309 views | 1 Likes

Kawah Cibuni Rengganis, Surga Tersembunyi Di Bandung

4 star (from 1 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 27 February 2019, 14:50:29
tiffany
Tourist

Pemandangan yang ada di Kawah Cibuni Rengganis ini pantas di sebut "Surga tersembunyi di Bandung" karen pemandangannya yang indah!

How to Get There

Kalau denger Bandung Jawa Barat, tentunya yang ada di pikiran adalah tempat wisata wkwk. Karena bosen sama wisata Bandung yang itu itu aja, alhasil aku browsing buat cari wisata yang nggak mainstream di Bandung. Eh nemu deh satu wisata yang bikin aku dan keluarga pensaran banget pengen mengunjunginya.

Kali ini liburannya mengunjungi kawah aja lah ya. Kawahnya terkenal dengan sebutan Kawah Cibuni Rengganis. Lokasinya ada di kawasan Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Kalau kalian pernah ke Situ Patenggang, lokasinya nggak jauh dari situ guys. Jarak dari Situ Patenggang menuju ke Kawah Cibuni Rengganis ini berkisar 2 kilometer saja. Yap, Kawah Cibuni Rengganis ini memang masih masuk di kawasan Ciwidey, jadi pasti kalian tau lokasinya ya hehe.

kawah cibuni rengganis

What to Do

Setelah melakukan perjalanan pagi, tibalah kami di kawasan wisata Kawah Cibuni Rengganis. Oh iya, dulunya kawah ini hanya memiliki sebutan Kawah Cibuni, karena memang masih masuk di kawasan Cibuni. Namun kini, nama resmi dari kawah ini adalah Kawah Rengganis.

Dateng kesini emang paling enak menggunakan kendaraan roda 2. Karena kalau kalian datang dengan menggunakan kendaraan roda 4, kalian harus memarkir kendaraan di luar pintu masuk. Trekkingnya lumayan, memakan waktu 10 hingga 15 menit perjalanan.

Untuk masuk ke kawasan Kawah Cibuni Rengganis, nggak perlu biaya tiket yang mahal. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp 15.000,- saja, pengunjung udah bisa menikmati keindahan kawah yang satu ini.

kawah cibuni rengganis

kawah cibuni rengganis

Kalau kalian pernah datang ke Kawah Putih Bandung, kawah yang satu ini beda dengan kawah tersebut. Kawah Cibuni Rengganis memiliki lokasi yang nggak terlalu luas, namun sangat estetik karena banyaknya bebatuan yang ada. Kawah Cibuni Rengganis masih dikelilingi dengan hijaunya pepohonan. Nggak heran kalau Kawah Cibuni Rengganis ini makin melejit karena keindahannya.

Kawah Cibuni Rengganis juga terkenal dengan kawah air panas. Kalau kalian kesini, sesekali pasti kalian ngeliat uap yang muncuk dari air, yang tentunya menandakan kalau air di Kawah Cibuni Rengganis ini memiliki suhu yang hangat hingga panas. Karena itu juga banyak yang menyebutkan kalau Kawah Cibuni Rengganis ini punya sumber air panas alami, yang tak jarang digunakan untuk berendam.

kawah cibuni rengganis

kawah cibuni rengganis

Beda dengan Kawah Putih yang memiliki bau belerang yang cukup melekat, Kawah Cibuni Rengganis ini nggak terlalu bau belerangnya. Perpaduan bau belerang yang nggak terlalu menyengat dan warnanya yang nggak pekat menjadikan banyak orang ingin berendam di Kawah Cibuni Rengganis. Konon katanya, banyak yang percaya bahwa air panas yang bercampur dengan belerang bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Hal itu juga menjadikan pendukung banyak orang berkunjung ke Kawah Cibuni Rengganis ini. Nggak hanya wisatawan lokal, luar kota bahkan mancanegara juga berbondong datang mengunjungi wisata yang satu ini. mereka semua ingin membuktikan mitos yang tersebar di Kawah Cibuni Rengganis. Ternyata, nggak jarang lho yang merasakan manfaatnya. Banyak orang yang memiliki keluhan oenyakit tertantu, namun setelah berendam disini penyakitnya berangsur menghilang.

kawah cibuni rengganis

Oh iya, jam buka Kawah Cibuni Rengganis ini tapa batas alias buka terus 24 jam nggak pernah tutup. Karena banyaknya wisatwan yang datang dari jauh, nggak jarang lho mereka sampe sini di pagi atau bahkan dini hari. Oleh karena itu Kawah Cibuni Rengganis nggak pernah tutup. Bahkan sekarang, Kawah Cibuni Rengganis dilengkapi dengan fasilitas seperti penginapan, jadi pengunjung nggak perlu bingung apabila tiba disini di malam hari atau dini hari.

Tips and Trick

Jangan lupa membawa baju ganti kalau mau berendam

Bawalah obat-obatan pribadi

Where to Stay

Banyak penginapan di sekitar lokasi wisata

Gallery (6)

Comments (1)