DeniPermana
DeniPermana | Sightseeing
Katingan, Kalimantan Tengah, Indonesia | City Trip
3 K0

Danau Bulat: Danau Unik Ini Hanya Ada di Kalimantan!

danau bulat kalimantan tengah

Di Kalimantan Tengah, tepatnya di Katingan, ada sebuah danau unik tapi sangat instagenic lho guys..
What to Do

Ngomongin soal sejarah nama dari Danau Bulat sendiri, ternyata ada artinya lho. Jadi, dulunya pendiri desa Jahanjang memiliki istri yang bernama Bunter, dan dalam bahasa Indonesia artinya bulat. Dari situlah tercipta nama Danau Bulat. Udah nggak penasaran ya sekarang asal nama Danau Bulat ini?

da yang unik di Danau Bulat ini. Airnya yang berwarna kecoklatan ini justru bikin kalian melongo, apalai kalau pemandangannya difoto, keren banget. Air disini berwarna kecoklatan karena berasal dari lahan gambut. Warga setempat sih punya sebutan sendiri, sebutannya air sejuta akar. Di dalem Danau Bulat emang banyak sekali akar, dedaunan, dan pohon lama yang udah tertimbun bertahun tahun. Tapi itulah yang menjadikan Danau Bulat enak banget dipandang. 

danau bulat kalimantan tengah

Btw, warga sini juga meyakini kalo air di Danau Bulat ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada yang bilang sih bisa menyembuhkan luka luar dengan cara membasuh luka dengan menggunakan air Danau Bulat ini. Ada juga yang mempercayai bahwa bisa menyembuhkan penyakit dalam seperti asam urat dll.

danau bulat kalimantan tengah

Pengunjung yang dateng ke Danau Bulat bisa menikmati indahnya danau dengan cara melewati jembatan yang ada. Biasanya sih banyak yang dateng untuk menikmati senja disini *cielah anak senja banget ya wkwk. Di Danau Bulat juga ada gazebo yang iap kalian gunakan untuk bersantai dan menikmati suasana alam saat disini. Nggak cuma itu, yang mau menginap juga terdapat beberapa guest house disini. Yuklah agendakan, mau sekedar jalan jalan atau bahkan menginap saat main ke Danau Bulat.

pemandangan Danau Bulat Katingan

pemandangan Danau Bulat Katingan

Kalau kalian jago berenang, kalian bisa menghabiskan waku dengan berenang saat main ke danau ini. Berhubung aku lagi males banget basah basahan, jadi sekedar ngeliat orang berenang aja lah ya. Menaiki sampan hingga memancing juga jadi hal yang sangat mengasyikkan yang bisa dilakukan di Danau Bulat. Kalo bisa mancing, sok atuh bawa peralatan pacing kalian kesini. kalo aku mah milih naik sampan atau perahu bareng orang yang berpenalaman aja, karena takut hihi.

Karena kami dateng pas siang menjelang sore dan katanya bagus kalo liat sunset dari Danau Bulat, jadi kami memutuskan buat nunggu sampe sunset sekalian. Eh ternyata bagus bangettt. Buat yang suka foto, kalian bisa mengambil gambar siluet nih pas sunset disini. Selain pemandangan matahari erbenam, pemandagan Danau Bulat juga menambah cantiknay jepretan siluet kalian. Yok coba, bawa camera kesini dan dateng pas sore hari!

How to Get There

Liburan ke Kalimantan, nggak ada salahnya kalo sekalian nyari tempat wisata. Yah meskipun cukup sederhana, tapi wisata yang satu ini kayaknya udah bikin kalian puas saat berkunjung kesana. Kebetulan aku lagi ada di Kalimantan Tengah waktu itu, jadi sekalian deh browsing tempat wisata yang bisa dikunjungi dan deket sama lokasiku. 

Setelah lama nyari, kayaknya yang paling tepat untuk dikunjungi waktu itu adalah si Danau Bulat ini. Danau Bulat beralamat di Daerah Jahanjang, kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Kalau dari Palangkaraya, cukup deket untuk sampai di wisata Danau Bulat ini. Langsung cek maps dan segera agendakan kedatangan kalian ke Danau Bulat ya hihi. 

Youtube : Wendy Suandri

Tips and Trick danau bulat kalimantan tengah

Jangan lupa bawa camera

Kalau pengen dapet view bagus sih emang harus dateng pas sore hari ya

Yang hobi mancing dan berenang, bawa peralatan pribadi kalian yaa!

tetep berhati hati saat main ke Danau Bulat ini. 

Selamat mencobaa!

Where to Stay danau bulat kalimantan tengah

Ada penginapan di sekitar wisata
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data