Cafe Sawah : Kafe dan Resto Unik di Desa Wisata Pujon Kidul

cafe sawah pujon kidul

serlievidia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
10 Jun 2019


Cafe Sawah : Kafe dan Resto Unik di Desa Wisata Pujon Kidul

Mengulik tempat wisata atau kuliner Malang memang tidak akan ada habisnya. Kota ini terus mengembangkan sektor pariwisata dan kuliner untuk menarik perhatian para pengunjung. Bagi teman-teman pecinta kuliner, jika mampir ke Batu, tidak ada salahnya mampir ke Cafe Sawah Pujon Kidul. Kafe ini terletak di Desa Wisata Pujon Kidul, Krajan, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kafe dan resto ini memang dibangun dengan konsep menyuguhkan pemandangan alam karena letaknya yang berada di tengah sawah. 

Untuk mencapai kafe ini, terdapat dua jalan alternatif. Jika kalian dari arah Alun-alun Batu, lurus menuju Jl. Panglima Sudirman-Jl. Trunojoyo kemudian melewati Wisata Payung Batu sampai menemukan Patung Sapi Pujon. Dari Patung Sapi menuju arah Coban Rondo sekitar 100 m terdapat Jl. Beringin dan masuk ke dalam sekitar 4 km. Namun jangan khawatir, cukup dengan mengikuti papan petunjuk yang ada di ruas jalan kalian akan sampai di parkiran motor dan mobil Cafe Sawah. 

cafe sawah pujon kidul
Saya bersama keluarga besar memutuskan untuk menikmati momen lebaran di kafe ini karena harga tiket masuknya yang murah dan harga makanan di sana cukup terjangkau. Harga tiket masuknya adalah Rp8.000/ orang ketika hari libur sedangkan hari biasa hanya Rp.5.000. Ketika di pintu masuk kami juga membayar jasa parkir sebesar Rp.3.000. Sangat murah kan? Apalagi tiket masuk kafe ini digunakan sebagai voucher senilai Rp.5.000 yang dapat ditukarkan dengan makanan/ minuman yang dijual.  Ketika memasuki parkiran motor, di sebelah kiri  berjejer warung yang menjual jajanan kecil seperti lupis, snack ringan, dan lain-lain. Di dekat parkiran juga tersedia tiga toilet berbayar.

cafe sawah pujon kidul

Suasana Parkiran di Cafe Sawah

Sepanjang perjalanan dari parkiran, kami disambut oleh stan/warung yang jumlahnya sangat banyak. Ada foodstreet seperti cilok, rambut nenek, jasuke, sempol, dan masih banyak lainnya. Selain itu, terdapat juga toko yang menjual oleh-oleh berupa merchandise dan buah-buahan sehingga kalian tidak perlu bingung ketika mencari buah tangan sepulang dari tempat ini. 

cafe sawah pujon kidulcafe sawah pujon kidul
Stan Jajanan Kecil

Jika dilihat dari luas area kafe ini sangatlah luas. Karena terdapat beberapa tempat makan yang terpisah. Ada yang seperti warung biasa, ada yang berupa gazebo, atau rumah gadang. Meski berlokasi di tengah sawah, namun pihak pengelola benar-benar membangun tempat ini dengan sangat baik. Selain itu, kafe berkonsep outdoor ini  variasinya sangat banyak mulai dari jenis makanan, tempat makan, bahkan dilengkapi dengan berbagai permainan sehingga pengunjung mendapatkan paket lengkap ketika datang ke mari. Setelah melewati stan-stan jajanan dan oleh-oleh, di sisi kiri terdapat kawasan The Roudh 78 yang menyediakan wahana permainan air seperti water ball-bola berukuran sangat besar sehingga kita dapat duduk atau berjalan di dalamnya, shooting paint ballyang berhadiah kaos atau naik kuda jika dapat menaklukkan 5 target. Bagi teman-teman yang suka tantangan, kalian dapat menjajal sensasi naik kuda mengelilingi kafe sawah. Cukup dengan membayar RP.45.000, kalian berkeliling kafe sebanyak 2 putaran. 

