0 star (from 0 people)
134 views | 0 Likes
Mengenal Situs Sejarah di Candi Sukuh Karanganyar
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Historical Places


Posted on 12 October 2018, 15:13:33
tio
Sightseeing
Location on Google Maps
Candi Sukuh
Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793, Indonesia
How to Get There

Hallo travelers! Jalan jalan ke Karanganyar rasanya rugi kalo nggak sekalian berwisata ya. Ada banyak sekali wisata alam maupun wisata buatan di Karanganyar. Nah berhubung lagi free alias nganggur alias gabut, sayapun memutuskan untuk jalan jalan di weekend ini. Rencananya aku bakal datengin salahsatu candi, wisata kali ini anti mainstream dong. 

Aku berencana buat mengunjungi Candi Sukuh yang ada di Karanganyar. Lokasinya ada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Karanganyar, atau 36 kilometer dari Kota Solo. 

Meskipun jaraknya yang terhitung dekat, namun kendaraan umum disini terbilang jarang atau bahkan tidak ada. Saya sarankan buat kesini menggunakan kendaraan pribadi, mengingat susahnya nyari kendaraan umum disini. Kendaraan yang digunakan untuk menuju ke Candi Sukuh juga harus prima karena selain melewati jalan yang berkelok, jalanannya juga cukup menanjak. Siapkan sopir yang handal juga kalau kalian datang menggunakan mobil. 

Youtube -> Hartomo

Letah Sukuh berada di ketinggian sekitar 910 mdpl, tak heran kalau kalian harus menggunakan kendaran yang ekstra prima untuk ke Candi Sukuh. Jangan lupa juga isi penuh bahan bakar sebelum main kesini, karena akan sangat susah menemukan pom bensin, ada sih penjual bensin eceran, tapi sangat susah ditemui dan adapun tentu harganya sedikit mahal hehe, nggak rekomended buat anak kos lah pokoknya kalau beli bahan bakar eceran:D

Jangan lupa, bagi yang datang dari luar kota, kalian bisa menggunakan googlemaps untuk menuntun perjalanan kalian menuju ke Candi Sukuh. Pas udah deket, dijamin kalian nggak akan tersesat karena akan banyak sekali penunjuk jalan menuju ke Candi Sukuh ini. 

What to Do

Untuk masuk ke kawasan Candi Sukuh, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 7000 rupiah. Mulai buka pukul 8 pagi hingga 5 sore, Candi Sukuh tak pernah sepi pengunjung. 

Meskipun Candi Sukuh tak semegah Candi Prambanan maupun Candi Borobudur, namun sejak tahun 1995, Candi Sukuh ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai slahsatu warisan dunia lho. Candi Sukuh juga termasuk candi termuda di Indonesia. Bentuknyapun cukup berbeda dengan kebanyakan candi candi yang lain. Itulah mengapa Candi Sukuh memiliki keunikan tersendiri. Banyak juga yang bilang kalau Candi Sukuh terkesan eksklusif.

Di area Candi Sukuh, pengunjung akan menemui patung patung, relief, serta ornament vulgar yang kalau zaman sekarang bisa dibilang pornografi. Bentuk Candi Sukuh juga dibilang unik karena bentuknay yang menyerupai bentuk situs warisan Suku Maya di Amerika Tengah serta situs peninggalan budaya Inca di Peru dengan struktur mirip bangunan pyramid yang ada di Mesir. 

Alasan alasan itulah yang membuat Candi Sukuh ini kerap dikunjungi wisatawan maupun arkeolog, tak hanya dari dalam negeri bahkan dari mancanegara lho. Namun yang sangat disayangkan adalah pengelolaannya yang belum maksimal, terutama dari sisi infrastruktur, tak tersedia kendaraan umum, hingga jalanan yang masih sempit. 

Fasilitas yang bisa ditemui di Candi Sukuh juga cukup sederhana, bahkan masih bersandar pada para masyarakatnya. Pemerintah kurang memperhatikan dan kurang mengembangkannya padahal lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu harusnya membuat Candi Sukuh ini menjadi objek wisata terkenal.

Kalau kalian suka berwisata ke candi atau situs bersejarah, kalian bisa dateng ke Candi Sukuh Karanganyar ya. Jangan lupa, bawa senjata berupa notes dan camera. Siap siap mengublek sejarah Candi Sukuh ini. Selamat liburan!

Tips and Trick
  • Jangan lupa isi bahan bakar kendaraan sebelum ke Candi Sukuh ya
  • Ikut jaga dan lestarikan temoat bersejarah ini
  • Jangan merusak relief atau bangunan candi ini ya
Gallery (4)
Comments (2)