luna | Tourist
Batam, Kepulauan Riau, Indonesia | Historical Places
11 Oct 2018


Menguak Misteri di Kampung Vietnam yang Dikenal Angker. Jangan Datang Sendirian!
Mesteri di Kampung Vietnam yang terkenal dengan keangkerannya... saat berkunjung ke tempat ini pastiin kamu bersama teman, jangan sendiri!!!

How to Get There

Hai guys, setelah beberapa waktu yang lalu gue jalan-jalannya ke daerah Jawa, mulai dari Banyuwangi hingga kulineran di Madiun. Kali ini gue mau jalan-jalan ke daerah yang ngga jauh-jauh dari Medan, yaitu Batam. Dibilang deket juga ngga sih ya, soalnya gue harus naik pesawat dulu kesananya. Hahaha..

Udah bukan rahasia lagi kalo Batam itu surganya wisata. Batam ngga cuma punya toko-toko elektronik dengan harga terjangkau, tapi juga punya banyak wisata pantai yang super menawan. Tapi, kali ini gue ngga mau bikin ulasan soal pantainya dulu soalnya udah terlalu mainstream. Hahaha... Wisata selain pantai yang mau gue ulas kali ini adalah Kampung Vietnam yang ada di Pulau Galang atau sekitar 50 km dari pusat kota Batam. 

Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan pribadi menyebrangi Jembatan Barelang yang menghubungkan Pulau Batam, Tonton, Pulau Nipah, Rempang, Galang dan Pulau Galang Baru. Atau kalo kalian dari luar daerah Batam kayak gue, kalian bisa naik transportasi umum yaitu Metro Trans dengan rute Jodoh - Galang dengan harga tiket sekitar Rp 5000 saja.

kampung vietnam batam


What to Do

Kalo biasanya liburan ke sebuah pulau itu kalian akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru, pantai yang indah serta kehidupan biota bawah laut yang keren dan pemandangan bawah laut yang menawan. Beda cerita kalo kalian berkunjung ke Pulau Galang ini, pasalnya disini ada sebuah tempat yang menyimpan sejuta kisah memilukan yang membuat pengunjungnya ikut merasakan penderitaan yang dialami para penghuninya dulu, tempat ini bernama Kampung Vietnam.

kampung vietnam batam

Kampung Vietnam sekilas terlihat angker namun dibalik itu semua ternyata tempat ini menyimpan banyak sejarah. Berwisata kesini bakal menjadi wisata sejarah yang bisa ingetin kita tentang kejamnya komunis Vietnam hingga warga negaranya sendiri harus melarikan diri ke seberang Laut China Selatan. Tempat ini juga menjadi saksi sejarah akan jasa Indonesia pada korban perang Vietnam saat itu.

Kampung Vietnam adalah sebuah camp pengungsian yang luasnya sekitar 80 hektar dan dibangun saat terjadinya perang saudara di Vietnam tahun 1975. Camp ini menampung sekitar 250.000 pengungsi Vietnam yang terpaksa harus lari dari negaranya karena kejamnya perang. Bahkan sebagian dari mereka harus lari sampai ke Pulau Natuna dan beberapa pulau lain di wilayah Kepulauan Riau.

kampung vietnam batam

Dibalik kisahnya yang memilukan ini, sebenernya Kampung Vietnam merupakan tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama buat kalian yang pecinta wisata sejarah. Suasana yang ditawarkan tempat ini sangat berbeda dari tempat wisata pada umumnya karena selama berada disini seolah-olah berkunjung ke perkampungan Vietnam di tempo dulu. Terdapat banyak sekali rumah-rumah kosong yang ngga terawat dan ditinggalkan begitu saja. Kebayang donk seremnya gimana?

kampung vietnam batam

Di dekat pintu masuk camp, kalian akan disambut dengan sebuah patung yang diberi nama Humanity Statue yang berarti patung kemanusiaan. Patung ini didirikan untuk mengenang kisah tragis dan memilukan seorang perempuan bernama Tinhn Han Loai yang mati bunung diri. Ia merupakan pengungsi yang diperkosa lalu bunuh diri karena malu. Kasihan banget ya?

kampung vietnam batam

Selain itu, disini juga ada Monumen Perahu yang berisi beberapa perahu yang ukurannya ngga terlalu besar tapi katanya bisa nampung sekitar 100 orang. Perahu ini dulu sempat ditenggelamkan oleh para pengungsi sebagai bentuk protes pada pemerintah Indonesia karena mereka akan dipulangkan. Lalu, setelah diangkat dan direnovasi sebagai salah satu monumen bersejarah di pulau ini.

kampung vietnam batam

Selain itu, disini juga ada Pemakaman Nghia Trang Galang yang merupakan komplek pemakaman para pengungsi yang meninggal akibat wabah penyakit yang mereka bawa. 

kampung vietnam batam

Lalu, ada juga Museum Kampung Vietnam yang menjadi tempat penyimpanan berbagai barang peninggalan para pengungsi lengkap dengan foto-foto mereka. Dan tak jauh dari sana, ada juga Vihara Quan Am Tu yang merupakan tempat ibadah di Kampung Vietnam.

kampung vietnam batam
kampung vietnam batam

Trus, yang paling serem sih ini menurut gue yaitu Rumah Sakit dan Penjara Kampung Vietnam yang dulunya digunakan untuk menahan para pengungsi yang melakukan tindakan kejahatan seperti mencuri, memperkosa hingga membunuh. Katanya sih, kedua tempat ini adalah bangunan yang paling angker dan penuh misteri di Kampung Vietnam ini.

kampung vietnam batam

kampung vietnam batam

Well, cukup menarik kan? Kampung Vietnam ini bisa kalian jadikan alternatif wisata sejarah dan misteri juga pastinya kalo jalan-jalan ke Batam. 

Video by Ghandi November

Tips and Trick
  • Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 - 16.30 dengan harga tiket Rp 5000 per orangnya.
  • Bawa bekal makanan dan minuman, soalnya disini ngga ada restoran atau warung makan.
  • Datanglah saat pagi atau siang hari, soalnya suasana menjelang sore disini lumayan serem. Kecuali kalian berniat uji nyali. Hahaha..
  • Kalo kalian dateng dari luar kota kayak gue, mending reservasi hotel di tengah kota Batam aja, soalnya disini ngga ada hotel. Tapi kalo kalian pengen uji nyali sih boleh-boleh aja camping disini.
  • Jangan kotori tempat ini.
  • Jangan lupa berdoa sebelum masuk ke tempat ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY