0 star (from 0 people)
275 views | 0 Likes
Curug Cigamea: Surga Indah Ini Ada di Bogor Lho!!
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall


Posted on 11 October 2018, 13:55:38
Location on Google Maps
Air Terjun Cigamea
Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810, Indonesia
How to Get There

Tak puas jalan jalan di Curug Ngumpet, masih ada air terjun lagi yang bisa diexplore di Bogor lho. Namanya adalah Curug Cigamea. 

Kalau dari Curug Ngumpet, Curug Cigamea ini berjarak kurang dari 1 kilometer saja. Karena nggak mau kehilangan momen akhinya sekalian aja deh mampir, kapan lagi hehe.

Alamatnya ada di Jalan Curug Cigamea, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Kalian bisa menggunakan bantuan google maps untuk tiba di lokasi Curug Cigamea ini. 

Perjalanan dari Curug Ngumpet ke Curug Cigamea ngga sampe 10 menit perjalanan, hehe. Deket banget emang. Jalanan yang dilalui juga masih sama seperti perjalanan menuju ke Curug Ngumpet. Jalanan yang dialui cukup menanjak dan berkelok. So, keep safety!

What to Do

Setibanya di loket masuk, pengunjung nggak langsung menemui air terjun secara langsung, melainkan harus jalan dulu melewati anak tangga. Anak tangga yang harus dituruni untuk menuju ke Curug Cigamea ini ada kuang lebih 200an. Tenang, tangga yang dilalui cukup luas dan nggak terlalu licin kok. Eh tapi kalau dateng saat musim hujan wajib berhati-hati juga ya. Percayalah, ketika kalian menuruni anak tangga, perjalanan akan terasa asik dan ringan karena pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar. Hamparan sawah, tersering, dan hijau hijauan lainnya bikin suasana seger dan udara adem. 

Curug Cigamea ini dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore tiap harinya. Kalau kalian pengen puas main disini, jangan datang terlalu sore ya, biar nggak keburu tutup hehe. Tiket amsuknya juga cukup ekonomis di Curug CIgamea ini. Hanya dengan Rp 7000,- per orang, pengunjung udah bisa menikmati indahnya panorama alam yang satu ini. 

Sambil ngobrol dan menikmati suasana, trekking melewati anak tanggapun selesai. Cukup ngos ngosan bagi kalian yang jarang olahraga khususnya. Namun, semua terbayar saat kalian tiba Curug Cigamea ini. Yes, nyampe juga akhirnya!

Saat tiba di kawasan , kalian akan ngelihat 2 air terjun disini. Karena jumlahnya yang ada 2, Curug Cigamea juga sering disebut Curug Cigamea Kembar. Air terjun yang pertama letaknya agak diatas dan yang satu lagi agak kebawah. Seru kan!

Seperti kebanyakan air terjun, di Curug Cigamea ini juga terdapat monyet monyet liar. Pengunjung wajib berhati hati dengan barang bawaan seperti tas kecil atau dompet. Karena sering terjadi monyet monyet yang ada di Curug Cigamea mengambil tas kecil atau dompet milik pengunjung terus lari, susah deh kalau udah gitu hehe. So, jangan lupa buat selalu waspada ya guys!

Suara gemuruh Curug Cigamea yang terdengar ke seluruh penjuru kaki gunung salak lah yang membuat curug ini menarik. Jarak antara kedua air terjun di Curug Cigamea ini sekitar 20 – 30 meter. Untuk menuju ke curug yang ada di atas, memang membutuhkan keberanian ekstra, namun jangan salah, justru spot foto terkerennya disitu. Kalau mau santai, kalian bisa singgah di curug yang bawah saja, itu juga udah cukup nyaman buat bermain air maupun berfoto ria kok. 

Ngomongin soal mitos, di Curug Cigamea ini juga ada cerita mistis. Kalau soal mitos atau faktanya aku pribadi kurang tau sih. Yang jelas, kata orang yang ada disini, Curug Cigamea selalu menelan korban jiwa tiap tahunnya. Katanya yang terakhir itu pengunjung terseret arus gitu. Dan orang itu juga bilang kalau memang harus ada yang meninggal tiap tahun, karena itu adalah tumbal dari pesugihan di gunung salak sendiri. Hii tapi entahlah, yang penting kalian jangan aneh aneh ya ketika disini, jangan mengotori area Curug Cigamea juga. Selamat liburan guys!

Tips and Trick
  1. Jangan membawa barang terlalu banyak saat menuruni anak tangga
  2. Bawalah makanan atau minuman
  3. Jangan membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang ada ya!

Youtube - Misteridu

Where to Stay
Ada banyak resort maupun hotel di area Curug Cigamea
Gallery (7)
Comments (2)