142 views | 1 Likes

Curug Muara Jaya, Surga Tersembunyi di Majalengka Jawa Barat

4 star (from 1 people)
Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 11 July 2019, 17:02:07

Temukan surga tersembunyi Majalengka yang cantik!

How to Get There

Curug Muara Jaya Majalengka. Udah lama nggak jalan ke Majalengka. Kali ini dapet kesempatan buat main lagi nih. Awalnya sih cuma iseng minta diajakin temen, eh diajak beneran. Lumayan lah ya sekalian liburan hihi. Biar nggak wacana, jadi langsung berangkat deh keesokan harinya. 

Curug Muara Jaya beralamat di daerah Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya ada di lereng Gunung Ciremai. Nggak heran kalo untuk menuju kesini jalannya cukup susah dilalui. Tapi nggak perlu khawatir, masih bisa kok kalo mau pake kendaraan roda 4. Siapkan kendaraan dengan kondisi fit ya, karena jalan yang dilalui cukup ekstrim.

Awalnya emang cukup mudah jalanannya, tapi makin deket sama lokasi makin susah. Kendaraan roda 4 bisa aman sampe lokasi kok, nggak perlu ragu buat kalian yang mau bawa mobil. 

Youtube : chikachu45

What to Do

Curug Muara Jaya ini punya sebutan lain lho, yakni Curug Amuy, namanya diambil dari nama pohon pisang amuy, lucu juga sejarahnya. Pengunjung juga diperbolehkan membawa pisang amuy saat pulang dari Curug Muara Jaya, tapi kalo lagi musim ya hehe. Oh iya, sebelum sampe di lokasi air terjun, pengunjung harus jalan kaki dulu melewati jalan setapak dan jembatan kayu. 

Nggak lama kok jalan kakinya, pengunjung langsung disuguhkan dengan indahnya Curug Muara Jaya di depan mata. Suasananya langsung fresh banget liat air mengalir yang seger sekaligus suasananya yang menenangkan. 

Untuk masuk ke kawasan Curug Muara Jaya Ini nggak perlu biaya mahal. Hanya dengan bayar Rp 6000,- aja per orang, pengunjung bisa menikmati indahnya Curug Muara Jaya. 

Curug Muara Jaya majalengka

Curug Muara Jaya majalengka

Buat kalian yang suka ngecamp, Curug Muara Jaya bisa dibuat ngecamp juga lho. Untuk ngecamp disini, pengunjung dikenakan biaya Rp 3500,- per orang. Yok ajakin temen kalian yang suka ngecamp buat dateng kesini. 

Fasilitas di Curug Muara Jaya Idah cukup lengkap. Ada penjual makanan atau warung juga kok disini, jadi kalian nggak perlu repot bawa bekal makanan atau minuman ya. Tapi kalo mau lebih hemat sih gapapa.

Curug Muara Jaya majalengka

Curug Muara Jaya ini punya 2 tingkatan air terjun, ketinggiannya hingga 73 meter lho. Tingkatan yang pertama tingginya 60 meter dan tingkatan yang kedua tingginya hanya 13 meter aja. Pengunjung bisa milih nih mau menikmati indahnya Curug Muara Jaya di bagian airnya atau di tepinya saja. Terdapat banyak sekali tempat duduk atau tempat istirahat yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat, makan, ataupun sekedar bersantai sambil nikmatin indahnya Curug Muara Jaya ini. 

Curug Muara Jaya majalengka

Aliran Curug Muara Jaya ini jernih dan bersih banget. Airnya masih alami, jangan lupa sempatkan pegang airnya biar ngga penasaran wkwk. Di sekeliling air terjun pun juga ditumbuhi dengan berbagai tanaman dan ditumbuhi banyak pepohonan, tentunya bikin suasana sekitar makin keren. 

Kalau lagi beruntung, kalian bisa menyaksikan acara adat disini. Biasanya, warga setempat melaksanakan acara atau upacara adat di kawasan Curug Muara Jaya ini. Biasanya sih dilakukan pas lagi panen raya. Cari tahu jadwalnya dulu ya kalo kalian pengen sekalian kesini dan pas ada acara adat hihi. Selamat kesini temen temen.

Tips and Trick

  • Yang suka ngecamp dan mau ngecamp disini, jangan lupa bawa peralatan yang lengkap ya
  • Jangan lupa bawa camera wkwk
  • Bawa bontotan dari rumah asik kok untuk dinikmati disini bareng keluarga

Gallery (4)

Comments (1)