182 views | 2 Likes

De Tjolomadoe, Pabrik Gula yang Disulap Jadi Tujuan Wisata Kekinian!

4 star (from 2 people)
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 06 November 2018, 15:01:42

Pabrik gula menjadi tujuan wisatawan lokal saat berada di Karanganyar. di De Tjolomadoe kalian bisa melihat bagaimana si mesin giling tebu, ketel uap dan masih banyak lagi!

How to Get There

Bingung cari tempat liburan di Karanganyar? Main ke pabrik gula aja. Iya, di Karanganyar sebuah pabrik gula kini disulap jadi tempat wisata yang rame pengunjung lho. Nama lokasinya adalah De Tjolomadoe, tempat wisata yang baru baru ini rame diperbincangkan di Karanganyar.

De Tjolomadoe memiliki lokasi di Jalan Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Karena cukup dekat dengan lokasi, perjalananku menuju ke De Tjolomadoe ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

What to Do

 

De Tjolomadoe ini dulunya bernama Pabrik Gula Colomadu yang mulai berdiri 1861 dan dibangun oleh Mangkunegaran IV di jaman itu. Namun di tahun 1998, De Tjolomadoe menghentikan produksi dan tidak digunakan lagi. Di bulan Maret 2018 kemaren, De Tjolomadoe kembali diresmikan namun bukan sebagai pabrik gula, melainkan sebagai tempat wisata.

Iya, pabrik gula yang terbengkalai itu kini disulap jadi tempat wisata yang super kekinian. Namanya yang baru yakni De Tjolomadoe juga membuat wisata yang satu ini semakin terkenal dan cukup legendaris. Bangunan megah De Tjolomadoe sudah bisa kalian rasakan meskipun dari kejauhan. Semua cat dan renovasi yang serba baru membuat De Tjolomadoe terkesan lebih elegan dan megah.

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

Jangan salah, meskipun kini De Tjolomadoe sudah berusia ratusan tahun, namun keindahan bangunannya nggak perlu diragukan lagi. Banyak yang datang kesini hanya untuk menikmati indahnya bangunan luar dan interior De Tjolomadoe. Selain itu, kebanyakan orang datang dengan outfit yang keren, dan tak lupa camera ada di tangannya. Tiap sudut di kawasan De Tjolomadoe memiliki spot foto yang keren, nggak salah juga kalau kalian kesini dengan tujuan hunting foto.

Kalau udah ada di lokasi De Tjolomadoe, akan sangat disayangkan kalo kalian nggak masuk kedalamnya. Di dalem De Tjolomadoe, kalian bisa melihat mesin giling tebu, ketel uap dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung yang awam kayak aku bakal pensaran dan pengen terus mencari tahu tentang kayak gimana sih sebenerya mesin giling tebu bekerja. Eh tapi banyak juga lho yang berfoto di area mesin. Emang karena udah di recolour, mesin dan bangunan disini terlihat lebih bagus dan estetik. Yah meskipun nggak hidup atau nggak beroprasi lagi, aku masih nikmatin kok gimana kerennya mesin giling tebu, karena emang sebelumnya belum pernah ngeliat wkwkw.

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

de tjolomadoe karanganyar

Tak hanya itu, pengelolaan PG Colomadu hingga akhirnya berubah nama menjadi De Tjolomadoe ini cukup mengesankan. Pasalnya, di dalem bangunan pabrik gula, kalian bisa mendapati beberapa ruangan yang dibagi sesuai dengan stasiun pengelolaan tebu menjadi gula. Gitu deh pokoknya, bisa sambil liat gambar ya biar jelas hehe. Nama nama ruangan ditulis dengan tulisan besar yang digantung di langit langit. Ada stasiun gilingan, penguapan, karbonatasi, dan ketelan. Cukup unik dan puas banget main di De Tjolomadoe ini.

Jangan khawatir perut kelaparan, beberapa pilihan tempat makan juga tersedia disini. Gimana? Selain keren, De Tjolomadoe juga memiliki fasilitas yang lengkap kan? Selain itu, beberapa ruangan di De Tjolomadoe juga difungsikan sebagai tempat kegiatan MICE yakni Meeting, Incentives, Conferencing, Exhibitions. Bisa juga nih yang mau nyewa buat gedung pernikahan haha. Nah daripada bingung cari tempat wisata dan spot foto keren di Karanganyar, cobain mampir ke De Tjolomadoe dulu deh, dijamin bisa menjadi tujuan wisata yang tepat!

 

Tips and Trick

  1. Jangan merusak fasilitas yang ada di De Tjolomadoe ini ya
  2. Jangan lupa bawa camera dan bersiaplah berfoto dengan ciamik!
  3. Youtube : GhazaHD

Gallery (8)

Comments (1)