96 views | 1 Likes

Kemeriahan Festival Cahaya terbesar di Dunia

4 star (from 1 people)
Delhi, New Delhi, India
Category: Festivals

Posted on 12 October 2018, 12:43:23
Zulfa
Tourist

Diwali atau Deepavali atau dikenal dengan pesta /festival cahaya terbesar di dunia yang merupakan festival kegamaan tahunan di India.

How to Get There

Hampir diseluruh wilayah di India merayakan Diwali atau festival cahaya. Jadi temen teman bisa datang ke kota kota wisata yang akan dikunjungi. Cara kesana, tentu saja beli tiket pesawat menuju India. Saran aku, beli tiket jauh jauh hari atau bahkan jauh jauh bulan karena waktu festival Diwali tiket ke India mahal banget. hal ini dikarenakan banyak warga India yang tinggal diluar negeri pulang kampung dan juga banyak turis yang ingin menyaksikan festival cahaya.




What to Do

Diwali atau Deepavali atau dikenal dengan pesta /festival cahaya terbesar di dunia yang merupakan festival kegamaan tahunan di India. Tahun 2018 Diwali jatuh pada tanggal 7 November, untuk teman teman traveller yang mau ke India untuk melihat keseruan festival aku pingin berbagi pengalaman, ya.




Nah, Diwali di India ini biasanya berlangsung pada awal musim dingin. Jadi saat diwali suasana di India sangat sejuk dan waktu yang pas buat jalan jalan.

Sehari sebelumnya banyak ditemui penjual bunga dan manisan. Di pasar rame banget dan banyak barang dijual diskon, mulai baju hingga semua peralatan rumah tangga. Ramainya itu kayak mall atau pasar dikahir bulan Ramadhan. Saat ini kamu bisa datang ke pasar pasar tradisional untuk beli oleh oleh. apalagi saat malam terakhir sebelum Diwali, biasanya barang di diskon besar besaran. dan tak jarang para pedagang kasih gift atau hadiah buat pembeli. waktu diwali kesini, anakku dapat hadiah jam tangan.




Oh ya, waktu dipasar banyak orang orang yang menghias tangan dengan daun pacar atau dikenal dengan mahendi. jadi kamu yang pingin menghias tangan sebagai kenangan, bisa datang dan antri dengan para perempuan India. menghias tangan atau ehendi ini menjadi kebiasaan menjelang Diwali.

 




Di pasar pasar kamu bisa lihat seluruh toko, rumah hingga pom bensin. semua berhias lampu dan bunga. bagus banget buat foto foto. Ada yang gunain cahaya kerlap kerlip modern. Ada juga yang masih menggunakan cahaya dari minyak dan diletakkan dalam keramik kecil dan ditata dengan cantik. kayak di film film Bollywood. hehehe

Tepat dimalam Diwali, selain cahaya menerangi seluruh rumah, toko, hotel, kembang api akan menghiasi langit langit India. bisa dibilang hujan kembang api di bumi India. meriah banget pokoknya. Semua orang memakai pakaian bagus, menggunakan aksesoris, saling mengirim manisan ke sanak saudara, kolega dan bermain petasan bersama. Mereka tak keberatan menghabiskan ratus juga dan banyak uang untuk menyalakan kembang api. Rame!!!

 

Orang India percaya, semkain banyak cahaya dan kembang api harapan mereka rezeki lancar untuk tahun depan.

 

Tips and Trick

  • Tipsnya, sebeperti yang aku ungkap, Beli Tiket jauh jauh hari bahkan jauh jauh bulan.
  • India bagain selatan (kerala, chenai) letaknya dekat dengan Indonesia. Biasanya tiket ke India selatan lebih murah ketimbang India Utara , jadi kalau ingin melihat kemeriahan diwali dengan budget terbatas, bisa melihatnya di daerah selatan India.
  • Datanglah 3 hari sebelum diwali, karena kemeriahan sudah dimulai.
  • sapa dan bertemanlah dengan masyrakat lokal, mereka baik dan tak segan segan mengajak kamu merayakan diwali bersama.
  • enjoy and stay cool!

Where to Stay

banyak hotel dan hostel budget di India

Gallery (5)

Comments (2)