang, jadi tidak kecil dan tidak terlalu besar. Udangnya garing, dan lapisan tepungnya tipis crunchy juga. Rasanya juga pas sama bumbu kacangnya.

Selain itu tambahan telor ceplok diatasnya membuat makanan ini jadi gurih. Emang ya kayaknya telor ini cocok dimakan sama makanan apa aja hahaha. Sedangkan toge dan kolnya menambah cita rasa tersendiri, rasanya ajdi segar dan bertekstur di dalam. Sekilas kayak makan salad tapi dressingnya bumbu kacang hehehe.

tahu gimbal enak
Oke untuk harga makanan disini semuanya masih terjangkau. Satu porsi tahu gimbal dan minuman tidak sampai 20.000. Rasanya enak, gurih, dan juga kebersihannya terjaga. Nah buat kalian yang mau makan tahu gimbal enak khas Semarang yang ada di Joga, kalian harus kesini!

Opening Hours
08:00 - 16:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.