139 views | 1 Likes

Kawah ijen mustika di ujung timur pulau jawa

4 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 09 November 2018, 10:22:31

Selain terkenal dengan sebutan the sunrise of java , kota banyuwangi juga terkenal akan keindahan alam pegunungannya ni guys. salah satunya adalah sabuah gunung yang letaknya berada di ujung paling timur pulau jawa yaitu kawah ijen.

How to Get There

Jalan – jalan ke kota banyuwangi memang tak sah jika tak berkunjung ke tempat kece tersebut ni guys , karena tempat ini memiliki panorama alam yang siap memanjakan anda saat berada disini guys.  Nah di kesempatan kali ini saya lagi mengeksplore akan keindahan alam yang berada di ujung timur pulau jawa ini. Pertama saya mengunjungi sebuah gunung yang keindahannya sudah terkenal di penjuru dunia karena memiliki keidahan alam yang sangat mempesona yaitu kawah ijen.


kawah ijen  adalah sebuah danau besar yang terletak di atas gunung ijen dan terbentuk akibat letusan gunung yang membuat kawah tersebut di penuhi oleh air lalu menjadi danau kawah yang sangat indah. Kawah ijen merupakan salah satu kawah yang memiliki tingkat keasaman terbesar di dunia bahkan mendekati Nol karena semua air danau ini tercemar oleh belerang yang mengubahnya menjadi asam sulfat yang mematikan, sehingga air danau ini bisa menggerogoti apa saja termasuk logam. Kawah ijen ini berada pada ketinggian 2443 Mdpl dan merupakan gunung yang masih aktif ni guys hingga sekarang.

Untuk menuju ke kawah ijen ada 2 jalur yakni dari bondowoso ataupun banyuwangi ni guys.

1.  Via Bondowoso :

Dari Bondowoso ikuti saja arah ke wonosari lalu menuju ke Sempol terakhir ke Paltuding. Jarak dari konta bondowosa berkisar 60 km dan dapat di tempuh selama 2 jam perjalanan. Jangan khawatir tersesat ni guys karena banyak papan petunjuk untuk menuju ke kawah ijen di setiap persimpangan jalan. Akses jalannya juga terbilang sangat bagus ni guys beraspal mulus namun saat memasuki hutan jalan berubah menjadi berkelok-kelok namun disisi lain kita akan di manjakan oleh hijaunya pemandangan di sekeliling mulai dari hutan pinus , perkebunan kopi dan hutan cagar alam ijen ni guys.

2. Via Banyuwangi :

Dari kota banyuwangi berjarak 38 km dan dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan. Dari banyuwangi ikuti saja arh ke Licin terakhir ke Paltuding. Kondisi jalannyauga sangat bagus namun lebih menanjak ni guys.

Sesampai di Paltuding atau Pos utama untuk mendaki ke kawah ijen kita memarkirkan kendaraan disni guys. Untuk menuju ke kawah , pendakian baru di buka pukul 02.00 pagi , namun sebelum mendaki kita harus registrasi ke loket  utama untuk membeli tiket masuk sebesar Rp.5000/orang ( Rp.7500/org  saat weekend ). Trackingnya tak begitu jauh ni guys hanya berkisar 3 km dari loket utama dan memerlukan waktu selama 1,5 hingga 2,5 jam berjalan kaki menuju ke atas ni guys.

What to Do

Lalu apa saa yang bisa kita lakukan disini ???

Di sepanjang perjalanan tracking menuju ke kawah ijen kita akan di manjakan oleh sejuknya udara pagi dengan latar belakang hutan alami yang sangat indah. Mungkin saat tracking di pagi hari kita tak bisa melihat pemandangan sekitar yang sangat indah karena gelap , jadi persiapkan senter penerang kalian ni guys saat mendaki ke atas di pagi hari. Oh ya ni guys sedikit info jika kalian tidak kuat tracking menuju ke atas , disini kalian bisa menyewa ojek yang berupa kereta dorong dengan tenaga 2 oarng ni guys. Anda bisa menyewa ojek tersebut dengan harga yang berkisar Rp.800.00 untuk pulang pergi ni guys , kamu hanya tinggal duduk selonjoran di atas kereta saja.

Setelah 2 jam lamanya kita tracking dan sampai di atas , pertama kita akan di sambut oleh asap belerang yang lumayan menyengat . Oh ya ni guys saya sarankan untuk memakai masker yang bisa melindungi anda disni . Anda juga bisa menyewa masker disini guys dengan harga yang relatif terjangkau yakni berkisar Rp.25.000 – 50.000/ pcs. Suhu udara disini juga relatif dingin ni guys yakni berkisar 18 hingga 2 derajat  celcius ni guys. Di sekiat lereng kita akan menemukan tanaman hanya ada di dataran tinggi seperti rumput gunung , cemara gunung ataupun edelweis.


Dan hal wajib yang bisa kita lakukan disini adalah mengunjungi fenomena langkah yang membuat tempat ii sangat terkenal adalah Blue fire atau api biru. fenomena api biru ini hanya ada 2 ni guys di dunia dan salah satunya ada di kawah ijen ini guys. Dan satu lagi ni guys fenomena api biru ini hanya ada di am tertentu yakni di mulai pada pukul 2 dini hari hingga 5 pagi hari. untuk menuju ke blue fire kita akan tracking turun mendekati ke kawah dengan melalui jalan setapak yang tergolong bagus ni guys. Namun anda harus bersabar karena padatnya pengunung yang berbondong-bondong pula menuju ke bue fire.  Banyak wisatawan dari dalam bahkan luar negeri yang berbondong – bondong keisni untuk menikmati fenomena langkah ini guys.



Nah setelah puas menikmati api biru ini guys , kita naik lagi ke atas untuk bisa menikmati sunrise yang memukau disini guys. View disini sangatlah keren ni guys , saat sang surya telah menerangi area pegunungan ini , kita akan di sambut oleh landscape kawah ijen yang memukau dengan view danau yang berwarna hijau toska yang sangat eksotis di tambah lagi megahnya tebing di sekeliling danau akan memanjakan anda disini guys. Oh ya ni guys selain pemandangan tersebut disini kita juga bisa melihat megahnya gunung Raung di depan kita sehingga kitabetah berlama-lama disini guys. Dan yang pastinya mengabadikan moment dengan bidikan camera kalian adalah hal wajib , karena setiap sudut kawah ijen ini mempunyai keindahan serta keunikan yang bakal bikin anda mendapatkan hasil jepretan camera yang sangat keren dan kece ni guys. Oh ya ni guys di atas sini terdapat pula penjual souvenir yang menjual berbagai macam ukiran yang terbuat dari bebatuan belerang ayng sangat unik , mulai dari motif bunga , boneka bahkan bolam lampu yang sangat unik. kita bisa membelinya dengan harga yang relatif murah yakni berkisar Rp. 5000 – 25.000 , tergantung besar kecil dan sulitnya ukiranya.


Tips and Trick

Tips dan Trik saat berkunjung ke kawah ijen :

1.  pakailah baju yang bisa melindungi anda dari dinginnya cuaca disini guys

2. sewa masker untuk melindungi anda dari sengatan hawa belarang

3. bawalah air mineral yang secukupnya karena tracking akan membuat anda haus

4. bawa jas hujan karena cuaca bisa berubah sewaktu-waktu 

5. jangan terlalu mendekati asap belerang di kawasan blue fire

6. pakailah alas kaki yang nyaman saat tracking kesini

7.  bawa camera yang bisa mengabadikan moment kalian di sini guys.

Gallery (0)

Comments (2)