638 views | 1 Likes

Menguak Misteri Stonehenge Van Indonesia, Batu Solor - Bondowoso

4 star (from 1 people)
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 15 October 2018, 13:44:42

Di Indonesia sendiri sebenernya sudah ada Stonehenge yang udah terkenal, tapi buatan manusia dan berada di Jogja. Nah, beda dengan yang ada di...

How to Get There

Setelah beberapa waktu yang lalu aku menjelajah wisata di Probolinggo dan Banyuwangi, mulai dari BJBR hingga Taman Gandrung Terracotta, kali ini aku akan jalan-jalan lagi ke daerah Bondowoso. Dulu sih aku udah pernah bikin ulasan tentang beberapa wisata di kota ini, seperti Kawah Wurung dan Air Terjun Gentongan. Tapi kali ini aku lagi ngga pengen basah-basahan di air terjun atau ke kawah, so aku mutusin buat jalan-jalan ke salah satu wisata yang konon katanya masih misteri hingga saat ini.

Wisata penuh misteri ini adalah Batu Solor atau sering dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Wisata Betoh So’on. Betoh So’on yang dimaksud ini adalah batu yang bertumpuk. Yup, wisata ini bisa dibilang mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris, so kalian ngga perlu jauh-jauh pergi ke Inggris buat ngeliat batu bertumpuk ini aja. Hehehe

Lokasi Batu Solor ini ada di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso. Kalo dari Alun-alun Bondowoso hanya sekitar 13 km atau butuh sekitar 3 jam perjalanan. Perjalanan menuju Desa Solor memang cukup lancar, tapi saat tiba di Desa Solor maka perjalanan kalian akan benar-benar diuji. Akses jalannya lumayan sulit dimana kondisi jalannya masih berupa tanah dan bebatuan. Sepanjang perjalanan, kalian juga akan melewati tanjakan, turunan dan belokan. Kalo lagi hujan, kondisi jalan tentunya makin becek dan susah dilewati. Jadi, aku saranin buat kalian datang jangan pas musim hujan ya.

Di samping kanan kiri jalanan juga banyak hutan dan rerumputan yang hijau. Tentunya pejalanan kali ini bener-bener cocok buat kalian yang punya jiwa petualangan, apalagi kalo kalian pecinta alam.

Setelah sampai sana, ternyata pengunjung ngga dikenakan biaya masuk sama sekali alias gratis. Kalian cukup bayar parkir kendaraan bermotor aja.

What to Do

Di Indonesia sendiri sebenernya sudah ada Stonehenge yang udah terkenal, tapi buatan manusia dan berada di Jogja. Nah, beda dengan yang ada di Bondowoso in, Batu Solor ini konon sudah ada sejak zaman dahulu yang teridri dari batuan besar yang bertumpuk sehingga menjadikannya sebagai pemandangan yang unik. 

Tumpukan batu besar ini tinggi banget guys. Beberapa orang bilang kalo Stonehenge Bondowoso ini merupakan Situs Megalitikum, seperti Stonehenge di Inggris, tapi sampai saat ini belum ada penelitian resmi yang bisa menjelaskannya. Tapi warga sekitar percaya kalo Batu Solor ini merupakan tempat Raja Blambangan pada jaman dulu kala. 

Menurut legendanya sih, jaman dulu kala ada bangsawan Majapahit yang bernama Bhre Wirabumi yang diutus oleh Prabu Hayam Wuruk untuk menjadi penguasa wilayah Majapahit di Jawa Timur. Saat dalam perjalanan, di tiba di Bondowoso dan lupa arah. Ia kemudian mendengan suara ghaib yang menyuruhnya untuk naik ke batu tinggi itu. Kemudian ada cahaya bersinar disana dan Bhre pun naik dengan bantuan sulu tanaman yang menempel di batu tersebut. Saat tiba diatas, ia langsung semedi selama 5 malam dan ia menamainya Batu Sulur lalu melanjutkan perjalanannya menuju selatan. Di kemudian hari, Bhre Wirabumi pun diangkat menjadi Raja Blambangan yang pertama.

Terlepas dari benar atau ngga nya cerita diatas, yang jelas pemandangan Stonehenge Van Indonesia ini punya potensi wisata yang besar. Buktinya, banyak sekali traveler yang datang jauh-jauh (kayak aku) yang rela datang jauh-jauh untuk melihat keindahan Batu Solor ini. Kalo untuk fasilitasnya sendiri sih udah lumayan lengkap, seperti toilet umum dan warung makan yang bisa kalian singgahi saat perut terasa lapar setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh. 


Tips and Trick

Nah, buat kalian yang pengen dateng ke Stonehenge nya Bondowoso ini, aku saranin buat ngga dateng saat musim hujan, karena selain jalannya becek maka akses kesana juga makin susah. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman, membawa kamera untuk mengabadikan momen dan jaga kebersihan di wisata ini. 

Video by Orit Jember

Gallery (0)

Comments (2)