Nikmatnya Ngopi di Sgara Coffee: Serasa di Rumah..

sgara coffee cafe samarinda

redjo | Sightseeing
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia | halal
19 Jun 2019


Nikmatnya Ngopi di Sgara Coffee: Serasa di Rumah..
Nggak perlu jauh jauh ke luar kota, Samarinda punya ini!

Ngopi belakangan ini menjadi lifestyle banyak orang di Indonesia. Ngga hanya di kota-kota besar, tapi juga di daerah-daerah. Termasuk saya adalah orang yang punya lifestyle harus ngopi di setiap pagi, meskipun itu bukan sebuah kebiasaan yang baik tapi saya tetap berusaha untuk menikmatinya. Well, libur lebaran kemarin aku punya sekitar seminggu waktu luang. Daripada saya habiskan di rumah aja, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Samarinda mengunjungi beberapa saudara disana. Namanya juga momen lebaran, jadilah banyak keluarga yang berkumpul di rumah paman saya. Disela-sela acara kumpul keluarga, salah satu saudara saya pun ngajak untuk ngongkrong di sebuah tempat ngopi bernama Sgara Coffee.

Sgara Coffee ini lokasinya ada di Jalan Wijaya Kusuma no XII, Samarinda. Ternyata cafe ini baru buka sekitar setahun lalu guys dan kata saudara saya sih tempatnya enak, dia pun sering nongkrong disini. Saat pertama kali saya masuk kesini, rasanya seperti ada di rumah. Cafenya homey banget dan ternyata memang konsep yang diusung pemiliknya adalah ngopi seperti di rumah sendiri. Hal ini memang terlihat dari cafenya yang seperti rumah sehingga ambiencenya bener-bener nyaman.

sgara coffee cafe samarinda

Nama Sgara berasal dari bahasa Jawa, yaitu Segoro yang berarti lautan. Pemiliknya memberi nama ini karena berharap Sgara ngga hanya menggali yang udah ada tapi juga menggali apa yang ada diluar sana. Kalo secara filosofi lautan itu luas, jernih dan tenang.

Sgara Coffee menyediakan beragam jenis kopi Nusantara dan juga biji kopi dari Panama. Teknik menyeduhkan kopi di Sgara Coffee ini dengan dua cara, yaitu dengan mesin dan manual brew. Disini juga para barista akan sedikit mengedukasi pengunjung bagaimana cara menikmati kopi dengan benar. Jadi Sgara Coffee tidak hanya jadi rumah untuk menikmati kopi tapi juga tempat berdiskusi dan ngobrol tentang bagaimana menikmati kopi. Menarik sekali guys menurut saya karena pengunjung juga bisa menambah pengetahuan tentang kopi. Apalagi buat kalian yang hanya paham kalo kopi itu pahit, pasti kalian bisa menemukan kenikmatan dari kopi ini. Seperti saudara saya yang awalnya tidak suka minum kopi ini.

sgara coffee cafe samarinda

Selain menu kopi, disini juga disediakan menu non-coffee. Untuk makanan ringannya sendiri juga ada beragam guys, ada sandwich, kentang goreng, burger dan masih banyak lagi lainnya. Standart sih, sama seperti cafe pada umumnya.

sgara coffee cafe samarinda

sgara coffee cafe samarinda

Kebetulan kemaren saya pesen minuman yang non-coffee dan baristanya menawarkan salah satu menu andalan yaitu Charcoal Latte. Minuman ini terbuat dari activated charcoal alias arang aktif yang kemudian dicampur dengan susu yang creamy sehingga menimbulkan rasa manis dilidah. Enak banget guys, saya sendiri belum pernah minuman minuman seperti ini sebelumnya. Sebenernya yang bikin tambah nikmat lagi adalah ambience cafenya yang bener-bener nyaman, berasa seperti sedang minum kopi di rumah, apalagi ditemenin sama saudara-saudara saya.

sgara coffee cafe samarinda

Untuk harga menu disini kalian tidak usah khawatir akan membuat kantong kalian jebol. Harga kopi dan makanannya mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 100.000. Harga yang menurut saya masih masuk akal untuk secangkir kopi yang nikmat di tempat yang nyaman.

Buat kalian yang berencana liburan ke Samarinda, ngga ada salahnya untuk mampir sejenak di Sgara Coffee ini. Apalagi momen lebaran begini, rasanya bener-bener seperti pulang ke rumah sambil menikmati secangkir kopi bersama keluarga. Mantap banget guys!

Youtube by Kerumut

Opening Hours
Sabtu - Kamis: 11.00 - 23.00 Jumat: 15.00 - 23.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY