pritagizela | Explorer
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | Historical Places
05 Oct 2021

282914

Gedung Sate: Ikon Kota Bandung yang Bersejarah

Gedung Sate ini tak hanya menjadi ikon kota Bandung yang terkenal, namun juga menjadi salah satu wisata sejarah yang menarik

What to Do Gedung Sate Bandung

Setelah sekian lama ngga pergi ke Bandung, akhirnya minggu lalu aku putusin buat jalan-jalan lagi kesana. Kota yang mendapat sebutan sebagai Kota Kembang ini cantiknya emang ngga pernah luntur ya guys, soalnya banyak banget daya tariknya yang bikin wisatawan selalu ingin kembali kesana. Nah, sebagai destinasi wisata paling utama kalo lagi ke Bandung adalah berkunjung ke Gedung Sate.

Gedung Sate: Ikon Kota Bandung yang Bersejarah

Gedung Sate ini emang jadi ikon kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat karena dinilai bersejarah juga punya bentuk bangunan yang cukup unik. Sebenernya aku udah pernah ke Gedung Sate ini sebelumnya, tapi ngga sempet masuk ke dalem. Nah, kebetulan minggu lalu aku ada kesempatan buat masuk ke dalam halamannya aja nih guys buat foto-foto, tapi ngga lama juga waktunya karena waktu itu lagi ada kunjungan Wakil Presiden RI disana.

Nah, memasuki Gedung Sate ini sama sekali ngga dikenakan biaya ya guys. Gedung yang sekarang berfungsi sebagai kantor Gubernur Jawa Barat ini memang punya gaya bangunan yang unik dan menarik. Bangunan gedung ini memang sangat kental nuansa kolonialnya, tak heran jika banyak yang mengunjungi gedung ini untuk berwisata sejarah.

Gedung Sate Bandung

Gedung Sate ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang karena pertama kali dibangun pada tahun 1920. Perancang gedung ini dilakukan oleh beberapa arsitek, seperti Ir. J. Gerber, Ir. G. Hendriks dan Gemeente van Bandoeng. Bangunan ini tak hanya menonjolkan unsur tradisional Indonesia, namun juga mengadopsi beberapa aliran arsitek di beberapa bagian gedungnya. Misalnya seperti di bagian jendela yang mengusung konsep Moor Spanyol dan adanya ornamen batu yang disebut sebagai arsitektur Candi Borobudur.

wisata sejarah Gedung Sate BandungBagian Jendela Gedung Sate yang unik

Awalnya gedung ini digunakan sebagai aktivitas Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan umum, kemudian menjadi pusat Pemerintahan Hindia Belanda di Bandung. Gedung ini juga pernah menjadi tempat sebuah peristiwa sejarah, yaitu serangan dari pasukan Gurkha yang mengakibatkan gugurnya 7 orang pemuda yang ingin mempertahankan gedung ini.

Sebenernya guys, Gedung Sate ini punya berbagai fasilitas wisata yang bisa membuat siapapun betah. Seperti adanya Diorama Sejarah, Pemutaran Film Sejarah hingga museum. Sayangnya, kemaren aku ngga sempet buat melihat itu semua karena emang kondisinya Gedung Sate yang lagi rame banget juga karena masih pandemi yang mungkin membuat beberapa fasilitas umum tersebut ngga bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Rekomendasi wisata Bandung

Akhirnya, aku cukup menikmati keindahan bangunan Gedung Sate ini dari halamannya saja. Untungnya nih guys, lingkungan di sekitar Gedung Sate ini ramah banget karena ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang dan tumbuhan hijau yang membuat mata segar. Apalagi ditambah dengan udara Bandung yang sejuk. Ohya, di sekitar Gedung Sate ini juga ada beberapa kolam ikan yang membuat suasananya semakin adem.

Wisata hits di BandungTaman di Sekitar Gedung Sate

Nah, kalo kalian berencana untuk ke Bandung dan suka berwisata sejarah, jangan lupa ya buat mampir ke Gedung Sate ini. Minimal kamu harus berfoto di depan gedung bersejarah ini karena Gedung Sate ini adalah ikon kota Bandung. Selamat berlibur.

Video by Gotravelly

How to Get There Gedung Sate Bandung

Buat kalian yang belum tahu, Gedung Sate ini lokasinya ada di Jalan Diponegoro No 22, Bandung. Lokasinya tepat berada di depan Lapangan Gasibu yang terkenal itu guys. Karena lokasinya ada di tengah kota, kamu bisa menuju kesini menggunakan berbagai kendaraan. Kalo ngga pengen ribet, kalian bisa langsung order ojek online aja buat kesana.

Tips and Trick Gedung Sate Bandung

  • Taati Protokol kesehatan
  • Pakai masker dan cuci tangan
  • Bawa Kamera
  • Jaga kebersihan
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.