cafe sawah pujon kidulcafe sawah pujon kidul
The Roudh 78 dan Fantasy Land

Kalian juga dapat naik motor ATV yang tiketnya dibandrol dengan harga terjangkau, yakni Rp.50.000 untuk 5 kali putaran. Jika kalian ingin lebih menantang, dapat memilih paket wisata adventure sejauh 15 km yang ditempuh dengan motor. Harga sewa motor untuk 1 unitnya adalah Rp.350.000/ unit, Rp.300.000/ 2 unit, Rp.250.000/3 atau 4 unit, dan Rp.200.000/minimal 5 unit. Selain bermain dan berkuliner, kalian juga dapat mencoba wisata petik stroberi dan kebun bunga matahari juga lho! Jadi kalian dapat selfi sambil belajar memetik stroberi dan menikmati pemandangan hamparan bunga matahari.Bagi yang suka foto selfie, kalian dapat mencoba Fantasy Land yang cocok dijadikan tempat selfie karena ada banyak spot foto menarik di dalamnya.

cafe sawah pujon kidulcafe sawah pujon kidul
Persewaan ATV dan Trail

Saya dan keluarga memilih makan di bagian gazebo outdoor dengan pemandangan sawah. Di sini juga banyak spot foto bertuliskan Desa Wisata Pujon Kidul, ada kolam ikan, dan hamparan taman bunga, buah, dan sayuran sehingga membuat udara sangat sejuk. Pintu masuknya ditandai dengan tulisan Cafe Sawah. Terdapat beberapa peraturan bagi pengunjung yang memasuki kawasan ini, yakni tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi jangan khawatir jika sudah terlanjur membawa bekal dari rumah. Kalian dapat menitipkannya di tempat penitipan barang yang terletak tepat di sisi kiri pintu masuk. Nanti kalian akan diberi nomor pengambilan barang ketika pulang. 

Pertama kali masuk, kami disambut dengan ruangan semi-indoor dengan berjajar kursi dan meja makan. Sedangkan di sekelilingnya terdapat stan makanan untuk mengambil makanan. Oh ya, di sini kalian dapat mengambil makanan sendiri secara bergantian, baru kemudian ke kasir untuk membayar. Karena kami ke sana saat lebaran hari kedua, suasana sangat ramai. Oleh sebab itu, kami memutuskan untuk turun ke daerah ground dimana gazebo-gazebo dan spot foto berada dengan maksud mencari tempat terlebih dahulu sebelum memesan makanan. Beruntung, kami langsung mendapat tempat tepat berada di sisi kiri dari tangga. Tempat ini cukup strategis dari tempat pesan makanan sehingga tidak perlu capek naik turun tangga. Setelah itu, kami akhirnya memesan makanan karena antrean sudah mengular. 

cafe sawah pujon kidulcafe sawah pujon kidul
Pintu Masuk Cafe Sawah

Pertama, kami mengambil piring yang terbuat dari anyaman rotan yang sudah diberi alas kertas minyak. Kemudian kami mengantre nasi, sayur, dan lauk. Makanan yang disediakan berkonsep "ndeso" yaitu makanan tradisional khas jawa. Ada nasi jagung, nasi putih, dan nasi empog. Untuk sayur ada urap-urap, aneka sayur dan tumis, sedangkan untuk lauk ada ayam, tempe, bakwan jagung, telur, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari harga, menurut saya tergolong murah. Harga lauk berkisar antara Rp.1.000 sampai Rp. 8.000, sayur dihargai mulai dari Rp.4.000 sampai dengan Rp.7.000.Sedangkan harga nasi perporsinya dihargai Rp.5.000. Akhirnya saya dan keluarga memesan nasi jagung, nasi putih, dan urap, bakwan jagung serta telur ceplok, serta jus. 

