236 views | 1 Likes

Mitos di balik Pesona air terjun sendang gile dan tiu kelep Lombok

4 star (from 2 people)
Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 29 June 2018, 15:35:36

Helloo guys selamat menunaikan hari raya idul fitri dan mohon maaf lahir batin ya guys sebelumnya. Oh ya ni guys karena dalam musim libur lebaran ni guys , kali ini saya berkunjung ke Sebuah pulau yang memiliki pesona alamnya yang mendunia yaitu pulau lom

How to Get There

Karena selama saya berada di pulau lombok tinggal di daerah kute , jadi jarak yang saya tempuh untuk menuju ke air terjun sendang gile dan tiu kelep lumayan jauh dari ujung selatan ke ujung utara pulau. Saya harus menempu perjalanan selama 3,5 jam menuju ke utara melalui jalur lingkar barat sepanjang 132 km. Namun saya tak patah semangat karena selama perjalanan kta akan di manjakan oleh pemandangan pantai barat dan utara di sepanjang perjalanan dengan konstruksi jalan naik turun bukit namun memiliki view yang sangat keren ni guys untuk mengabadikan momen di situ. Nah setelah 3 jam perjalanan yang tidak terasa ini guys akhirnya saya sampai di kecamatan bayan dan saya tinggal mencari arah ke Senaru atau tepatnya cari saja arah gunung rinjani karena senaru merupakan salah satu pos pendakian ke gunung rinjani ni guys. Nah saat saat saya memasuki di senaru ni guys , saya tinggal mengikuti di jl.pariwisata hingga sampai di air terjun sendang gile dan tiu kelep guys di kiri jalan dan sudah ada banner petunjuknya juga. Setelah memarkirkan motor dengan membayar parkir sebesar Rp.5000/motor dan Rp.10.000/mobil , saya melanjutkan tracking ke bawah selama 30 menit untuk menuju ke air terjun dengan konstruksi jalan setapak namun berupa anak tangga yang sudah rapi dan bagus ni guys. Untuk retribusi masuk ke air terjun ini saya harus membayar sebesar Rp5000/orang sangat terjangkau dan bisa tergolong murah ni guys karena di satu wisata ini saya akan menemukan 2 air terjun sekaligus yaitu sendang gile dan tiu kelep.

 

What to Do

Yang namanya main ke air terjun pastinya saya akan basah – basahan ni guys disini. Setelah 30 menit menuruni beberapa anak tangga yan g lumayan menguras tenaga saya disini , akhirnya saya sampai di destinasi pertama yaitu air terjun sendang gile dimana kita akan disuguhkan dengan air terjun bertingkat  setinggi 31m. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun apalagi airnya yang sangat jernih membuat siapapun akan tergoda melihatnya.

Konon kabarnya ni guys asal muala nama air terjun sendang gile ini berasal dari cerita rakyat jaman dulu  pada saat itu orang pertama yang menemukan air terjun ini adalah orang yang sedang memburu singa gila yang baru saja memporak-poranda kan sebuah kampung dan kabur ke hutan hingga masuk ke kawasan air terjun tersebut. Mitosnya lagi ni guys jika kalian mandi di air terjun kabarnya anda akan awet muda ni guys.

 

Nah ni guys setelah puas bermain di air terjun sendang gile saya melanjutkan perjalanan ke air terjun berikutnya yaitu air terjun tiu kelep , letaknya tak begitu jauh kok guys hanya membutuhkan waktu 30 menit berjalan melalui anak tangga bahkan saluran irigasi warga setempat. Nah setelah sampai di air terjun tiu kelep lelah kalian setelah tracking akan terbayar lunas disini guys dimana saya disini disuguhkan akan indahnya panorama air terjun yang lumayan deras dengan beberapa aliran air yang berjajar di sekitarnya yang keluar dari tebing serta membentuk kolam alami di bawahnya ayng sangat jernih nan indah. Hembusan air serta dinginnya suasana akan membuat kalian semua nyaman saat berada disini guys. Tak tunggu lama lagi ni guys saya langsung menceburkan diri ke loma lamai tersebut tapi ingat ni guys jangan terlalu mendekati aliran air terjun karena bisa sangat berbahaya bagi kalian ni guys , bermain di sekitar kolam sambil berenang dan menikmati segarnya air disini akan membuat perasaan menjadi bahagia ni guys. Apalagi saat matahari berada di atas kita akan menimbulkan pelagi di sekitar air terjun sehingga tempat ini semakin eksotis dan indah.

Tips and Trick

* pakailah alas kaki yang anti selip dan licin

* bawalah minum karena kita akan tracking naik turun untuk pulang dan perginya ya meskipun di setiap jalan sudah ada orang yang jualan makanan

* bawalah baju ganti karena pastinya kita akan berbasah-basahan mengingat hembusan air terjun yang sangat deras

* bawalah camera dan pelindungnya dari air untuk menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan 

* datanglah di siang hari saat matahari berada di atas kita untuk mendapatkan moment pelangi di air terjun

Gallery (4)

Comments (2)