473 views | 4 Likes

Savannah Sadengan, Wisata Padang Rumput ala Wakanda

4 star (from 4 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Wildlife

Posted on 22 June 2018, 11:08:59
meliana
Tourist

Visit this Wakanda Van Java

How to Get There

Hi guys, akhirnya liburan selesai juga yaa. Karena lebaran kemaren gue stay di Banyuwangi aja, akhirnya gue putusin buat explore kota gue tercinta ini. Kalo kalian penasaran, kira-kira apa aja sih yang bisa di explore dari kota kecil di ujung pulau Jawa ini? jawabannya ada banyak banget!Kalian mau cari wisata apa aja ada di Banyuwangi. Mulai dari Gunung, Pantai hingga kulinernya juga wajib di explore kalo kalian lagi maen ke Banyuwangi. Anyway, kali ini gue mau jalan-jalan ke salah satu Taman Nasional yang terkenal angker, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Dimana disana kalian bisa nemuin berbagai wisata keren dan salah satunya adalah Padang Rumput Sadengan. 

Untuk mencapai Taman Nasional Alas Purwo, kalian bisa lewat rute Banyuwangi Kota menuju ke Kecamatan Rogojampi-Srono-Muncar-Tegaldlimo.Dari Tegaldlimo, sekitar 10 km melalui Jalam Makadam, kalian akan nemuin Pos Rawabendo yang merupakan gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo ini. Atau, kalian juga bisa datang dari arah Jember, lalu menuju Kecamatan Genteng sejauh 65 km kemudian dilanjutkan menuju Jajag sejauh 15 km. Selanjutnya menuju Srono-Muncar-Tegaldlimo-Alas Purwo. 

Perjalanan menuju Taman Nasional ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, bisa motor atau mobil. Kalo pas kalian ga bawa kendaraan pribadi, gue saranin buat sewa mobil atau motor soalnya ngga ada kendaraan umum yang punya trayek sampai Alas urwo. Dari Banyuwangi kota sendiri memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai di gerbang Alas Purwo ini.

Pas udah sampe di Pos Row Bendo, pengunjung wajib melapor sekaligus membayar retribusi resmi sebesar 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 150 ribu buat wisatawan asing. Taman Nasional ini terkenal angker dan memiliki kesan magis, namun sebenarnya Alas Purwo merupakan tempat yang menarik untuk berwisata. Apalagi buat kalian yang pecinta alam, disini kalian bisa menjelajah hutan yang asri, mengamati beragam tumbuhan juga bertemu berbagai satwa yang hidup bebas. Selain itu, disini juga ada wisata pantai yang keren dimana pengunjung bisa berselancar, wisata sejarah juga budaya. Tuh, lengkap banget kan? 

Seperti yang gue sebutin sebelumnya, kali ini gue mau maen ke Padang Rumput yang katanya keren banget, yaitu Sadengan. Sadengan jaraknya hanya 2 kilometer dari pintu masuk Pos Rawa Bendo tadi.

What to Do

Sadengan adalah padang rumput atau savana yang membentang seluas 84 hektar. Savanna ini sekilas ingetin gue sama Wakanda. Kalian tau kan Wakanda? Wakanda merupakan desa fiktif di Afrika yang menjadi rumah Black Panther. Karena disini kalian bakal ketemu dama kawanan satwa liar kayak sapi, Banteng Jawa, Rusa hingga burung merak yang bergerombol dan berlarian bebas di kawasan Sadengan. Buat kalian yang mau kesini, gue saranin buat dateng di pagi hari sekitar jam 6 pagi sampe jam 9 atau sore jam setengah 4 sampe jam 5 sore soalnya pada jam tersebut akan bermunculan kawanan banteng dan rusa yang berkeliaran.

Menurut petugas setempat, pemandangan yang menarik disini adalah saat ular piton sebesar pohon kelapa melintas di padang rumput ini untuk berburu. Detik-detik saat ular raksasa mendekati buruannya ini yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. 

savannah sadengan

Selain satwa mamalia, disini juga kalian bisa nemuin sejumlah burung liar seperti Elang Jawa, elang ikan kepala kelabu, elang ular bido, ayam hutan merah, peregam, blekok sawah, bangau sendang lawe, merak hijau dan lainnya. Untuk kawanan merak biasanya muncul pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 9 pagi karena saat matahari bersinar terik, mereka akan segera kembali bersembunyi di balik dahan pohon.

savannah sadengan

Untuk menikmati pemandangan, disini udah disediakan menara pandang dimana pengunjung bisa menaiki menara tersebut dan melihat aneka satwa di alam bebas. Hal ini dilakukan karena pengunjung dilarang memasuki padang savana untuk melindungi habitat satwa-satwa disina dan juga demi keselamatan pengunjung juga. Hanya tim peneliti dan konservasi yang diperbolehkan masuk ke savananya. 

Video by Perpus Genk

Tips and Trick

So, buat kalian yang interest banget buat dateng kesini, berikut ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti :)

  • Gue saranin buat bawa kendaraan sendiri atau sewa kendaraan. Kalo kalian mau bawa/sewa mobil, gue saranin buat bawa jeep karena jalanan disini masih berbatu.
  • Bawa kamera dengan lensa jarak jauh, karena kalian ngga diperbolehkan untuk mendekati satwa.
  • Bawa perbekalan, seperti makanan ringan atau minuman karena tidak ada penjual makanan di daerah sini.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jangan mengganggu satwa atau berburu.

Gallery (10)

Comments (5)