cafe sawah pujon kidulDaftar Menu Cafe Sawah


Setelah selesai, kami menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Untuk 5 piring dengan sayur dan lauk yang berbeda, ditambah 3 jus jambu dihargai Rp.130.000. Saya kurang paham mengenai sistem penghitungannya per porsi atau dilihat banyak sedikitnya makanan yang kita ambil mengingat konsep prasmanan. Namun menurut saya harga tersebut masih terjangkau karena porsi dalam 1 piring sangat banyak. Kemudian, kami langsung kembali ke gazebo untuk menyantap makanan. Suasana Pujon siang itu sangat panas, berteduh di gazebo sambil menikmati pemandangan hijau yang menghampar ditemani makanan dan minuman menu jawa memberikan kesan serasa di desa yang masih asri. 

cafe sawah pujon kidulSaya dan Keluarga menyantap makanan 

Menu pertama yang kami pesan adalah nasi jagung dengan mie, sayur trancam dan lauk telur ceplok dan ayam chrispy. Keliatannya campur-campur ya, tapi  enak kok! Sementara menu kedua kami memesan nasi jagung dengan lauk bakwan jagung dan tempe. Sayurnya urap-urap. Menurutku, rasa urap-urap sama bakwan jagungnya juara. Menu ketiga nasi jagung, urap-urap dengan bakwan jagung dan mendol (olahan tempe) dimakan pakai sambal. Ohya, buat kalian yang asing dengan urap-urap adalah hidangan salad berupa sayuran yang direbus yang dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Sayur-sayurnya terdiri dari tauge, bayam, kacang, daun pepaya, dll. Sedangkan trancam ini sejenis dengan urap-urap namun pilihan sayurnya lebih sedikit yaitu tauge, kacang panjang, daun kemangi dan irisan sawi putih. Sayur segar itu kemudian dicampur dengan kelapa parut yang sudah diolah dengan bumbu. 

cafe sawah pujon kidul

cafe sawah pujon kidulcafe sawah pujon kidul

cafe sawah pujon kidul
Makanan yang kami pesan


Pemandangan di hadapan kami sangatlah bagus dan membuat kami betah berlama di sini. Kebetulan letak gazebo kami di atas dekat pintu masuk, sehingga kami bisa menikmati pemandangan kafe sawah dari atas. Terlihat petak-petak taman sayuran dan bunga yang sengaja ditanam untuk memperindah kawasan ini. Banyak juga gazebo dan bangunan joglo atau bale yang dapat kalian pilih untuk tempat makan. Di sini juga cocok dijadikan spot foto karena terdapat ikon desa wisata pujonkidul dan Malang Kabupaten. Meski tempatnya berada di ground dan harus menuruni tangga, namun menurut saya pribadi masih tergolong aman untuk anak atau lansia. Tapi tentu tetap dengan pengawasan, ya. 

cafe sawah pujon kidulSuasana Kafe Sawah Bagian Ground.


cafe sawah pujon kidul
Spot foto dengan ikon Desa Wisata Pujon Kidul


Untuk fasilitas, selain toilet, kafe ini juga menyediakan fasilitas musala sehingga memudahkan umat muslim untuk beribadah sesuai waktunya tanpa harus keluar dari kafe. Bentuk musala ini unik karena berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu. Tempat wudlunya berada tepat di depannya namun sayang, tidak dibedakan untuk perempuan dan laki-laki sehingga kurang nyaman. 

Bagi teman-teman yang ingin menikmati alam, menurut saya kafe ini dapat menjadi salah satu alternatif tujuan wisata kuliner kalian bersama dengan orang-orang terkasih. Karena  konsepnya yang unik yakni pedesaan, harga makanan dan minumannya juga terjangkau. Dan lagi, cocok untuk spot berfoto dan bermain karena ada banyak pilihan permainan. Sungguh paket lengkap, bukan? 

Opening Hours
Setiap hari pukul 08.00-20.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY